Search This Blog

Wednesday 19 November 2014

PROFESIONALITAS GURU, KARAKTERISTIK DAN WATAK GURU PROFESSIONAL SERTA ASPEK-ASPEK YANG DI PERLU DIPERHATIKAN DALAM PROFESIONALITAS GURU



MAKALAH
PROFESIONALITAS GURU, KARAKTERISTIK DAN WATAK GURU PROFESSIONAL SERTA ASPEK-ASPEK YANG DI PERLU DIPERHATIKAN DALAM PROFESIONALITAS GURU
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas :
PROFESI KEGURUAN
Dosen Pengampu
Dr. NUR CHOLIS, S. Ag. M. Pd.




Disusun Oleh :
1.   Ika Fajar  Andriasari       (1725143122)
2.   Iknatia Indani                  (1725143125)
3.   Nova Santoso                 (1725143217)

JURUSAN PGMI_1 B
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
TULUNGAGUNG
SEPTEMBER 2014


Kata Pengantar

Puji syukur dengan mengucapkan Alhamdulillah rahmat, taufiq serta hidayah Allah SWT penulis dapat menyelesaikan makalah ini dalam waktu yang telah ditentukan. Sholawat serta salam semoga sanantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jejaknya.
Dan tak lupa penulis ucapkan banyak terima kasih kepada:
1.      Dr. MAFTUKHIN, M.Ag selaku rector IAIN   TULUNGAGUNG.
2.      Dr. NUR CHOLIS, S. Ag. M. Pd. selaku Dosen Landasan Pendidikan di IAIN TULUNGAGUNG
3.      Semua pihak yang selalu membantu penulis dalam penyusunan makalah ini.
Tanpa bantuan beliau-beliau penulis tidak akan pernah bisa menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala kritik dan saran konstruktif penulis terima dengan terbuka. Semoga karya ini bermanfaat dan menjadi motivasi bagi pembaca yang budiman.




                                                                   Tulungagung, 03 September 2014



     Penulis




DAFTAR ISI



                                                                                                     
Cover……………………………………………………………………
i
Kata Pengantar………………………………………………………….
ii
Daftar Isi………………………………………………………………..
iii
Bab I Pendahuluan……………………………………………………..
1
a.       Latar Belakang…………………………………………...…….
1
b.      Rumusan Masalah………………………………………...……
1
c.       Tujuan Penulisan……………………………………...………
1
d.      Batasan Masalah……………………………………………....
2
Bab II Pembahasan………………………………………………..........
3
a.       Profesionalitas Guru………………………………………........
3
b.      Aspek-aspek yang harus diperhatikan Guru Profesional………
4
c.       Karakteristik Dan Watak Guru Profesional……………………
6
Bab III Penutup…………………………………………………………
7
a.       Kesimpulan………………………………………………….....
7
b.      Kritik Dan Saran…………………………………………….....
7
c.       Daftar Pustaka……………………………………………........
9






BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
           Guru adalah seorang figur pemimpin. Guru adalah salah satu sosok arsitek yang dapat membentuk jiwa dan watak anak didik. Guru berperan dalam membentuk  dan membangun kepribadian anak didik menjadi seorang yang berguna bagi agama, nusa , dan bangsa. Guru bertugas mempersiapkan manusia susila yang cakap yang dapat di harapkan membangun dirinya dan membangun bangsa dan negara. Oleh karena itu, guru di tuntut untuk mengembangkan profesionalitas diri sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
           Guru sebagai pendidik profesional mempunyai citra yang baik di masyarakat apabila dapat menunjukkan bahwa ia layak menjadi panutan atau teladan bagi masyarakat yang ada di sekelilingnya.Masyarakat akan melihat karakter atau sikap dan perbuatan guru itu sehari-hari, apakah memang patut di teladani atau tidak. Seorang guru harus memiliki karakter atau sikap yang baik kemudian sikap itu dapat di contoh atau di teladani oleh masyarakat secara umum  dan secara khusus oleh peserta didiknya. Oleh karena itu, guru profesional harus memiliki citra yang baik sebagai panutan peserta didik dan masyarakat.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang di maksud dengan profesionalitas guru ?
2.      Bagaimana aspek-aspek yang di perhatikan dalam    profesionalitas guru ?
3.      Bagaimana karakteristik dan watak guru profesional ?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui profesionalitas guru
2.     
1
Mengetahui  aspek-aspek yang di perlukan dalam profesionalitas guru
3.       Mengetahui karakteristik dan watak guru professional

D.    Batasan Masalah
 Kami pemakalah hanya membatasi pembahasan tentang 1) profesionalitas guru,asas-asas dan aspek-aspek yang diperhatikan dalam profesionalitas guru,2) Karakteristik dan watak guru professional.

















