PENDIDIKAN DALAM
PERSPEKTIF TEKNOLOGI
MAKALAH
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas matakuliah
“Teknologi Pembelajaran
MI/SD”
Dosen Pengampu:
Indah Komsiyah,S.Pd,
M.Pd
Disusun Oleh:
1.
Iknatia Indani (1725143125)
2.
Mu’azarotul Husna (1725143184)
3.
Nur Lu’aily Fauziyah (1725143226)
Kelas II (Dua) B
Semester II ( Genap )
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah(PGMI)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
TULUNGAGUNG
APRIL 2015
KATA
PENGANTAR
Syukur alkhamdulilah, senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah
SWT, karena hanya atas limpahan petunjuk dan pertolongan-Nya, maka penyusunan
makalah dengan Judul “Pendidikan dalam
Perspektif Teknologi” ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Shalawat serta salam tidak lupa kami panjatkan kehadirat Nabi
Agung Muhammad SAW, yang kita nantikan syafa’atnya di hari akhir nanti.
Tidak lupa penyusun ucapkan
terimakasih kepada:
1. Dr. Mafthukin, M.Ag selaku Rektor IAIN Tulungagung, yang telah
membina lembaga (tempat) kami menimba ilmu pengetahuan selama ini.
2. Ibu Indah Komsiyah,S.Pd, M.Pd ,selaku dosen pengampu Matakuliah
Teknologi Pembelajaran MI/SD yang telah
memberikan pengarahan dalam penyusunan makalah ini.
3. Rekan-rekan kelompok dua yang telah membantu menyelesaikan makalah
ini.
4. Serta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah
ini.
Dalam
penyusunan makalah ini, kami menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan
karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami. Untuk itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun, khususnya dari dosen
mata kuliah guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman bagi kami untuk lebih
baik di masa yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita
semua . Dan semoga Alloh SWT senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada kita
semua. Amin ya robbal’alamin.
Tulungagung, 8 April 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman judul................................................................................................ i
Kata Penghantar............................................................................................ ii
Daftar Isi........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................... 1
B. Rumusan Masalah......................................................................... 1
C. Tujuan Penulisan Masalah............................................................. 2
D. Batasan Masalah........................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendidikan dan Teknologi.......................................... 3
B. Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan ............................... 4
C. Hubungan
antara Pendidikan dan Teknologi................................ 6
E.
Pengaplikasian Teknologi dalam Pendidikan................................ 7
D. Dampak Positif dan
Negatif Teknologi dalam Pendidikan.......... 8
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................... 10
B. Saran ............................................................................................ 10
DAFTAR RUJUKAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu tolak
ukur kemajuan suatu bangsa, suatu bangsa bisa dikatakan maju apabila pendidikan
dalam bangsa tersebut maju. Seiring perkembangan globalisasi dan IPTEK,
pendidikan terus berjalan sesuai perkembangan zaman.
Di era baru dalam dunia pendidikan ini
telah diperkenalkan reformasi pendidikan
yang berkaitan erat dengan teknologi-teknologi yang sangat dibutuhkan dalam
perkembangan dunia pendidikan. Teknologi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan pendidikan.
Teknologi bisa digunakan oleh semua kalangan di dunia pendidikan.
Pendidikan
dan Teknologi merupakan suatu unsur yang sangat penting dan saling berkaitan
dalam perkembangannya. Diperlukan suatu pembahasan khusus mengenai pendidikan
dan teknologi. Oleh sebab itu, dalam pembahasan ini, kami mengambil tema
mengenai pendidikan dalam perspektif teknologi.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas , kami
mengambil beberapa rumusan masalah yang berkaitan
tema ini yaitu:
1.
Bagaimana
pengertian pendidikan dan teknologi?
2.
Bagaimana
perkembangan teknologi dalam pendidikan ?
3.
Bagaimana
hubungan antara pendidikan dan teknologi?
4.
Bagaimana
pengaplikasian teknologi dalam pendidikan?
5.
Bagaimana
dampak positif dan negatif teknologi dalam pendidikan ?
C. Tujuan Penulisan Masalah
Dari rumusan masalah di atas, dapat
dituliskan tujuan penulisan masalah dalam makalah ini yaitu:
1. Mengetahui pengertian pendidikan dan teknologi
2. Mengetahui perkembangan teknologi dalam pendidikan
3. Mengetahui hubungan antara
pendidikan dan teknologi
4. Mengetahui pengaplikasian teknologi dalam pendidikan
5. Mengetahui dampak positif dan negatif teknologi dalam pendidikan
D. Batasan Masalah
Makalah ini hanya membahas mengenai
pengertian pendidikan dan teknologi, perkembangan teknologi dalam pendidikan,
hubungan antara pendidikan dan
teknologi, pengaplikasian teknologi dalam pendidikan serta dampak positif dan
negatif teknologi dalam pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendidikan dan
Teknologi
Pendidikan
merupakan suatu proses penting dalam kehidupan. Pendidikan merupakan wahana
penting untuk menghasilkan sumber daya pembangunan. Untuk itu, marilah kita
pahami apa pengertian pendididkan.
