A.
Evaluasi Pembelajaran Tematik
1. Hakikat penilaian
a. Ruang Lingkup Penilaian
Penilaian dalam pembelajaran tematik
adalahsuatu usaha untuk mendapatkan berbagaiinformasi secara berkala,
berkesinambungan, danmenyeluruh tentang proses dan hasil daripertumbuhan dan
perkembangan yang telahdicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.
Penilaian
merupakan pengumpulan informasi
untuk
menentukan kualitas dan kuantitas belajarpeserta didik. Penilaian juga
dimaksudkan untukmemperoleh, menganalisis dan menafsirkan datatentang proses
dan hasil belajar peserta didikyang dilakukan secara
sistematisdanberkesinambungan sehingga menjadi informasiyang bermakna dalam
pengambilan keputusan.
Tujuan penilaian untuk mengetahui
perkembangan yang
telah dicapai anak didik selama mengikutipembelajaran. Lebih rincinya tujuan
penilaian pembelajaran tematik sebagai berikut:
1. Mengetahui percapaian indikator yang
telah ditetapkan
2. Memperoleh umpan balik bagi guru, untuk
pengetahuan hambatan yang terjadi dalam pembelajaran maupun efektivitas
pembelajaran
3. Memperoleh gambaran yang jelas tentang
perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa
4. Sebagai acuan dalam menentukan rencana
tindak lanjut (remedial, pengayaan, dan pemantapan).
Fungsi
penilaian sebagai berikut :
1. Memberikan umpan balik kepada
guru untukmenyempurnakan pembelajaran.
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi
guruuntuk membimbing perkembangan anak didikbaik fisik maupun psikis sehingga
dapatberkembang secara optimal.
3. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk
melakukan kegiatan bimbinganterhadap anak didik yang memerlukanbimbingan
khusus.
4. Sebagai bahan pertimbangan bagi
guruuntuk menempatkan anak dalam kegiatanyang sesuai dengan minat
dankebutuhannya.
5. Memberikan informasi bagi orang
tuatentang perkambangan yang telah dicapaioleh anak didik
sebagaipertanggungjawaban.
6.Sebagai informasi kepada orang
tua untukmenyesuaikan pendidikan keluarga denganproses pembelajaran di sekolah.
7. Sebagai bahan masukan bagi
berbagai pihakdalam rangka pembinaan selanjutnyaterhadap anak didik.
b. Prinsip-prinsip Penilaian
1.
Penilaian di kelas 1 dan 2 mengikuti aturan penilaian mata-mata pelajaran lain
di sekolah dasar. Mengingat bahwa siswa kelas 1 SD belum semuanya lancar
membaca dan menulis, maka cara penilaian di kelas 1 tidak ditekankan pada
penilaian secara tertulis.
2.
Kemampuan membaca, menulis dan berhitung merupakan kemampuan yang harus
dikuasai oleh peserta didik kelas 1 dan 2. Oleh karena itu, penguasaan terhadap
ketiga kemampuan tersebut adalah prasyarat untuk kenaikan kelas.
3.
Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing kompetensi
dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran.
4.
Penilaian dilakukan secara terus-menerus dan selama proses belajar mengajar
berlangsung, misalnya sewaktu siswa bercerita pada kegiatan awal, membaca pada
kegiatan inti dan menyanyi pada kegiatan akhir.
5.
Hasil karyakerja siswa dapat digunakan sebagai bahan masukan guru dalam
mengambil keputisan siswa misalnya: penggunaan tanda baca, ejaan kata, maupun
angka.
Secara
umum prinsip penilaian adalah sebagai berikut:
1.
Terencana
Penialaian
dilakukan secar terencana sesuaidengan aspek perkembangan yang dinilai.
2.
Sistematis
Penilaian
dilakukan secara teratur danterprogram.
3.
Menyeluruh
Penilaian
mencakup semua aspek perkembangananak baik moral dan nilai-nilai agama,
sosial-emosional, kemandirian, berbahasa, kognitif,fisik motorik, dan seni.
