“ALAT PENDIDIKAN”
MAKALAH
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas :
“LANDASAN
PENDIDIKAN”
Dosen Pengampu
DR. HJ. BINTI MAUNAH, M. Pd. I
NIP. 196509031998032001
Disusun Oleh :
1.
Isnaeniyatun Amaryani (1725143136)
2.
Mala Khurotul
Ula (1725143167)
3.
Nova
Santoso (1725143217)
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH 1 B
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
TULUNGAGUNG
SEPTEMBER 2014
Kata Pengantar
Puji syukur dengan mengucapkan Alhamdulillah
rahmat, taufiq serta hidayah Allah SWT penulis dapat menyelesaikan makalah ini
dalam waktu yang telah ditentukan. Sholawat serta salam semoga sanantiasa
dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan
orang-orang yang mengikuti jejaknya.
Dan tak lupa penulis ucapkan banyak terima
kasih kepada:
1. Dr. MAFTUKHIN, M.Ag selaku rector IAIN TULUNGAGUNG
yang telah memberikan konstribusi dan
izin sehingga kami dapat menuntut ilmu di IAIN TULUNGAGUNG ini.
2. DR. HJ. BINTI MAUNAH, M. Pd. I selaku Dosen Landasan Pendidikan di IAIN TULUNGAGUNG yang telah
memberikan bimbingan dan pengajaran kepada kami.
3. Semua pihak yang selalu membantu penulis dalam
penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini
jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala kritik dan saran konstruktif
penulis terima dengan terbuka. Semoga karya ini bermanfaat dan menjadi motivasi
bagi pembaca yang budiman.
Tulungagung, 25 September
2014
Penulis
DAFTAR ISI
Cover……………………………………………………………………
|
i
|
Kata Pengantar………………………………………………………….
|
ii
|
Daftar Isi………………………………………………………………..
|
iii
|
Bab I Pendahuluan……………………………………………………..
|
1
|
a.
Latar
Belakang masalah ………………………………………
|
1
|
b.
Rumusan
Masalah………………………………………...……
|
1
|
c.
Tujuan
Pembahasan Masalah ………………………………….
|
1
|
d.
Batas
Pembahasan Masalah…………………………………....
|
2
|
Bab II Pembahasan………………………………………………..........
|
3
|
a.
Pengertian Alat
Pendidikan………………………………........
|
3
|
b. Tujuan
Alat Pendidikan………………...…………………......
|
4
|
c.
Ciri-ciri Alat
Pendidikan ………………..…………………….
|
4
|
d. Macam-macam Alat Pendidikan ……………………..……….
|
5
|
e.
Fungsi Alat Pendidikan ……………………………………….
|
7
|
f.
Hal-hal Yang harus Diperhatikan Dalam
Pemilihan Alat Pendidikan .
……………………………………………………
|
10
|
Bab III Penutup…………………………………………………………
|
12
|
a.
Kesimpulan…………………………………………………......
|
12
|
b.
Saran…………………………………………….....…..…….....
|
13
|
Daftar Pustaka
|
|
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Alat
memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan dan
pencapaian tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, pemerintah dan tenaga pendidik
hendaknya tidak meremehkan masalah alat. Kelengkapan dari alat-alat pendidikan
mempunyai pengaruh yang sangat besar pada berhasilnya pendidikan dan
pengajaran. Alat pelajaran yang lengkap akan membuka kesempatan bagi peserta
didik untuk pembentukan formal, pengetahuan, sikap belajar dan pola berfikir
siswa didik kearah yang lebih baik.
Pemilihan
alat pendidikan hendaknya dapat dipergunakan langsung oleh peserta didik dalam
penyampaian materi dan lebih banyak melibatkan indra mereka. Penggunaan alat
pendidikan yang menggunakan indra, seperti alat peraga dengan slide, film,
eksperimen, dan lain lain akan lebih berhasil jika dibanding dengan hanya
menggunakan metode ceramah saja.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana pengertian dari alat pendidikan
?
2. Bagaimana tujuan dari alat pendidikan ?
3. Bagaimana ciri-ciri dari alat pendidikan
?
4. Bagaimana pembagian alat pendidikan yang
ada saat ini ?
5. Bagaimana fungsi alat pendidikan ?
6. Bagaimana hal yang perlu diperhatikan
dalam pemilihan alat pendidikan ?
C.
