Search This Blog

Wednesday 19 November 2014

ILMU MAKI DAN MADANI

1.      Surat Makiyah adalah yang diturunkan di Makkah walaupun turunnya itu setelah hijrah. Madaniyah adalah yang diturunkan di Madinah.

2.      Makiyah adalah yang mengkhitobi penduduk Mekkah, sedangkan ayat Madaniyah adalah yang mengkhotobi penduduk Madinah.


3.      Ayat Makiyah adalah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebelum nabi hijrah, walaupun turunnya di lain kota Mekah. Sedangkan ayat Madaniyah adalah yang diturunkan setelah nabi hijrah, walaupun turunnya di Makkah. Pembagian ini dilihat dari waktu turunnya (segi zamani).

Faidah mengetahui ilmu makiyah atau madaniyah
1.      Untuk dijadikan alat bantu dalam menafsirkan Al-Qur’an,
2.      Meresapi gaya bahasa Al-Qur’an dan memanfaatkannya dalam metode berdakwah menuju jalan Allah
  1. Mengetahui tarikh tasyri’ dan pemantapan dalam mentasyri’kan hukum secara umum.
4.      Percaya bahwa AL-Qur’an telah sampai kepada kita terhindar dari perubahan dan pembelokan
  1. Agar dapat meningkatkan keyakinan terhadap kebenaran, kesucian dan keaslian al-Qur’an.

Cara-cara Mengetahui Surat Makiyah dan Maddaniyah.

  1. Sima’i naqli (pendengaran seperti apa adanya), yakni melalui riwayat yang berasal dari sahabat dan tabi’in, karena Nabi saw. Tidak pernah menjelaskan ayat Makiyah dan Madaniyah. Hal ini karena umat Islam pada waktu itu tidak memerlukan keterangan seperti itu. Bagaimana mereka masih memerlukannya? Padahal mereka menyaksikan sendiri diturunkannya wahyu dan Al-Qur’an, menyaksikan tempat turunnya, waktunya, sebab-sebab diturunkannya secara jelas. “Yang sudah jelas tidak memerlukan penjelasan lagi.”
  2. Qiyasi ijtihadi (qiyas hasil ijtihad), yakni didasarkan pada ciri-ciri Makiyah dan Madaniyah. Apabila dalam surah Makki terdapat suatu ayat yang mengandung sifat madani atau mengandung peristiwa madani, maka dikatakan bahwa ayat itu madani. Dan apabila dalam surah madani terdapat suatu ayat yang mengandung sifat makki atau mengandung peristiwa makki, maka ayat tadi dikatakan sebagai ayat makki. Bila dalam satu surah terdapat ciri – ciri makki, maka  surah itu dinamakan surah makki. Demikian pula bila dalam satu surah terdapat ciri – ciri madani, maka surah itu dinamakan surah madani. Inilah yang disebut qiyas istihadi

No comments:

Post a Comment

MAKALAH KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM / DOWNLOAD MAKALAH

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM MAKALAH DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM MI DISUSUN OLEH: ...