4.
Berkesinambungan
Penilaian
dilakukan secara bertahap dan terus-menerus untuk memperoleh gambaran
tentangperkembangan peserta didik.
5.
Objektif
Penilaian
dilaksanakan terhadap semua aspekperkembangan sebagaimana adanya.
6.
Mendidik
Proses
dan hasil penilaian dapat dijadikan dasaruntuk memotivasi dan mengembangkan
anak didiksecara optimal.
7.
Kebermaknaan
Hasil
penilaian harus mempunyai arti danbermanfaat bagi guru, orang tua dan anak
didikserta pihak lain.
a. Aspek Penilaian
Pada
pembelajaran tematik penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaan Kompetensi
Dasar dan Indikator pada tiap-tiap mata pelajaran yang terdapat pada tema
tersebut. Dengan demikian penilaian dalam hal ini tidak lagi terpadu melalui
tema, melainkan sudah terpisah-pisah sesuai dengan Kompetensi Dasar, Hasil
Belajar dan Indikator mata pelajaran.
Nilai
akhir pada laporan (raport) dikembalikan pada kompetensi mata pelajaran yang
terdapat pada kelas satu dan dua sekolah dasar, yaitu: bahasa indonesia,
matematika, ilmu pengetahuan alam, pendidikan kewarganegaraan dan ilmu
pengetahuan sosial, seni budaya dan keterampilan, dan pendidikan jasmani, olahraga
dan kesehatan.
2. Cara, alat dan
prosedur penilaian
Penilaian dilaksanakan berdasarkan
gambaran atau informasi tentang perkembangan anak didik.
Alat penilaian dapat berupa Tes dan Non
Tes. Tes mencakup: tertulis, lisan, atau perbuatan, catatan harian perkembangan
siswa, dan porto folio. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas awal penilaian
yang lebih banyak digunakan adalah melalui pemberian tugas dan portofolio.
Guru menilai anak melalui pengamatan
yang lalu dicatat pada sebuah buku bantu. Sedangkan tes tertulis digunakan
untuk menilai kemampuan menulis siswa, khususnya untuk mengetahui tentang
penggunaan tanda baca, ejaan, kata atau angka.
Ada tiga bentuk penilaian yang dapat
digunakanuntuk menilai perkembangan anak didik.
a. Penilaian dengan Simbol
1)Cara
penilaian
Dalam
melaksanakan penilaian denganmenggunakan simbol guru dapat memakai caraberupa:
Ø Obsevasi
Observasi
adalah cara pengumpulan data melaluipengamatan langsungterhadap sikap,
perilaku,dan berbagai kemampuan yang ditunjukkan anak.
Ø Catatan Anekdot
Catatan
anekdot adalah cara pengumpulan data melaluipengamatan langsung tentang sikap
dan perilakuanak yang muncul secara tiba-tiba (insidental).
Ø Percakapan
Adalah
cara pengumpulan data melalui interaksilisan untuk mendapatkan informasi
tentangpengetahuan atau penalaran anak mengenaisesuatu.
Ø Penugasan
Adalah
cara pengumpulan data berupa pemberiantugas yang harus dikerjakan anak didik
dalamwaktu tertentu baik secara perorangan maupunkelompok.
Ø Unjuk Kerja
Adalah
cara pengumpulan data yang menuntutanak didik untuk melakukan tugas
dalamperbuatan yang dapat diamati, missal praktikmenyanyi, olahraga atau
memperagakan sesuatu.
2) Alat Penilaian yang Digunakan
Alat
penilaian yang digunakan adalah:
a. RKH ( rencana Kegiatan Harian)
b.
