Search This Blog

Tuesday 22 September 2015

MAKALAH PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PEMBELAJARAN

PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PEMBELAJARAN
DisusunGunaMemenuhiTugasMata Kuliah :
Teknologi Pembelajaran MI/SD
DosenPengampu :
Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd.

Disusun oleh :

1.    Isnaeniyatun Amaryani                              (1725143136)
2.    Istinganah                                                   (1725143138)
3.    Iva Faizatul Maghfiroh                              (1725143140)

KELAS PGMI 2-B
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) TULUNGAGUNG
2015


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikumWr. Wb.
Segalapujidansyukurkami haturkankepada Allah SWT, atasrahmat, taufik, sertahidayah-Nya. SholawatsertasalamtidaklupakepadajunjungkankitaRasulullah Muhammad SAW, sehinggapenyusunanmakalah yang berjudul “Pengembangan Pusat Sumber Belajar Sebagai Sarana Peningkatan Pembelajaran” dapatdiselesaikandenganbaikdantepatwaktu.
Kiranya dalam penulisan ini, kami menghadapi cukup banyak rintangan dan selesainya makalah ini tak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu tak lupa kami ucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu yaitu :
1.    Bapak Dr. Maftukhin, M.Ag. , selaku rektor IAIN Tulungagung
2.    Ibu Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. , selaku dosen pembimbing
3.    Dan semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan yang tidak dapat disebutkan satu-satu, kami ucapkan terima kasih.
Kamimenyadaribahwamasihbanyakkekuranganpadamakalahini. Olehkarenaitu,kamimengharapkankritikdan saran yang bersifatmembangun agar makalahinimenjadilebihbaiklagi.Kamiberharapmakalahinidapatmemberibermanfaatbagikita semua.
Wassalamu’alaikumWr. Wb.



            Tulungagung, Mei 2015


                                                                     Penyusun          




DAFTAR ISI
Halaman Sampul............................................................................................................. i
Kata Pengantar............................................................................................................... ii
Daftar Isi......................................................................................................................... iii
BAB I   :   PENDAHULUAN
A.  LatarBelakang Masalah........................................................................... 1
B.  PerumusanMasalah.................................................................................. 1
C.  Tujuan Penulisan..................................................................................... 2
D.  Batasan Masalah..................................................................................... 2
BAB II  :  PEMBAHASAN
A.  Pengertian Pusat Sumber Belajar............................................................ 3
B.  Fungsi Pusat Sumber Belajar.................................................................. 3
C.  Pengembangan Pusat Sumber Belajar sebagai Sarana Peningkatan Pembelajaran     4
D.  Tujuan Pengembangan Pusat Sumber Belajar......................................... 7
BAB III  : PENUTUPAN
A.  Kesimpulan............................................................................................. 8
B.  Saran....................................................................................................... 8
DAFTARRUJUKAN




BAB I
PENDAHULUAN
A.  LatarBelakang
Dalam sebuah proses pembelajaran antara peserta didik dan pendidik membutuhkan sumber belajar untuk menyampaikan materi yang telah direncanakan. Sumber belajar adalah segala sesuatu baik berupa data, orang atau benda yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas bagi peserta didik. Penggunaan sumber belajar dalam proses pembelajara sangatlah beragam, karena itu dealam sumber belajar ini terdapat pusat sumber belajar.
Pusat sumber belajar dari waktu ke waktu dituntut untuk selalu berkembang mengikuti kemajuan teknologi yang ada dan menyesuaikan dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran. Pengembangan sumber belajar ini sangatlah berperan dalam peningkatan pembelajaran yang berlangsung. Seperti contoh sederhana yaitu pada saat ini penggunaan proyektor dalam proses  dianggap sangatlah membantu pembelajaran, karena dengan proyektor peserta didik bisa melihat materi yang dipaparkan dan melihat gambar yang berkaitan dengan materi sehingga ada bayangan dalam benak peserta didik.
Dari uraian yanng tersebut di atas dapat disimulkan bahwa pengembangan pusat sumber belajar meruakan salah satu sarana yang digunakan oleh para pendidik dalam upaya ppeningkatan pembelajaran. Oleh karana itu kami mengangkat makalah dengan judul “pengembangan pusat sumber belajar sebagai saran peningkatan pembelajaran”.