Secara etimologis, pendidikan berasal dari bahasa yunani “paedagogike”. Ini adalah kata majemuk yang
terdiri dari kata “paes” yang berarti “anak” dan kata “ago” yang berarti “aku
membimbing”. Jadi Paedagogike berarti aku membimbing anak.[1]
Sedangkan pengertian pendidikan secara terminologi dapat terbagi
menjadi dua arti, yaitu:
1.
Pengertian
Pendidikan dalam Arti Luas
Pendidikan adalah hidup. Pendidikan adalah segala pengalaman
belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup.
Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu.
2.
Pengertian
Pendidikan dalam Arti Sempit
Pendidikan adalah sekolah. Pendidikan adalah pengajaran yang
diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan adalah
segala pengaruh yang diupayakan sekolah terhadap anak dan remaja yang
diserahkan kepadanya agar mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh
terhadap hubungan-hubungan dan tugas-tugas sosial mereka.[2]
Dalam pembahasan berikutnya adalah mengenai pengertian teknologi.
Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah “teknologi”. Untuk itu marilah kita pahami mengenai
pengertian teknologi.[3]
Istilah teknologi berasal dari bahasa Yunani technologia yang menurut Webster Dictionary berarti Systematic treatment atau penanganan
sesuatu secara sistematis, sedang techne sebagai kata dasar kata teknologi
berarti art, skill, science atau keahlian, keterampilan, ilmu.[4]
Teknologi dapat
dijadikan alat untuk pemanfaatan pengetahuan dan ilmu pengetahuan. teknologi
adalah penerapan ilmu atau pengetahuan yang terorganisir secara sistematis
untuk penyelesaian tugas-tugas secara praktis. Praktik penggunaan teknologi
akan meningkatkan nilai tambah terhadap produk ilmu pengetahuan
Teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat elektronik atau
mesin.[5]
B. Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan
Perkembangan teknologi terutama dibidang informasi dan komunikasi
semakin pesat menyebabkan dunia menjadi semakin sempit. Interaksi antar bangsa
semakin mudah dan globalisasipun tidak dapat dihindari oleh bangsa manapun.
Perkembangan
teknologi mengalami perubahan dari masa ke masa. Perkembangan tersebut dapat
dikelompokkan sebagai berikut:
1.
Perkembangan teknologi pada masa lalu
Pada masa lalu, perkembangan teknologi ditandai dengan diciptakan
dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti
gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai
alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
2.
Perkembangan teknologi pada masa sekarang
Perkembangan teknologi informasi pada masa sekarang sudah
berkembang dengan sangat pesatnya. Diantara penggunaan telepon seluler dan
internet. Hampir semua orang sudah bisa menggunakan media teknologi informasi
tersebut. Perkembangan teknologi saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan
belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara
mahasiswa/pelajar dengan dosennya/guru.
3.
Perkembangan
teknologi pada masa mendatang.
Salah satu perpektif teknologi dalam pendidikan masa mendatang
yaitu virtual school dan virtual university. Virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi internet. Virtual university memiliki
karakteristik yang scalable, yaitu
dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan
hanya dilakukan dalam kelas biasa berapa jumlah orang yang dapat ikut serta
dalam satu kelas. Virtual university dapat
diakses oleh siapa saja, dari mana saja.[6]
Pada era globalisasi, ada kecenderungan
kuat terjadinya proses universalisasi yang melanda seluruh aspek kehidupan
manusia. Salah satu implikasinya terlihat pada gaya hidp global seperti
makanan, pakaian, gaya hidup maupun musik. Anak-anak kecil dengan mudah dapat
melihat film-film kartun mancanegara, kita bisa mengetahui dan ikut menikmati
berbagai jenis makanan dari berbagai bangsa, dan demam mode dunia melanda semua
negara adalah contoh dari pengaruh globalisasi yang tak bisa dihindarkan dari
negara kita.
Banyak hal yang perlu
kita cermati agar sebagai bangsa kita tidak tertinggal oleh hal-hal baru yang
terjadi secara global sehingga kita bisa beradaptasi dengan negara-negara lain
didunia. Disisi lain kita pun harus punya filter agar pengaruh globalisasi yang
negatif tidak mempengaruhi kehidupan kita dan kita tetap bisa melestarikan
budaya bangsa.