BAB II
PEMBAHASAN

A.    Profesionalitas Guru
Menurut Jalal dan Baharuddin yang telah di kutip oleh Abu Bakar dkk istilah profesi dalam bahasa inggris di kenal dengan profession dan dalam bahasa Belanda di kenal dengan professi, di ambil dari bahasa latin professio yang berarti pengakuan atau pernyataan. Profesionalisme guru adalah tingkat atau derajat penampilan seseorang dalam melaksanakan pekerjaan sebagai guru yang di dukung dengan keterampilan dan kode etik.[1]

Ciri-ciri profesionalisme guru[2]
1.      Seorang guru yang profesional harus menguasai ilmu pengetahuan yang akan diajarkanya dengan baik dan terus menerus meningkatkan dan mengembangkan ilmu yang diajarkanya sehingga tidak ketinggalan zaman.
2.      Seorang guru yang profesional harus memiliki kemampuan menyampaikan atau mengajarkan ilmu yang dimilikinya kepada murid-muridnya secara efektif dan efisien.
3.      Seorang guru yang profesional harus berpegang teguh kepada kode etik profesional.



3
 
Guru profesional di tuntut untuk memiliki kesadaran sebaga berikut[3] :
1.      Dalam PBM peran guru di perlukan untuk membimbing pelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Proses mengajar oleh guru menghasilkan proses belajar siswa yang berwujud perubahan tingkah laku meliputi perubahan keterampilan berfikir, kebiasaan, sikap, pengetahuan, pemahaman ,dan apresiasi.
2.      Dalam mengembangkan profesinya guru profesional harus berupaya menanamkan tata nilai yang integratif antara bidang studi umum dan agama sehingga keduanya mempunyai hubungan yang jelas dan mantap dalam mengembangkan misi sekolah.
3.      Profesi guru sebagai moral community (masyarakat moral) yang mempunyai kekuasaan dan tanggung jawab khusus. Untuk menghindari penyalahgunan wewenang dan kekuasaannya, profesi guru diikat oleh kode etik,yaitu serangkaian aturan atau norma, yang dijadikan pedoman perilaku dalam melayani orang lain.


B.     Aspek-aspek yang harus diperhatikan Guru Profesional
Kamal Muhammas Isa mengemukakan bahwa seorang guru dituntut harus memilki berbagai sifat dan sikap yang antara lain sebagai berikut[4]:
1.      Seorang guru haruslah manusia pilihan. Siap memikul amanah dan menunaikan tanggung jawab dalam pendidikan generasi muda.
2.      Seorang guru hendaklah mampu mempersiapkan dirinya sesempurna mungkin. Agar bisa berperan sebagai pendidik dekaligus sebagai pengajar, pelatih, dan pembimbing. Oleh sebab itu, kebutuhan hidup guru, haruslah dapat dipenuhi oleh pihak penguasa. Agar dalam ketenangan hidupnya, mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa cinta dan ikhlas.
3.      Seorang guru juga hendaknya tidak pernah tamak dan bathil dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Sehingga seorang guru sematamata hanya mengharapkan ganjaran dan pahala dari Allah swt. Sebagaimana dinyatakan oleh Nabi Hud as dalam Q.S. Huud ayat 51 yang artinya ‘Hai kaumku, Aku tidak meminta upah kepadamu bagi seruanku ini. upahku tidak lain hanyalah dari Allah yang Telah menciptakanku. Maka Tidakkah kamu memikirkan(nya)?”
4.      Seorang guru harus memilki sikap yang terpuji, berhati lembut, berjiwa mulia, ruhya suci, niatnya ikhlas, taqwanya hanya pada Allah, ilmunya banyak dan pandai menyampaikan berbagai buah pikirannya sehingga penjelasannya mudah ditangkap dengan atau tanpa alat peraga.
5.      Penampilan seorang guru hendaknya selalu sopan dan rapi.
6.      Seorang guru seyogyanya juga mampu menjadi pemimpin yang shalih.
7.      Seruan dan anjuran seorang guru hendaknya tercermin pula dalam sikap keluarga atau para sahabatnya.
8.      Seorang guru harus menyukai dan mencintai muridnya. Tidak boleh angkuh dan tidak boleh menjauh, sebaliknya ia harus mendekati anak didiknya (Isa, 1994:64-67).