B.  Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas kami simpulkan beberapa rumusan masalah yaitu
1.    Apa yang dimaksud dengan pusat sumber belajar?
2.    Apa fungsi pusat sumber belajar?
3.    Bagaimanapengembangan pusat sumber belajar sebagai sarana peningkatan pembelajaran?
4.    Apa tujuan pengembangan sumber belajar sebagai sarana peningkatan pembelajaran?
C.  Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk :
1.    Mengetahui definisi pusat sumber belajar.
2.    Mengetahui fungsi pusat sumber belajar.
3.    Mengetahui cara yang dilakukann dalam pengembanganpusat sumber belajar sebagai sarana peningkatan pembelajan.
4.    Mengetahui tujuanpengembanganpusat sumber belajar sebagai sarana peningkatan pembelajan.

D. Batasan Masalah
Didalam makalah ini hanya membahas mengenai pengertianpusat sumber belajar, macam kegiatan yang menunjang kegiatan pembelajaran, tujuan pengembangan sumber belajar sebagai sarana peningkatan pembelajaran.













BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pusat Sumber Belajar
Menurut asosiasi teknologi komunikasi pendidikan (AECT),sumber belajar adalah meliputi semua sumber baik berupa data, orang atau benda yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas belajar bagi peserta didik.
Sedangkan pusat sumber belajar merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dan lengkap, yang dirancang dan diatur secara khusus dengan  tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan, dan memenfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuknya baik secara indibvidual maupun kelompok. PSB di pandang sebagai suatu kegiatan yang terorganisasi, terdiri dari direktur PSB, staf, peralatan dan bahan-bahan pembelajaran yang ditempatkan dalam suatu lokasi yang mempunyai fasilitas khusus untuk perencanaan, pemmbuatan, penyajian, pengembangan dan pelayanan.[1] Jadi, PSB merupakan wahanayang memberikan fasilitas pada proses pembelajaran, di mana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, di kelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.

B.     Fungsi Pusat Sumber Belajar
Fungsi sumber belajar dalam pembelajaran yang ada pada saat ini, antara lain :
1.      Meningkatkanproduktivitaspembelajaran.
2.      Memberikankemungkinanpembelajran yang sifatnyalebih individual, sebabpenggunaansumberbelajar dalampembeajarandapatmemberikankesempatanbagisiswauntukberkembangsesuaidengankemapuanya.
3.      Memberikandasar yang lebihilmiahdalampembelajran. Hal inidapatdilakukandenganmerancangpembelajran yang sistematis.
4.      Memantapkanpembelajaran.
5.      Penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran dapat menembus batas geografis.
Sedangkan fungsi pusat sumber belajar itu sendiri antara lain sebagai berikut :
1.      Fungsi pengembangan sistem intruksional
Fungsi ini menolong jursan atau deartemen dan staf tenaga pengajar secara individual didalam membuat desain dan pemilihan pilihan untuk meningkatkan efektivitasdan efisiensi proses pembelajaran.
2.      Fungsi informasi
Ada beberapa sumbeer informasi yang dapat digolongkan menjadi usat sumber belajarseperti pusat komuter, bahan bacaan, radio, televisi, erorangan, lembaga dan sebagainya.
3.      Fungsi pelayanan media
Fungsi ini berhubungan dengan pembuatan rencana program media dan pelayanan pendukung yang dibutuhkan yang dibutuhkan oleh staf pengajar dan pelajar.
4.      Fungsi produksi
Fungsi ini berhubungan dengan penyediaan materi atau bahan intruksional yang tidak dapat diperoleh melalui sumber komersial.
5.      Fungsi administrasi
Fungsi ini berhubungan dengn cara-cara bagaimana tujuan dan prioritas program dapat tercapai.[2]