Format catatan anekdot
3) Prosedur Penilaian
a. Guru melaksanakan penilaian denganmengacu
pada indikator yang hendak dicapai.Penilaian dilakukan seiring dengan
kegiatanpembelajaran
b. Cara pencatan hasil penilaian
hariandilaksanakan sebagai berikut:
v Catat penilaian dalam kolom
penilaianperkembangan anak dalam rencana kegiatanharian.
v Bila anak dalam melaksanakan tugas
selaludibantu guru, maka pada kolom penilaian diberitanda bulatan kosong (o).
v Anak yang sudah melebihi idikator
denganmampu melaksanakan tugas tanpa bantuan, makapada kolom penilaian
dituliskan nama anak dantanda bulatan penuh ( • )
v Jika semua anak menunjukkan
kemampuansesuai dengan indikator yang tertuang dalamRKH, maka pada kolom
penilaian ditulis kata“semua anak” dengan tanda check list ) misal:semua anak
c. Hasil catatan penilaian yang ada
dalam RKHdirangkum dan dipindah kedalam formatrangkuman penilaian perkembangan
anak didik.
v Apabila hasil penilaian dalam satu
bulanlebih cenderung memperoleh bulatan penuh, makahasilnya menjadi bulatan
penuh pada rangkumanbulanan dengan selalu memperhatikan prosesperubahan
perilaku dan kemampuan dalampembelajaran.
v Apabila hasil penilaian pada
perkembangananak dalam satu bulan cenderung memperolehbulatan kosong, maka
hasilnya akan dipindahkanbulatan kosong pada rangkuman bulanan.
v Apabila hasil penilaian cenderung
seimbangperolehan bulatan penuh dan bulatan kosong,maka hasilnya berupa tanda
check list yangkemudian dipindahkan ke rangkuman bulanan.
v Data dari buku rangkuman selama
satusemester dianalisis dan disimpulkan untukmenetapkan gambaran perkembangan
anak yangdideskripsikan dalam laporan penilaian.
Hasil
catatan penilaian yang ada dalam RKHdirangkum dan dipindahkan ke dalam satu
formatrangkuman penilaian yang mencakup bulanan dansemester. Untuk menunjukkan
ketercapaianindikator selain menggunakan simbol bulatanpenuh, kosong dan check
list, guru dapatmenggunakan simbol lain, seperti bintang(= , , )
b. Penilaian dengan Portofolio
1)Cara
Penilaian
Cara
penilaiannya adalah berupa observasi,catatan anekdot, percakapan, penugasan,
unjukkerja juga mengumpulkan hasil karya anakdengan format penilaian sesuai
dengan RKH yangdiprogramkan.
Ø Alat Penilaian
Alat
penilaian dapat menggunakan format-formatsebagai berikut;
·
Format
observasi
Contoh
format observasi dengan check list
Nama anak :
Hari/Tanggal :
Usia : Observer
:
No.
|
Aspek
|
Ya
|
Tidak
|
1.
2.
3.
|
Aspek perkembangan bahasa
Menggunakan bahasa yang santun
Mengekspresikan perasaan dengan kata-kata
Menggunakan bahasa yang dipahami
|
|
|
·
Format
catatan anekdot
Contoh
format anekdot:
Pengamatan terhadap
Yurisa
|
|
Perkembangan fisik
Pengamatan/tanggal
Keterangan pengamatan:
|
Perkembangan sosial
Pengamatan/tanggal
Keterangan pengamatan:
|
Perkembangan emosional
Pengamat/tanggal
Keterangan pengamatan:
|
Kreativitas
Pengamat/tanggal
Keterangan pengamatan:
|
Perkembangan bahasa
Pengamat/tanggal
Keterangan pengamat:
|
Perkembangan kognitif
Pengamat/tanggal
Keterangan pengamat:
|
·
Format
percakapan
Contoh
format percakapan:
Nama
anak : Hari/tanggal :
Tanggal :
Usia
anak :
Pewawancara :
Setting
:
Waktu :
Berisi uraian tentang
percakapan anak dan guru
·
Format
penugasan
Contoh
format penugasan:
Penilaian Kegiatan
Menebalkan Tulisan dengan Gambar
Tema
:
Binatang
Subtema : Telur
burung puyuh
Hari/
Tanggal :
Minggu/ 13
November
2011
Kelompok/
Semester : B/ I
Bidang
Pengembangan : Bahasa
No.
|
Nama Anak
|
Aspek yang dinilai
|
||
Keaktifan
|
Kerapian
|
Ketelitian
|
||
1.
