Wednesday, 19 November 2014

ALAT PENDIDIKAN DAN LANDASAN PENDIDIKAN

“ALAT PENDIDIKAN”
MAKALAH
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas :
LANDASAN PENDIDIKAN
Dosen Pengampu
DR. HJ. BINTI MAUNAH, M. Pd. I
NIP. 196509031998032001




Disusun Oleh :
1.   Isnaeniyatun Amaryani    (1725143136)
2.   Mala Khurotul Ula           (1725143167)
3.   Nova Santoso                   (1725143217)


JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH 1 B
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
TULUNGAGUNG
SEPTEMBER 2014
Kata Pengantar
Puji syukur dengan mengucapkan Alhamdulillah rahmat, taufiq serta hidayah Allah SWT penulis dapat menyelesaikan makalah ini dalam waktu yang telah ditentukan. Sholawat serta salam semoga sanantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti jejaknya.
Dan tak lupa penulis ucapkan banyak terima kasih kepada:
1.      Dr. MAFTUKHIN, M.Ag selaku rector IAIN   TULUNGAGUNG yang telah memberikan  konstribusi dan izin sehingga kami dapat menuntut ilmu di IAIN TULUNGAGUNG ini.
2.      DR. HJ. BINTI MAUNAH, M. Pd. I selaku Dosen Landasan Pendidikan di IAIN TULUNGAGUNG yang telah memberikan bimbingan dan pengajaran kepada kami.
3.      Semua pihak yang selalu membantu penulis dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala kritik dan saran konstruktif penulis terima dengan terbuka. Semoga karya ini bermanfaat dan menjadi motivasi bagi pembaca yang budiman.




                                                                   Tulungagung, 25 September 2014



     Penulis






DAFTAR ISI


Cover……………………………………………………………………
i
Kata Pengantar………………………………………………………….
ii
Daftar Isi………………………………………………………………..
iii
Bab I Pendahuluan……………………………………………………..
1
a.       Latar Belakang masalah ………………………………………
1
b.      Rumusan Masalah………………………………………...……
1
c.       Tujuan Pembahasan Masalah ………………………………….
1
d.      Batas Pembahasan Masalah…………………………………....
2
Bab II Pembahasan………………………………………………..........
3
a.       Pengertian Alat Pendidikan………………………………........
3
b.       Tujuan Alat Pendidikan………………...…………………......
4
c.       Ciri-ciri Alat Pendidikan ………………..…………………….
4
d.      Macam-macam Alat Pendidikan ……………………..……….
5
e.       Fungsi Alat Pendidikan ……………………………………….
7
f.       Hal-hal Yang harus Diperhatikan Dalam Pemilihan Alat Pendidikan . ……………………………………………………
10
Bab III Penutup…………………………………………………………
12
a.       Kesimpulan…………………………………………………......
12
b.      Saran…………………………………………….....…..…….....
13
Daftar Pustaka






BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
        Alat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh sebab itu, pemerintah dan tenaga pendidik hendaknya tidak meremehkan masalah alat. Kelengkapan dari alat-alat pendidikan mempunyai pengaruh yang sangat besar pada berhasilnya pendidikan dan pengajaran. Alat pelajaran yang lengkap akan membuka kesempatan bagi peserta didik untuk pembentukan formal, pengetahuan, sikap belajar dan pola berfikir siswa didik kearah yang lebih baik.
        Pemilihan alat pendidikan hendaknya dapat dipergunakan langsung oleh peserta didik dalam penyampaian materi dan lebih banyak melibatkan indra mereka. Penggunaan alat pendidikan yang menggunakan indra, seperti alat peraga dengan slide, film, eksperimen, dan lain lain akan lebih berhasil jika dibanding dengan hanya menggunakan metode ceramah saja.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pengertian dari alat pendidikan ?
2.      Bagaimana tujuan dari alat pendidikan ?
3.      Bagaimana ciri-ciri dari alat pendidikan ?
4.      Bagaimana pembagian alat pendidikan yang ada saat ini ?
5.      Bagaimana fungsi alat pendidikan ?
6.      Bagaimana hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan alat pendidikan ?

