Search This Blog

Wednesday 19 November 2014

NASKAH PIDATO Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan



NASKAH PIDATO dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dengan tema “Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan”

Assalamualaikum Wr. Wb
Yang terhormat rector IAIN TULUNGAGUNG
Yang terhormat dekan FTIK deserta jajarannya
Yang terhormat kepala jurusan PGMI beserta jajarannya
Dan tak lupa kepada teman teman mahasiswa pgmi yang saya sayangi
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan karunia serta nikmatnya sehingga  pada hari ini kita dapat berkumpul dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ini. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita yakni Nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya dan InsyaAllah kita semua sebagai umatnya hingga akhir zaman.
Terimakasih saya ucapkan atas tempat dan waktu yang diberikan kepada saya untuk membawakan sebuah pidato dimana pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit mengulang catatan sejarah bangsa indonesia khususnya tentang “bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu”. Mungkin ada diantara kita yang lupa bagaimana bahasa indonesia menjadi bahasa pemersatu bangsa sekaligus sebagai identitas bangsa indonesia.
Hadirin yang saya hormati.
Ada sebuah proses panjang penggunaan bahasa indonesia dijadikan sebagai bahasa pemersatu, oleh karena itu adalah sebuah kewajiban bagi kita sebagai generasi muda untuk menghargai peran dan kedudukan bahasa indonesia. Mengapa saya katakan demikian? apakah ada yang salah dengan bahasa yang kita gunakan sehari - hari? Menggunakan bahasa asing atau mempelajari bahasa asing adalah sesuatu yang penting, mengingat tuntutan persaingan di era globalisasi saat ini. Akan tetapi manakala di hati kita terdapat suatu kebanggaan ketika menggunakan bahasa asing dan di satu sisi menganggap bahasa indonesia bukan suatu kebanggan, maka secara tanpa sadar kita telah menjatuhkan identitas kita sebagai bangsa indonesia.
Hadirin yang saya hormati.
Negara Indonesia merupakan bangsa yang kaya. Kaya akan budaya, adat istiadat. Beragam bahasa mereka gunakan untuk berkomunikasi, berhubungan, bekerjasama dan bersosial dengan masyarakat. Meskipun begitu dengan beragam, bermacam, warna-warni adat dan istiadat, dengan menggunakan bahasa kita dapat mengungkapkan keinginan, kemampuan, ilmu dan pengetahuan kita dengan berbahasa Indonesia. Seperti yang telah pejuang - pejuang muda ikrarkan yang pada hari ini kita peringati bahwa “kami putera dan puteri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia”.
Hadirin yang saya hormati
Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat penting dalam kehidupan bangsa. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuanndari keanekaragaman bahasa di Indonesia. Sebagai bahasa persatuan, maka kita harus menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Siapa yang merendahkan, maka dia menghina bangsanya sendiri
Hadirin yang berbahagia.
Mungkin tidak banyak yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini dan sebelum saya akhiri pidato singkat ini, harapan saya adalah semoga melalui pidato yang saya sampaikan ini akan menambah kebanggaan kita terhadap Indonesia dan mencintai budaya asli Indonesia, serta mencintai dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia. Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatian dan mohon maaf apabila ada kata yang tidak berkenan bagi hadirin sekalian.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

6 comments:

  1. akhirnya ketemu, makasih banyakk :)

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak buat ide ide nya melalui pesan yg tersembunyi di katanya

    ReplyDelete
  3. Makasih banyak buat ide ide nya melalui pesan yg tersembunyi di katanya

    ReplyDelete
  4. Doain menang yaa min
    #lombapidatopbsiuad

    ReplyDelete

MAKALAH KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM / DOWNLOAD MAKALAH

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM MAKALAH DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM MI DISUSUN OLEH: ...