Tujuan Pembahasan Masalah
1. Menjelaskan pengertian dari alat
pendidikan.
2. Menjelaskan tujuan digunakannya alat pendidikan.
3. Menjelaskan ciri-ciri dari alat
pendidikan.
4.
1
|
5. Menjelaskan fungsi dari alat pendidikan
6. Menjelaskan beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam pemilihan alat pendidikan.
D.
Batas Pembahasan Masalah
Makalah ini hanya menjelaskan atau
membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan alat-alat pendidikan.
PEMBAHASAN
MASALAH
A.
Pengertian Alat Pendidikan
Adapun definisi-definisi yang pernah dikemukakan tentang alat
pendidikan seperti yang telah dikutip oleh binti maunah adalah sebagai berikut:[1]
1.
Roestiyah NK.,
dkk., “media pendidikan adalah alat, metode dan alat yang digunakan dalam
rangka meningkatkan efektifitas komunikasi dan interaksi edukatif antara guru
dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah.
2.
M. Ngalim
Purwanto, “alat pendidikan adalah sebagai usaha-usaha atau perbuatan-perbuatan
dari sisi pendidik yang ditujukan untuk pelaksanaan tugas pendidik”
3.
Vernon S.
Gerlach dan Donald P. Ely, “media adalah sumber belajar , secara luas media
dapat diartikan dengan manusia, benda ataupun peristiwa yang membuat kondisi
siswa mungkin memperoleh pengetahuan, ketrampilan atau sikap”.
4.
Zuhairini
mendefinisikan alat pendidikan sebagai segala sesuatu yang dipergunakandalam
usaha untuk mencapai tujuan, karena itu alat pendidikan merupakan salah satu
faktor pendidikan yang sangat penting.
5.
Hafi Anshari
memberikan pengertian alat pendidikan sebagai “segala sesuatu yang membantu
terlaksananya pendidikan didalam mencapai tujuan baik berupa benda atau bukan
benda.
3
|
Dari definisi alat pendidikan
diatas, dapat disimpulkan bahwa Alat pendidikan adalah segala sesuatu baik tindakan,
situasi atau media yang sengaja diadakan untuk tercapainya suatu tujuan
pendidikan yang tertentu[3].
B.
Tujuan Alat Pendidikan
Tujuan alat pendidikan yaitu dengan
penggunaan alat itu anak didik diharapkan mengalami perubahan karenanya,
perubahan yang tidak hanya bersifat mekanis belaka, tetapi benar-benar
merupakan pencerminan dari pribadi anak didik.
Sedangkan tujuan pendidikan adalah
membimbing anak untuk mencapai kedewasaan. Kedewasaan ini dapat dicapai dalam
pergaulan antara anak dengan orang dewasa saja. Jadi dapat ditegaskan, bahwa
alat yang utama untuk mencapai tujuan dalam lapangan pendidikan adalah
pergaulan, terutama pergaulan antara anak dengan orang dewasa.[4]
Alat berhubungan secara organis dengan
tujuan hukum yang berlaku padanya yang mengikuti hukum yang berlaku pada tujuan
itu. Menurut Ahmad D.Marimba yang dikutip Binti Maunah mengatakan bahwa dilihat dari fungsi,
alat-alat pendidikan terbagi 3 jenis yaitu sebagai perlengkapan, sebagai
pembantu mempermudah usaha mencapai tujuan, dan sebagai tujuan.[5]
C.
Ciri-Ciri Alat Pendidikan
Menurut Gerlach & Ely (1971) yang
dikutip oleh Azhar Arsyad, ia mengemukakan tiga
ciri-ciri alat pendidikan yang memerlukan petunjuk mengapa alat tersebut
digunakan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh alat yang mungkin pendidikan
tidak mampu (kurang efisien) melakukannya.[6]
1. Ciri Fiksatif (Fixatif property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan,
melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Misalnya
fotografi, video tape, audio tape, disket computer dll.
2.
Ciri
manipulatife (manipulative property)
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media
memiliki ciri manipulatife. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat di
sajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit. Disamping dapat
dipercepat, sifat manipulatife dapat pula menampilkan suatu kejadian diperlambat
saat menayangkannya kembali.
3.
Ciri
distributif (distributive property)
Memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransformasikan melalui
ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar
siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian tersebut.
Distribusi media tidak hanya satu kelas atau beberapa kelas, tetapi dapat disebarluaskan ke seluruh
penjuru tempat yang diinginkan kapan saja.