C.    Tujuan Pembahasan Masalah
1.      Menjelaskan pengertian dari alat pendidikan.
2.      Menjelaskan tujuan digunakannya alat pendidikan.
3.      Menjelaskan ciri-ciri dari alat pendidikan.
4.     
1
Menjelaskan macam macam alat pendidikan.
5.      Menjelaskan fungsi dari alat pendidikan
6.      Menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan alat pendidikan.
D.    Batas Pembahasan Masalah
Makalah ini hanya menjelaskan atau membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan alat-alat pendidikan.



BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

A.    Pengertian Alat Pendidikan
Adapun definisi-definisi yang pernah dikemukakan tentang alat pendidikan seperti yang telah dikutip oleh binti maunah adalah sebagai berikut:[1]
1.      Roestiyah NK., dkk., “media pendidikan adalah alat, metode dan alat yang digunakan dalam rangka meningkatkan efektifitas komunikasi dan interaksi edukatif antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran disekolah.
2.      M. Ngalim Purwanto, “alat pendidikan adalah sebagai usaha-usaha atau perbuatan-perbuatan dari sisi pendidik yang ditujukan untuk pelaksanaan tugas pendidik”
3.      Vernon S. Gerlach dan Donald P. Ely, “media adalah sumber belajar , secara luas media dapat diartikan dengan manusia, benda ataupun peristiwa yang membuat kondisi siswa mungkin memperoleh pengetahuan, ketrampilan atau sikap”.
4.      Zuhairini mendefinisikan alat pendidikan sebagai segala sesuatu yang dipergunakandalam usaha untuk mencapai tujuan, karena itu alat pendidikan merupakan salah satu faktor pendidikan yang sangat penting.
5.      Hafi Anshari memberikan pengertian alat pendidikan sebagai “segala sesuatu yang membantu terlaksananya pendidikan didalam mencapai tujuan baik berupa benda atau bukan benda.
3
Menurut A. Soedomo Hadi Alat pendidikan adalah hal yang tidak saja membuat kondisi-kondisi memungkinkan terlaksananya pekerjaan mendidik, tetapi alat mendidik itu telah mewujudkan diri sebagai perbuatan atau situasi yang di cita-citakan dengan tegas untuk mencapai tujuan pendidikan[2].
Dari definisi alat pendidikan diatas, dapat disimpulkan bahwa Alat pendidikan adalah segala sesuatu baik tindakan, situasi atau media yang sengaja diadakan untuk tercapainya suatu tujuan pendidikan yang tertentu[3].

B.     Tujuan Alat Pendidikan
Tujuan alat pendidikan yaitu dengan penggunaan alat itu anak didik diharapkan mengalami perubahan karenanya, perubahan yang tidak hanya bersifat mekanis belaka, tetapi benar-benar merupakan pencerminan dari pribadi anak didik.
Sedangkan tujuan pendidikan adalah membimbing anak untuk mencapai kedewasaan. Kedewasaan ini dapat dicapai dalam pergaulan antara anak dengan orang dewasa saja. Jadi dapat ditegaskan, bahwa alat yang utama untuk mencapai tujuan dalam lapangan pendidikan adalah pergaulan, terutama pergaulan antara anak dengan orang dewasa.[4]
Alat berhubungan secara organis dengan tujuan hukum yang berlaku padanya yang mengikuti hukum yang berlaku pada tujuan itu. Menurut Ahmad D.Marimba yang dikutip Binti Maunah  mengatakan bahwa dilihat dari fungsi, alat-alat pendidikan terbagi 3 jenis yaitu sebagai perlengkapan, sebagai pembantu mempermudah usaha mencapai tujuan, dan sebagai tujuan.[5]    

C.    Ciri-Ciri Alat Pendidikan
Menurut Gerlach & Ely (1971) yang dikutip oleh Azhar Arsyad, ia mengemukakan tiga ciri-ciri alat pendidikan yang memerlukan petunjuk mengapa alat tersebut digunakan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh alat yang mungkin pendidikan tidak mampu (kurang efisien) melakukannya.[6]
1.      Ciri Fiksatif (Fixatif property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Misalnya fotografi, video tape, audio tape, disket computer dll.
2.      Ciri manipulatife (manipulative property)
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatife. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat di sajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit. Disamping dapat dipercepat, sifat manipulatife dapat pula menampilkan suatu kejadian diperlambat saat menayangkannya kembali. 
3.      Ciri distributif (distributive property)
Memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransformasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian tersebut. Distribusi media tidak hanya satu kelas atau beberapa kelas,  tetapi dapat disebarluaskan ke seluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja.