C.    Karakteristik Dan Watak Guru Profesional
1.      Pengertian karakteristik dan macam macamnya.
           Karakteristik guru professional adalah segala tindak tanduk atau sikap dan perbuatan guru baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat yang mencerminkan tugas, fungsi, dan tanggung jawabnya sebagai pembimbing siswa. Contohnya, bagaimana guru meningkatkan pelayanannya, pengetahuannya, memberi arahan, bimbingan,dan motifasi kepada peserta didiknya, bagaimana cara guru berpakaian dan berbicara, serta cara bergaul baik dengan peserta didik, teman, anggota masyarakat dan lain sebagainya[5].

Macam-Macam karakteristik guru professional[6].
1.      Taat pada peraturan perundang-undangan
2.      Memelihara dan meningkatkan organisasi profesi
3.      Memelihara hubungan dengan teman sejawat
4.      Membimbing peserta didik.
5.      Menciptakan suasana yang baik di tempat kerja.
6.      Taat dan loyal terhadap pemimpin
7.      Cinta terhadap pekerjaan







BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Profesionalisme guru adalah tingkat atau derajat penampilan seseorang dalam melaksanakan pekerjaan sebagai guru yang di dukung dengan keterampilan dan  kode etik.
2.      Seorang guru professional harus memiliki beberapa aspek:
a.       Siap memikul amanah dan tanggung jawab sebagai pendidik
b.       mampu mempersiapkan dirinya sebagai pendidik, pengajar, pelatih, dan pendamping
c.       Tidak tamak dan batil sehingga hanya mengharap ganjaran dari Allah
d.      Seorang guru harus memiliki sikap terpuji, lemah lembut, berjiwa mulia dan niat yang ikhlas
e.       hendaknya selalu sopan dan rapi
f.       seorang guru harus menyukai dan mencintai muridnya,tidak boleh angkuh
3.      Karakteristik guru professional adalah segala tindak tanduk atau sikap dan perbuatan guru baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat yang mencerminkan tugas, fungsi, dan tanggung jawabnya sebagai pembimbing siswa.

B.     Kritik Dan Saran
1.untuk pemerintah:
Sebaiknya pemerintah lebih memberikan pengawasan dan kesejahteraan guru professional.
2.Untuk Guru:
7
Seyogyanya seorang guru lebih meningkatkan kemampuannya dalam profesi yang di embannya
3.untuk Pembaca:
Hendaknya pembaca tidak menjadikan makalah ini sebagai satu-satunya acuan karena makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.







DAFTAR PUSTAKA

Bakar ,Abu Dkk. 2009.Profesi Keguruan Paket 1.surabaya: AprintA
Bakar,Abu Dkk.2009.Profesi Keguruan Paket 3.surabaya: AprintA
Nata, Abuddin. 2003.Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
 Susanto Hadi. 2013.profesionalisme guru dalam http://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/04/18/profesionalisme-guru, diakses pada 14 oktober 2014, jam 14:57
Supriyadi.2001.Strategi Belajar Mengajar Surabaya:Cakrawala Ilmu,


[1] Abu Bakar Dkk, Profesi Keguruan Paket 1 (surabaya: AprintA, 2009) hal. 6
[2] Abuddin nata, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2003) hal.156
[3] Supriyadi, Strategi Belajar Mengajar (Surabaya:Cakrawala Ilmu, 2001) hal. 94
[4] Hadi susanto,profesionalisme guru dalam http://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/04/18/profesionalisme-guru, diakses pada 14 oktober 2014, jam 14:57

[5] Abu Bakar Dkk, Profesi Keguruan Paket 3 (surabaya: AprintA, 2009) hal. 6
[6] Ibid,hal 7.

No comments:

Post a Comment

MAKALAH KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM / DOWNLOAD MAKALAH

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM MAKALAH DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM MI DISUSUN OLEH: ...