D.
Macam-macam
Alat Pendidikan
Pada dasarnya yang dinamakan alat ini luas sekali artinya, segala
perlengkapan yang dipakai dalam usaha pendidikan itu disebut alat pendidikan.
Selain itu juga merupakan pembantu mempermudah terlaksananya tujuan pendidikan.
1. Perbuatan Atau Tindakan Pendidik (software)[7]
a. Tindakan yang bersifat positif mendorong anak didik untuk melakukan
serta meneruskan tingkah laku tertentu.
1)
Teladan
Tingkah laku, cara berbuat dan berbicara seorang pendidik akan
ditiru oleh anak.maka lahirlah gejala identifikasi positif, yakni penyamaan
diri terhadap pendidik. Maka seyogyanya seorang pendidik memperhatikan
kejelasan tingkah laku mana yang harus ditiru dan sebaliknya.
2)
Perintah
Perintah adalah tindakan pendidik menyuruh peserta didik melakukan
sesuatu yang diharapkan untuk mencapai tujuan tertentu.alat ini diperlukan
dalam pembentukan pribadi yang disiplin secara positif.
3)
Pujian atau Hadiah
Merupakan tindakan pendidik yang bertujuan memperkuat penguasaan
tujuan pendidikan tertentu yang telah dicapai oleh peserta didik. Hadiah tidah
harus berwujud material, tetapi juga tindakan pendidik, misalnya tersenyum atau
memberi acungan jempol. Hal ini sangat
berpengaruh dalam menambah motivasi, menggembirakan, dan menambah kepercayaan
peserta didik.
b. Tindakan yang bersifat mengekang mendorong dan melindungi peserta
didik untuk menjauhi serta menghentikan tingkah laku tertentu.
1)
Larangan
Merupakan tindakan pendidik menyuruh peserta didik untuk tidak
melakukan atau menghidari hal-hal atau
tingkah laku tertentu demi tercapainya tujuan pendidikan tertentu.
2)
Teguran
Teguran dilakukan oleh pendidik untuk mengoreksi pencapaian tujuan pendidikan
oleh peserta didik.
3)
Peringatan dan
Ancaman
Peringatan diberikan kepada peserta didik yang telah beberapa kali
melakukan pelanggaran dan mendapat teguran.dalam memberikan perigatan, biasanya
disertai dengan ancaman akan sanksinya.
4)
Hukuman
Hukuman ialah memberikan atau mengadakan nestapa atau penderitaan
dengan sengaja kepada peserta didik dengan maksd agar dapat membawa peserta
didik kearah perbaikan. Berikut
prinsip-prinsip dasar mengapa diadakannya hukuman bagi peserta didik.
a)
Hukuman dilaksanakan
karena adanya pelanggaran atau adanya kesalahan yang diperbuat.
b)
Hukuman
dilaksanakan agar tidak terjadi pelanggaran.
2.
Benda-benda
sebagai alat bantu (hardware) [8]
a.
Gedung Sekolah[9]
Keadaan kelas yang bersih, baik dan memenuhi persyaratan kesehatan sangat berpengaruh pada konsentrasi terdidik.
Sehingga peserta didik lebih cepat menerima ilmu yang pendidik sampaikan.
b.
Perpustakaan
Perpustakaan disekolah hendaknya disesuaikan dengan perkembangan
dan umur anak didik.
c.
Alat Peraga
Alat alat pelajaran berupa penginderaan yang tampak dan dapat
diamati. Adapun fungsi alat peraga menurut yaitu [10]:
1)
Membantu dan
mempermudahkan pendidik dalam pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif dan
efisien.
2)
Memudahkan
peserta didik meangkap materi pembelajaran, memperkaya pengalaman belajar,
serta membantu memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.
3)
Menstimulasi
pengembangan pribadi serta profesi pendidik dalam usahanya meningkatkan mutu
pengajaran di sekolah.
E.
FUNGSI ALAT
PENDIDIKAN
Fungsi alat pendidikan adalah berikut[11]:
a.
Membantu dan
mempermudah para guru dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
b.
Mempermudah
para siswa menangkap materi pelajaran, memperkaya pengalaman belajar serta
membantu memperluas cakrawala pengetahuan mereka.
c.
Menstimulasi
perkembangan.
d.
Perkembangan
pribadi serta profesi para guru dalam usahanya mempertinggi mutu pelajaran di
sekolah.