Dibidang pendidikan, peran guru untuk
mendidik peserta didik menjadi manusia yang selalu mengikuti perkembangan zaman
tanpa meninggalkan akar budaya sangat penting dalam menentukan perjalanan
penerus bangsa. Guru dituntut menjadi pendidik yang bisa menjembatani
kepentingan-kepentingan itu.tentu saja melalui usaha-usaha nyata yang bisa
diterapkan dalam mendidik peserta didiknya. [7]
Dari sini kita bisa melihat perkembangan
teknologi yang begitu pesat seiring arus globalisasi yang secara otomatis akan
berdampak pada segala kawasan, begitu juga pada kawasan pendidikan ikut berdampak pada perkembangan pendidikan
pula.
C. Hubungan antara Pendidikan dan Teknologi
Terdapat
hubungan yang erat antara pendidikan dengan iptek (ilmu pengetahuan dan
teknologi). Ilmu pengetahuan merupakan eksplorasi secara sistem dan terorganisasi
mengenai alam semesta, dan teknologi adalah penerapan yang direncanakan dari
ilmu pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan hidup bermasyarakat.
Sebagai
contoh betapa eratnya hubungan antara pendidikan dengan iptek itu, misalnya
sering suatu teknologi baru yang digunakan dalam suatu proses produksi
menimbulkan kondisi ekonomi sosial baru lantaran perubahan persyaratan kerja,
dan mungkin juga penguraian jumlah tenaga kerja atau jam kerja, kebutuhan
bahan-bahan baru, sistem pelayanan baru, sampai kepada berkembangnya gaya hidup
baru, kondisi tersebut minimal dapat mempengaruhi perubahan isi pendidikan dan
metodenya, bahkan mungkin rumusan baru tunjangan pendidikan, otomatis juga
sarana penunjangnya seperti sarana laboratorium. [8]
Dari
contoh di atas dapat dipahami bahwa pendidikan dan teknologi memiliki
kaitan/hubungan yang sangat besar. Perubahan yang terjadi pada teknologi akan
berpengaruh pada pendidikan, begitu sebaliknya.
D. Pengaplikasian Teknologi dalam Pendidikan
Sebagaimana
uraian di atas, pendidikan dan teknologi sangat berkaitan, dan saling
berpengaruh. Teknologi bisa di aplikasikan dalam berbagai aspek pendidikan,
sebagai contoh pengaplikasian ini adalah dalam aspek model pembelajaran adalah
model pembelajaran e-learning yang
mana sistem pendidikan dalam pembelajaran ini menggunakan teknologi modern yang
berupa internet.
Proses pembelajaran yang dilakukan
dengan pendekatan e-learning tidak dapat disamakan dengan lembaga pendidikan pada
umumnya, juga berbeda dengan pola pembelajaran konvensional yang hanya
menggunakan metode tatap muka. Proses pembelajaran e-learning adalah perpaduan antara metode tatap muka dengan metode
on line (via internet dan berbagai pengembangan teknologi informasi lainnya).
Metode pembelajaran tradisional saat ini memerlukan sebuah perubahan dalam
kaitannya dengan proses adaptif dan mempersiapkan para pesertadidik agar siap
menjadi knowledge workers, di mana
ilmu pengetahuan menjadi faktor yang sangat penting. Berdasarkan penelitian
UNESCO dan World Bank bahwa pada Negara berkembang sangat diperlukan adanya
perubahan pendekatan dan paradigm pembelajaran. Jika tidak demikian, Negara
berkembang tidak akan mampu bersaing di era ekonomi yang berlandaskan ilmu
pengetahuan (knowledge economic era).
Era tersebut mengharuskan para pekerjanya secara cepat menemukan berbagai
informasi yang diperlukan, menimbang dan mengevaluasi informasi tersebut agar
memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan tidak biasa, serta menggunakan
infoprmasi tersebut untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi.[9]
Dari uraian di atas dapat kita pahami
bahwa model pembelajaran e-learning merupakan
salah satu pengaplikasian teknologi dalam pendidikan.
E. Dampak Positif dan Negatif Teknologi dalam Pendidikan
Setiap perubahan tentunya akan membawa
suatu dampak yang begitu besar, dampak itu bisa berupa dampak positif dan
negatife.
Dampak
positif dan negatif dari perkembangan teknologi masa kini:
1. Dampak positifnya:
a.
Dalam
dunia pendidikan, teknologi sebagai peralatan untuk mewakili gagasan pelajar,
b.
Sebagai
mendukung organisir produksi multimedia sebagai dasar pengetahuan pelajar
c.
Teknologi
juga sebagai sarana mengakses informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang
mendukung pelajar,
d.
Untuk
perbandingan perspektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
e.
Teknologi
dapat meningkatkan efektifitas dan efisien proses belajar mengajar,
f.
Teknologi
dalam pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan/sekolah.
g.