D.    Macam-macam Alat Pendidikan
Pada dasarnya yang dinamakan alat ini luas sekali artinya, segala perlengkapan yang dipakai dalam usaha pendidikan itu disebut alat pendidikan. Selain itu juga merupakan pembantu mempermudah terlaksananya tujuan pendidikan.
1.      Perbuatan Atau Tindakan Pendidik (software)[7]
a.       Tindakan yang bersifat positif mendorong anak didik untuk melakukan serta meneruskan tingkah laku tertentu.
1)       Teladan
Tingkah laku, cara berbuat dan berbicara seorang pendidik akan ditiru oleh anak.maka lahirlah gejala identifikasi positif, yakni penyamaan diri terhadap pendidik. Maka seyogyanya seorang pendidik memperhatikan kejelasan tingkah laku mana yang harus ditiru dan sebaliknya.
2)       Perintah
Perintah adalah tindakan pendidik menyuruh peserta didik melakukan sesuatu yang diharapkan untuk mencapai tujuan tertentu.alat ini diperlukan dalam pembentukan pribadi yang disiplin secara positif.
3)       Pujian atau Hadiah
Merupakan tindakan pendidik yang bertujuan memperkuat penguasaan tujuan pendidikan tertentu yang telah dicapai oleh peserta didik. Hadiah tidah harus berwujud material, tetapi juga tindakan pendidik, misalnya tersenyum atau memberi acungan jempol.  Hal ini sangat berpengaruh dalam menambah motivasi, menggembirakan, dan menambah kepercayaan peserta didik.

b.      Tindakan yang bersifat mengekang mendorong dan melindungi peserta didik untuk menjauhi serta menghentikan tingkah laku tertentu.
1)      Larangan
Merupakan tindakan pendidik menyuruh peserta didik untuk tidak melakukan atau menghidari hal-hal atau  tingkah laku tertentu demi tercapainya tujuan pendidikan tertentu.
2)      Teguran
Teguran dilakukan oleh pendidik untuk mengoreksi pencapaian tujuan pendidikan oleh peserta didik.
3)      Peringatan dan Ancaman
Peringatan diberikan kepada peserta didik yang telah beberapa kali melakukan pelanggaran dan mendapat teguran.dalam memberikan perigatan, biasanya disertai dengan ancaman akan sanksinya.

4)      Hukuman
Hukuman ialah memberikan atau mengadakan nestapa atau penderitaan dengan sengaja kepada peserta didik dengan maksd agar dapat membawa peserta didik kearah perbaikan. Berikut  prinsip-prinsip dasar mengapa diadakannya hukuman bagi peserta didik.
a)      Hukuman dilaksanakan karena adanya pelanggaran atau adanya kesalahan yang diperbuat.
b)      Hukuman dilaksanakan agar tidak terjadi pelanggaran.

2.      Benda-benda sebagai alat bantu (hardware) [8]
a.       Gedung Sekolah[9]
Keadaan kelas yang bersih, baik dan memenuhi persyaratan kesehatan  sangat berpengaruh pada konsentrasi terdidik. Sehingga peserta didik lebih cepat menerima ilmu yang pendidik sampaikan.
b.      Perpustakaan
Perpustakaan disekolah hendaknya disesuaikan dengan perkembangan dan umur anak didik.
c.       Alat Peraga
Alat alat pelajaran berupa penginderaan yang tampak dan dapat diamati. Adapun fungsi alat peraga menurut yaitu [10]:
1)      Membantu dan mempermudahkan pendidik dalam pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
2)      Memudahkan peserta didik meangkap materi pembelajaran, memperkaya pengalaman belajar, serta membantu memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.
3)      Menstimulasi pengembangan pribadi serta profesi pendidik dalam usahanya meningkatkan mutu pengajaran di sekolah.