Menurut Azhar Arsyad fungsi alat pendidikan adalah sebagai berikut[12] :
a.
memperlancar
dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
b.
Meningkatkan
dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat memunculkan motifasi belajar,
interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, serta kemungkinan
siswa untuk belajar sendirisesuai dengan kemampuan dan minatnya.
c.
Mengatasi
keterbatasan indera, ruang, dan waktu. Yaitu:
1)
Objek yang
besar dapat dihambarkan dalam kelas misalnya menggunakan slide, gambar, film dll.
2)
Objek yang
terlalu kecil yang tidak terlihat oleh indera dapat dilakukan dengan microskop,
film, slide , dll.
3)
Kejadian masa
lampau dapat di tampilkan dengan video,
film, slide, dll.
d.
Memberikkan
kesamaan pengalaman tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan . misalnya dengan
berkunjung ke museum, kebun binatang, dan lain-lain.
Menurut Levie & Lentz yang dikutip oleh Azhar Arsyad, fungsi
alat pendidikan adalah sebagai berikut :[13]
1.
Fungsi atensi
Yaitu menarik dan mengarahkan
peserta didik untuk berkonsentrasi kepada pelajaran yang disampaikan lewat alat
tersebut.
2.
Fungsi afektif
Yaitu tingkat kenikmatan peserta
didik dalam belajar memahami teks atau gambar. Penggunaan alat pendidikan akan
menggugah emosi dan sikap peserta didik sebagai motivasi belajarnya.
3.
Fungsi kognitif
Memperlancar pencapaian tujuan untuk
memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam teks atau gambar.
4.
Fungsi
kompensatoris
Mengakomodasi
siswa yang lemah atau lambat memahami dan menerimaisi pelajaran yang disajikan
dengan teks saja atau secara verbal.
Sedangkan
menurut Kemp & Dayton yang juga dikutip oleh Azhar Arsyad mereka mengungkapkan bahwa beberapa
hasil penelitian yang menunjukan dampak positif dari penggunaan alat
pendidikansebagai bagian integral dalam pembelajaran didalam kelas atau cara
utama pembelajaran langsung sebagai berikut :[14]
1.
Penyampaian
pelajaran menjadi lebih baku.
2.
Pembelajaran bisa
lebih menarik.
3.
Pembelajaran
jadi lebih menarik.
4.
Lama waktu
pembelajaran dapat dipersingkat.
5.
Kalitas belajar
dapat ditingkatkan.
6.
Pembelajaran
dapat dilaksanakan kapan dan dimana saja diinginkan.
7.
Sikap positif
siswa terhadap apa yang meraka pelajari dan terhadap proses belajar dapat
ditingkatkan.
8.
Peran guru
dapat dirubah kearah yang lebih positif.
Dari beberapa
pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa fungsi penggunaan alat pendidikan
adalah :
1.
Membantu dan
mempermudah para guru dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
2.
Memperjelas
penyajian pesan dan informasi sehingga Mempermudah peserta didik menangkap
materi pelajaran.
3.
Meningkatkan
dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat memunculkan motifasi belajar.
4.
Mengatasi
keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
5.
Memberikkan
kesamaan pengalaman tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan .
6.
Perkembangan
pribadi serta profesi para guru dalam usahanya mempertinggi mutu pelajaran di
sekolah.
F.
HAL HAL YANG
HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMILIHAN ALAT PENDIDIKAN
Menurut A. Soedomo Hadi hal hal yang perlu diperhatikan dalam
pemilihan alat pendidikan adalah :[15]
1.
Tujuan apa yang
ingin dicapai dengan alat itu.
2.
Siapakah yang
akan menggunakan alat itu.
3.
Terhadap
siapakah alat itu digunakan.
4.
Alat manakah
yang tersedia dan dapat dikapai.
Menurut Roestiyah
yang dikutip oleh Binti Maunah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih
alat pendidikan adalah :[16]
1.
Faktor pendidik
sebagai subyek pendidikan.
Yaitu kemampuan dan ketrampilan pendidik dalam menggunakan alat.
2.
Faktor anak
didik.
Yaitu situasi dan kondisi anak didik seperti perkembangan jiwa dan
fikirannya.
3.
Faktor
kemampuan material sekolah
4.
Faktor tempat
Yaitu dimana lokasi lokasi sekolah, dikota atau didesa, di pesisir
atau di daerah pedalaman.