C.    Pengembangan Pusat Sumber BelajarSebagai Sarana Peningkatan Pembelajaran
MenurutBriggspengembanganpembelajaranitu harus memperhatikan padaprinsipkeselarasanantaralain :(1). Tujuan yang akandicapai, (2). Strategiuntukmencapainya, (3). Evaluasikeberhasilan.[3]
Dalammendasaindanmengembangkansuatupusatsumberbelajar, diperlukansuatu proses yang sistematisdansistemis .terdiridariempattahapanpengembanganpusatsumberbelajar, yaitu :
1.      Tahapananlisiskebutuhan
Tahapinimerupakantahapan awaldalam proses pengembangansumberbelajar . Padatahapinidilakukananalisismengenaiadanyaperbedeaanantarakeadaan yang diharapkandengankeadaan yang terjadi. Hasildarianalisisituadalahgambarannyatamengenaipengelolaandanpemberdayaansunber – sumberbelajar yang telahadaterhadappencapaiantujuandankompetensipembelajaran.
2.      Tahap pengembangan sarana kebutuhan
Selain pengembangan sarana, juga dilakukan pengembangan progam pusat  sumber belajar yang tentu saja berorientasi pada tujuan pusat sumber belajar. Dalam pengembangan progam, dibutuhkan adanya SDM yang berkualitas dan profesional. Hal ini dimaksudkan agar pengembangan progam bisa memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Sebagai contoh pengembangan progam adalah penambahan sumber belajar, berupa media dan bahan ajar yang berbentuk cetak ataupun no cetak.
3.      Tahap implementasi
Tahap implementasi pusat sumber belajar merupakan tahap aplikasi atau pendayagunaan pusat sumber belajar. Dalam pelaksanaanya, pusat sumber belajar yang akan digunakan hendaklah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan satuan pendidik atau lembaga yang akan mengembangkanya. Sebagai contoh, sebuah lembaga pendidikan yang memiliki tempat terbatas, maka dapat mendirikan dan mengembangkan pusat sumber belajarsecara bertahap, sesuaio dengan tempat yang tersedia. Untuk kemudian, setelah kemampuan lembaga tersebut bertambah, maka pengembangan pusat sumber belajardapat terus diulakukan.

4.      Tahap pengelolaan
Pengelolaan pusat sumber belajar adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan, pengembangan produksi, dan pemanfaatan sumber belajar serta upaya untuk terus dab memperbaiki dan meningkatkan sarana dan progam – progamnya.
Dalam melakukan pengembangan pusat sumber belajar yang diharapkan bisa menjadi sarana peningkatan pembelajaran seorang pendidik harus juga mampu memperhatikan 3 hal sebagai berikut:
1.      Mutu pendidikan
Sallis memandang mutu sebagai filosofis dan metodologis yang membantu institusi untuk merencanakan perubahan dan mengatur agenda dalam menghadapi tekanan – tekanan eksternal yang berlebihan. Sedang menurut Danimmutu mengandung makna derajat keunggulan suatu kerja atau hasil produk.[4]
2.      Peningkatan mutu pendidikan
Mutu pendidikan dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran yang disajikan oleh pendidik dan ketersediaan sarana dan prasarana pendukungnya.
3.    Upaya Peningkatan Pusat Sumber Belajar sebagai sarana peningkatan pembelajaran Mutu Pendidikan
Upaya untuk menghdupkan dan mengembangkan pusat sumber belajar sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Tidak hanya tugas pengurus / anggota dan institusi terkait, melainkan kita semua karena intiya usaha bersama menjaga atau mengembangkan ilmu pengetahuan, serta merevisi atau mengkaji ulang tujuan dari pusat sumber belajar, untuk mengintensifisikan hasil akan adanya proses pendidikan.