2.
3.
|
|
|
|
|
·
Format
unjuk kerja
Contoh:
Nama
siswa :
tanggal :
Kelas :
Kompetensi
Dasar: Mengelompokkan hewan sesuaidengan jenis makanannya
Kelompokkanlah
hewan sesuai dengan jenismakanannya dengan menggunakan gambar.
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Tingkat kemampuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
2.
|
Pengelompokkan dilakukan dengan menggunakan semua
indra
Uraian yang dijabarkan secara rnci
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Kriteria penskoran
|
Kriteria penilaian
|
1.
Baik
sekali (A) 4
2.
Baik
(B) 3
3.
Cukup
(C) 2
4.
Kurang
(D) 1
|
10-12
7-9
4-6
≤3
|
Ø Prosedur Penilaian
1)
Guru melihat RKH yang dibuat
2)
Guru mengklasifikasi kegiatan yangdilakukan di kelas, contoh
penugasan,percakapan, dll.
3)
Guru menyiapkan format penilaian sesuaikegiatan pembelajaran
4)
Dalam format penilaian guru menentukanwaktu, kegiatan pembelajaran dan aspek
yangdinilai.
5)
Guru menuliskan hasil penilaian ke dalamformat penilaian
6)
Setiap hasil karya anak dideskripsikan olehguru pada lembar hasil karyanya.
7)
Guru mendokumentasikan, menganalisis danmenyimpulkan hasil penilaian bersama
dengandeskripsi karyanya ke dalam format rangkumanpenilaian.
Contoh
Penilaian portofolio secara umum
Latar
Belakang Informasi
Tanggal lahir
anak : Tanggal masuksekolah :
Bahasa yang Suku/ras :
digunakan di
rumah :
Bukti
perkembangan Kognitif : observasi, foto,hasil karya, atau catatan perilaku dan
perkembangan
perilaku anak (catatan anekdot)
Mengamati gejala alamiah
|
Menemukan dan mengeksplorasi
|
Menyeleksi, menghitung dan mengelompokkan
|
Contoh gambar atau ilustrasi
|
|
Mengidentifikasi masalah
|
c. Penilaian
Gabungan
Penilaian
gabungan merupakan gabungan antarapenilaian yang menggunakan simbol
danportofolio.
Contoh:
Evaluasi
Proses Kegiatan
Menebalkan
Tulisan dengan Gambar
Tema
:
Binatang
Subtema :
Telur burungpuyuh
Hari/
Tanggal
: Minggu/ 13 November 2011
Kelompok/
Semester : B/ I
Bidang
Pengembangan : Bahasa
No.
|
Nama anak
|
Aspek yang dinilai
|
Hasil akhir
|
||
Keaktifan anak
|
Ketelitian anak
|
Ketepatan anak
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Tuntas
: T
Setengah
tuntas : ST
Tidak
Tuntas : TT
3.
Pelaporan hasil penilaian
Pelaporan
merupakan kegiatan menyampaikan danmengomunikasikan hasil penilaian guru
tentangperkembangan anak didik. Penilaian dilaporkandalam bentuk uraian singkat
dari masing-masingprogram pengembangan yang dibuat denganobjektif sehingga
tidak menimbulkan persepsiyang salah.
Pola
pelaporan dituangkan dalam bukuperkembangan anak didik yang mengikuti
polasebagai berikut:
a.
Uraian perkembangan secara umum
b.
Uraian perkembangan anak yang menonjol
c.
Uraian perkembangan kemampuan anak yangmasih perlu ditingkatkan.
Dalam
pelaksanaan kegiatan ini hendaknyamenjaga kerahasian data atau informasi.
Datatersebut hanya diinformasikan dan dibicarakandengan orang tua/ wali anak
didik yangbersangkutan atau tenaga ahli dalam rangkabimbingan selanjutnya.
No comments:
Post a Comment