E.     FUNGSI ALAT PENDIDIKAN
Fungsi alat pendidikan adalah berikut[11]:
a.       Membantu dan mempermudah para guru dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
b.      Mempermudah para siswa menangkap materi pelajaran, memperkaya pengalaman belajar serta membantu memperluas cakrawala pengetahuan mereka.
c.       Menstimulasi perkembangan.
d.      Perkembangan pribadi serta profesi para guru dalam usahanya mempertinggi mutu pelajaran di sekolah.
Menurut Azhar Arsyad fungsi alat pendidikan adalah sebagai berikut[12] :
a.       memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
b.      Meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat memunculkan motifasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, serta kemungkinan siswa untuk belajar sendirisesuai dengan kemampuan dan minatnya.
c.       Mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu. Yaitu:
1)      Objek yang besar dapat dihambarkan dalam kelas misalnya menggunakan  slide, gambar, film dll.
2)      Objek yang terlalu kecil yang tidak terlihat oleh indera dapat dilakukan dengan microskop, film, slide , dll.
3)      Kejadian masa lampau dapat di tampilkan  dengan video, film, slide, dll.
d.      Memberikkan kesamaan pengalaman tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan . misalnya dengan berkunjung ke museum, kebun binatang, dan lain-lain.
Menurut Levie & Lentz yang dikutip oleh Azhar Arsyad, fungsi alat pendidikan adalah sebagai berikut :[13]
1.      Fungsi atensi
Yaitu menarik dan mengarahkan peserta didik untuk berkonsentrasi kepada pelajaran yang disampaikan lewat alat tersebut.
2.      Fungsi afektif
Yaitu tingkat kenikmatan peserta didik dalam belajar memahami teks atau gambar. Penggunaan alat pendidikan akan menggugah emosi dan sikap peserta didik sebagai motivasi belajarnya.
3.      Fungsi kognitif
Memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam teks atau gambar.
4.      Fungsi kompensatoris
Mengakomodasi siswa yang lemah atau lambat memahami dan menerimaisi pelajaran yang disajikan dengan teks saja atau secara verbal.
Sedangkan menurut Kemp & Dayton yang juga dikutip oleh  Azhar Arsyad mereka mengungkapkan bahwa beberapa hasil penelitian yang menunjukan dampak positif dari penggunaan alat pendidikansebagai bagian integral dalam pembelajaran didalam kelas atau cara utama pembelajaran langsung sebagai berikut :[14]
1.      Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku.
2.      Pembelajaran bisa lebih menarik.
3.      Pembelajaran jadi lebih menarik.
4.      Lama waktu pembelajaran dapat dipersingkat.
5.      Kalitas belajar dapat ditingkatkan.
6.      Pembelajaran dapat dilaksanakan kapan dan dimana saja diinginkan.
7.      Sikap positif siswa terhadap apa yang meraka pelajari dan terhadap proses belajar dapat ditingkatkan.
8.      Peran guru dapat dirubah kearah yang lebih positif.
Dari beberapa pendapat diatas, dapat disimpulkan bahwa fungsi penggunaan alat pendidikan adalah :
1.      Membantu dan mempermudah para guru dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
2.      Memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga Mempermudah peserta didik menangkap materi pelajaran.
3.      Meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat memunculkan motifasi belajar.
4.      Mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
5.      Memberikkan kesamaan pengalaman tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan .
6.      Perkembangan pribadi serta profesi para guru dalam usahanya mempertinggi mutu pelajaran di sekolah.

F.     HAL HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMILIHAN ALAT PENDIDIKAN
Menurut A. Soedomo Hadi hal hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan alat pendidikan adalah :[15]
1.      Tujuan apa yang ingin dicapai dengan alat itu.
2.      Siapakah yang akan menggunakan alat itu.
3.      Terhadap siapakah alat itu digunakan.
4.      Alat manakah yang tersedia dan dapat dikapai.
Menurut Roestiyah yang dikutip oleh Binti Maunah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih alat pendidikan adalah :[16]
1.      Faktor pendidik sebagai subyek pendidikan.
Yaitu kemampuan dan ketrampilan pendidik dalam menggunakan alat.
2.      Faktor anak didik.
Yaitu situasi dan kondisi anak didik seperti perkembangan jiwa dan fikirannya.
3.      Faktor kemampuan material sekolah
4.      Faktor tempat
Yaitu dimana lokasi lokasi sekolah, dikota atau didesa, di pesisir atau di daerah pedalaman.