Menurut Azhar Arsyad, kriteria pemilihan alat pendidikan adalah :[17]
1.
Sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai.
2.
Tempat yang
mendukung isi pelajaran yang sifatnya mendukung isi pelajaran yang sifatnya
konsep, fakta, prinsip, atau generalisasi
3.
Praktis, luwes,
dan bertahan.( tidak memaksakan jika jauh dari kemampuan)
4.
Pendidik
trampil menggunakannya.
5.
Pengelompokan
sasaran
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
1. Alat pendidikan adalah segala sesuatu baik tindakan, situasi atau
media yang sengaja diadakan untuk tercapainya suatu tujuan pendidikan yang
tertentu.
2. tujuan digunakannya alat pendidikan yaitu
dengan penggunaan alat pendidikan, anak
didik diharapkan mengalami perubahan karenanya, perubahan yang tidak hanya
bersifat mekanis belaka, tetapi benar-benar merupakan pencerminan dari pribadi
anak didik.
3. Ciri-ciri alat pendidikan adalah :
a.
Ciri Fiksatif (Fixatif
property)
b.
Ciri
manipulatife (manipulative property)
c.
Ciri
distributif (distributive property)
4.
Macam-macam
Alat Pendidikan yaitu
a. Perbuatan Atau Tindakan Pendidik (software)
berupa teladan, perintah, hukuman, dan lain-lain
b. Benda-benda sebagai alat bantu (hardware) dapat berupa gedng
sekolah, alat peraga, perpustakaan, dan lain-lain.
5.
Fungsi dari
alat pendidikan adalah :
a.
Membantu dan
mempermudah para guru dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
b.
Memperjelas
penyajian pesan dan informasi sehingga Mempermudah peserta didik menangkap
materi pelajaran.
c.
Meningkatkan
dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat memunculkan motifasi belajar.
d.
Mengatasi
keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
e.
Memberikkan
kesamaan pengalaman tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan .
f.
12
|
6.
Hal hal yang
perlu diperhatikan dalam pemilihan alat pendidikan adalah :
a.
Tujuan yang
ingin dicapai.
b.
Siapakah yang
akan menggunakan alat itu.
c.
Faktor
kemampuan material sekolah
d.
Faktor tempat
B.
SARAN
1.
Untuk dinas
pendidikan, seyogyanya dinas pendidikan melakukan pengkajian penggunaan alat
pendidikan dan mendistribusikannya agar tercipta generasi muda yang cerdas, dan
mampu mengoptimalkan ilmu dan pengetahuannya.
2.
Saran bagi
pendidik, seyogyanya pendidik pandai-pandai memilih alat pendidikan sesuai
kriteria tujuan dari pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang efektif
dan efisien.
3.
Bagi peserta
didik, dengan di adakannya alat pendidikan ini, seharusnya peserta didik lebih
memotivasi diri untuk lebih baik dan
unggul dalam segala hal baik IPTEK maupun IMTAQ.
[1] Binti Maunah, Landasan
Pendidikan.Yogyakarta: Teras, 2009, Hal. 126.
[2] A. Soedomo
Hadi, Pendidikan (Suatu Pengantar), Surakarta,Lpp Uns Dan Uns Press,2005
Hal.81.
[3] Hasbullah, Dasar-Dasar
Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 2008) Hal.26
[4] A. Soedomo
Hadi, Pendidikan (suatu pengantar), Surakarta,Lpp Uns Dan Uns Press,2005 Hal.83.
[5]
Binti Maunah, Landasan Pendidikan, Yogyakarta, Teras, 2009, Hal. 128.
[6]
Azhar Arsyad, Media
Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Prsada, 2009, Hal.12
[7]
Hasbullah, Dasar-Dasar
Pendidikan… Hal. 27
[8]
Ibid, Hal. 27
[9]
Binti Maunah, Landasan
Pendidikan)… Hal. 132
[10]
Ibid, Hal.135
[11]
Ibid, Hal. 137
[12] Azhar Arsyad, Media
Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Prsada, 2009) Hal. 25
[13]
Ibid, Hal. 16
[14]
Ibid, Hal. 21
[15]
A. Soedomo
Hadi, Pendidikan (Suatu Pengantar)… Hal. 82
[16] Binti Maunah, Landasan
Pendidikan… Hal. 130
[17] Azhar Arsyad, Media
Pembelajaran, Hal. 75
No comments:
Post a Comment