Teknologi
dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
h.
Internet
sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan
dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya
dari seluruh dunia.
i.
Media
pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp, dan www (world wide
web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat
saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
j.
Media
untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat menjadikan
www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
k.
Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi.
l.
Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan kebudayaan, dan
lain-lain.
2.
Dampak
negatifnya:
a.
Pihak
guru yang tidak bisa mengoperasikan/menguasai elektronika akan tertinggal oleh
siswa.
b.
Teknologi
dalam pendidikan memerlukan SDM yang berkualitas untuk bisa mempercepat inovasi
sekolah, sedangkan realita masih kurang.
c.
Teknologi
yang baik (hardware maupun software) membutuhkan biaya yang mahal.
d.
Penggunaan
teknologi dalam pendidikan memerlukan kontrol yang tinggi dari guru atau orang
tua.
e.
Siswa
yang tidak mempunyai motivasi yang tinggi cenderung gagal.
f.
Internet
identik dengan pornografi yang berpengaruh buruk terhadap siswa yang belum
semestinya (dibawah umur).[10]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Pengertian
pendidikan yaitu suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan disengaja untuk
meningkatkan pengetahuan atau sumber daya manusia.
Pengertian
teknologi adalah segala sesuatu yang dapat membantu dan mempermudah suatu usaha
atau suatu kegiatan.
2.
Perkembangan
teknologi mengalami perubahan dari masa ke masa.
3.
Pendidikan
dan teknologi memiliki kaitan/hubungan yang sangat besar. Perubahan yang
terjadi pada teknologi akan berpengaruh pada pendidikan, begitu sebaliknya.
4.
Pengaplikasian
teknologi dalam pendidikan adalah penerapan model pembelajaran e-learning
5.
Teknologi
dalam pendidikan memiliki dampak positif dan negatif.
B. Saran
Hendaknya makalah ini bisa digunakan
sebagai salah satu sumber pembelajaran dan semoga makalah ini bisa bermanfaat
bagi semua pihak, khususnya bagi penyusun dan pembaca.
DAFTAR RUJUKAN
Ahmadi,Abu dan Nur Uhbiyati.2007.Ilmu Pendidikan.Jakarta:PT RINEKACIPTA
Darmawan,Deni.2012. Teknologi
Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Jahurilatansamashiro,”Makalah
Pengertian dan Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan”
dalam http://jahurilatansamashiro.blogspot.com/
diakses pada tangga l 6 April 2016
Maunah,Binti.2009.Landasan Pendidikan.Yogyakarta:Teras
Nasution.1999.Teknologi Pendidikan.Jakarta:PT Bumi Aksara
Rochaety,Eti,dkk.2006.Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Jakarta:PT BumiAksara
Tirtarahardja,Umar dan La Sulo.2005.Pengantar Pendidikan.Jakarta:PT RINEKA CIPTA
Yunita sari manalu “Peran Teknologi Dalam Perkembangan Pendidikan
Di Indonesia “ dalam https://yunitasarimanalu.wordpress.com/2013/04/12/peran-teknologi-dalam-perkembangan-pendidikan-di-indonesia/
di akses pada 06 April 2015.
[1] Abu Ahmadi dan Nur
Uhbiyati, Ilmu Pendidikan,( Jakarta:
PT RINEKA CIPTA, 2007), hal.70
[2] Binti Maunah, Landasan Pendidikan,( Yogyakarta:TERAS,
2009), hal.1-3
[4]Nasution, Teknologi Pendidikan, (,Jakarta:PT
Bumi Aksara,1999), hal.2
[5]Jahurilatansamashiro,”Makalah
Pengertian dan Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan” dalam http://jahurilatansamashiro.blogspot.com/
diakses pada tangga l 6 April 2016
[6]
Jahurilatansamashiro,”Makalah Pengertian dan Ruang Lingkup Teknologi
Pendidikan” dalam http://jahurilatansamashiro.blogspot.com/
diakses pada tangga l 6 April 2016
[7] Deni Darmawan, Teknologi
Pembelajaran. (Bandung:PT Remaja
Rosdakarya. 2012), hal. 7
[8] Umar Tirtaraharjda
dan La Sulo, Pengantar Pendidikan, (Jakarta:
PT RINEKA CIPTA, 2005), hal.241-242
[9] Eti Rochaety.dkk, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan,
(Jakarta:PT Bumi Akasara,2006) , hal.76-77
[10]Yunitasarimanalu “Peran Teknologi Dalam Perkembangan Pendidikan Di
Indonesia “ dalam https://yunitasarimanalu.wordpress.com/2013/04/12/peran-teknologi-dalam-perkembangan-pendidikan-di-indonesia/
di akses pada 06 April 2015.
terimakasihgan
ReplyDeletesukron katsir
ReplyDelete