Menurut Azhar Arsyad, kriteria pemilihan alat pendidikan adalah :[17]
1.      Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
2.      Tempat yang mendukung isi pelajaran yang sifatnya mendukung isi pelajaran yang sifatnya konsep, fakta, prinsip, atau generalisasi
3.      Praktis, luwes, dan bertahan.( tidak memaksakan jika jauh dari kemampuan)
4.      Pendidik trampil menggunakannya.
5.      Pengelompokan sasaran




BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
1.      Alat pendidikan adalah segala sesuatu baik tindakan, situasi atau media yang sengaja diadakan untuk tercapainya suatu tujuan pendidikan yang tertentu.
2.      tujuan digunakannya alat pendidikan yaitu dengan penggunaan alat  pendidikan, anak didik diharapkan mengalami perubahan karenanya, perubahan yang tidak hanya bersifat mekanis belaka, tetapi benar-benar merupakan pencerminan dari pribadi anak didik.
3.      Ciri-ciri alat pendidikan adalah :
a.       Ciri Fiksatif (Fixatif property)
b.      Ciri manipulatife (manipulative property)
c.       Ciri distributif (distributive property)
4.      Macam-macam Alat Pendidikan yaitu
a.       Perbuatan Atau Tindakan Pendidik (software) berupa teladan, perintah, hukuman, dan lain-lain
b.      Benda-benda sebagai alat bantu (hardware) dapat berupa gedng sekolah, alat peraga, perpustakaan, dan lain-lain.
5.      Fungsi dari alat pendidikan adalah :
a.       Membantu dan mempermudah para guru dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
b.      Memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga Mempermudah peserta didik menangkap materi pelajaran.
c.       Meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat memunculkan motifasi belajar.
d.      Mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
e.       Memberikkan kesamaan pengalaman tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan .
f.      
12
Perkembangan pribadi serta profesi para guru dalam usahanya mempertinggi mutu pelajaran di sekolah.
6.      Hal hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan alat pendidikan adalah :
a.       Tujuan yang ingin dicapai.
b.      Siapakah yang akan menggunakan alat itu.
c.       Faktor kemampuan material sekolah
d.      Faktor tempat

B.     SARAN
1.      Untuk dinas pendidikan, seyogyanya dinas pendidikan melakukan pengkajian penggunaan alat pendidikan dan mendistribusikannya agar tercipta generasi muda yang cerdas, dan mampu mengoptimalkan ilmu dan pengetahuannya.
2.      Saran bagi pendidik, seyogyanya pendidik pandai-pandai memilih alat pendidikan sesuai kriteria tujuan dari pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien.
3.      Bagi peserta didik, dengan di adakannya alat pendidikan ini, seharusnya peserta didik lebih memotivasi diri  untuk lebih baik dan unggul dalam segala hal baik IPTEK maupun IMTAQ.


[1] Binti Maunah, Landasan Pendidikan.Yogyakarta: Teras, 2009,  Hal. 126.
[2] A. Soedomo Hadi, Pendidikan (Suatu Pengantar), Surakarta,Lpp Uns Dan Uns Press,2005 Hal.81.
[3] Hasbullah, Dasar-Dasar Pendidikan,  (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008) Hal.26
[4] A. Soedomo Hadi, Pendidikan (suatu pengantar),  Surakarta,Lpp Uns Dan Uns Press,2005 Hal.83.
[5] Binti Maunah, Landasan Pendidikan, Yogyakarta, Teras, 2009, Hal. 128.
[6] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Prsada, 2009,  Hal.12
[7] Hasbullah, Dasar-Dasar Pendidikan… Hal. 27
[8] Ibid, Hal. 27
[9] Binti Maunah, Landasan Pendidikan)…  Hal. 132
[10] Ibid, Hal.135
[11] Ibid, Hal. 137
[12] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Prsada, 2009) Hal. 25
[13] Ibid, Hal. 16
[14] Ibid, Hal. 21
[15] A. Soedomo Hadi, Pendidikan (Suatu Pengantar)… Hal. 82
[16] Binti Maunah, Landasan Pendidikan… Hal. 130
[17] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Hal. 75

No comments:

Post a Comment