D.    Tujuan pengembangan pusat sumber belajar
1.      Tujuan Umum
PSB bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan dan proses pembelajaran melalui melalui pengembangan sistem intruksional.
2.      Tujuan Khusus
Sedangkan tujuan dari adanya PSB antara lain sebagai berikut :
a.       Menyediakan berbagai macam pilihn komunikasi untuk menyokong kelas tradisional.
b.      Mendorong penggunaan cara-cara belajar yang baru yang pling cocok untuk mencapai tujuan akademis.
c.       Memberikan pelayanan dan dalam perencanaan, produksi, operasional dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem intruksional.
d.      Melakukan latihan keada tenaga pendidik mengenai pengembangan sistem intruksional dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran.
e.       Memajukan penelitian yang perlu tentang penggunaan media pendidikan.
f.       Membantu mengembangkan standar pnggunaan sumber-sumber belajar.
g.      Menyediakan pelayanan penilaian untuk membantu menentukan efektivitas berbagai cara pembelajaran.[5]





BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
1.    Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit dan lengkap, yang dirancang dan diatur secara khusus dengan  tujuan menyimpan, merawat, mengembangkan, dan memenfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuknya baik secara individual maupun kelompok.
2.    Fungsi pusat sumber belajar antara lain :pengembangan sistem intruksional, informasi, pelayanan media, prduksi dan administrasi.
3.    Tahapan dalam PSB yang meliputi tahap analisis kebutuhan, tahap pengmbangan sarana kebutuhan, tahap imlementasi, tahap implemtasi, dan yang terakhir tahap pengelolaan. Sedang dalam melakukan PSB harus memperhatikan 3 hal yaitu : mutu pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, dan upaya pengembangan pusat sumber belajar sebagai sarana peningkatan pembelajaran.
4.    Secara umumPSB bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan dan proses pembelajaran melalui melalui pengembangan sistem intruksional. Sedangkan tujuan Khusus dari PSB itu sendiri antara lain menyediaakan berbagai pilihan komunikasi untuk menyokong kelas tradisional.

B.     SARAN
1.    Hendaknya makalah ini bisa menjadi salah satu acuan yang bisa digunakan oleh para pembaca.
2.    Untuk pemerintah hendaknya lebih memperhatikan pengadaan sumber belajar didaerah-daerah terpencil
3.    Untuk para calon pendidik hendaknya mampu memilih serta mampu mengembangkan pusat sumber belajaragar dapat meningkatkan pembelajaran. 
DAFTAR RUJUKAN
Komsiyah, indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
Lika, Umi, “Pengembangan Pusat Sumber Belajar Sebagai Sarana
Peningkatan Kualitas Peningkatan Pembelajaran”,  dalam http/umiilika.wordpress.com/2014/02/18/pengembangan-pusat-sumber-belajar-sebagai-sarana-peningkatan-kualitas-pembelajaran,  diakses 09 Mei 2015
Statment, Jurnal, “Pengembangan Pusat Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan” dalam 
http://www.jurnal-statment.com/media/index.php/journal/24-pengembangan-pusat-sumber-belajar-dalam-upaya-meningkatkan-mutu-pendidikan,diakses 09 Mei 2015
wulandhary, “Pusat Sumber Belajar” dalam













[1]Umi Lika, “Pengembangan Pusat Sumber Belajar Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Peningkatan Pembelajaran” dalam http/umiilika.wordpress.com/2014/02/18/pengembangan-pusat-sumber-belajar-sebagai-sarana-peningkatan-kualitas-pembelajaran, diakses 09 Mei 2015
[2]Wulandhary, “Pusat Sumber Belajar”dalam http://wulandhary.blogspot.com/2012/05/pusat-sumber-belajar.htmldiakses 12 Mei 2015
[3] Indah Komsiyah, BelajardanPembelajaran, (Yogyakarta: Teras, 2012), hal.22
[4]Jurnal Statment, “Pengembangan Pusat Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan” dalamhttp://www.jurnal-statment.com/media/index.php/journal/24-pengembangan-pusat-sumber-belajar-dalam-upaya-meningkatkan-mutu-pendidikan,diakses 09 Mei 2015
[5]Umi Lika, “Pengembangan Pusat Sumber Belajar Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Peningkatan Pembelajaran”,... diakses 09 Mei 2015

No comments:

Post a Comment

MAKALAH KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM / DOWNLOAD MAKALAH

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM MAKALAH DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM MI DISUSUN OLEH: ...