Search This Blog

Saturday, 9 February 2019

MAKALAH PENGARUH ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN / DOWNLOAD MAKALAH DAN PPT


PENGARUH ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN
MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Salah Satu Tugas Mata Kuliah:
Sosiologi Pendidikan
Dosen Pengampu :
Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd

Disusun oleh:
1.      Ismi Arum Fujiana            (1725143133)
2.      Layyin Adzqia Anwar      (1725143153)
3.      Mimin Eka Fitantri            (1725143177)
4.      Nikmaturrohmah               (1725143203)
5.      Nor Hestiyaningsih           (1725143216)
KELAS 2-B
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
TULUNGAGUNG
MEI 2015
KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya. Shalawat serta salam tidak lupa kami panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw sehingga penyusunan makalah yang berjudul “Mengajar” dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Kiranya dalam penulisan ini, kami menghadapi cukup banyak kendala dan selesainya makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu:
1.      Bapak Dr.Maftukhin, M.Ag selaku rektor IAIN Tulungagung yang telah memberi kesempatan untuk belajar di IAIN Tulungagung.
2.      Ibu Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan yang telah membimbing kami dalam penyusunan makalah ini.
3.      Semua pihak yang telah membantu menyelesaikan penulisan makalah ini.
Kami menyadari dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan pengetahuan yang kami miliki. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan. Semoga makalah ini bermanfaat untuk kita semua.



Tulungagung, Mei 2015
                                               
                                                                                                Penulis







DAFTAR ISI
Cover................................................................................................................ i
Kata Pengantar................................................................................................. ii
Daftar Isi........................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang...................................................................................... 1
B.  Rumusan Masalah................................................................................. 1
C.  Tujuan Masalah..................................................................................... 1
D.  Batasan Masalah................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian IPTEK.................................................................................. 3
B. Manfaat IPTEK..................................................................................... 3
C. Kedudukan IPTEK Dalam Pendidikan................................................. 4
D. Pengaruh IPTEK Terhadap Pendidikan................................................ 4
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................ 8
B. Saran...................................................................................................... 9
DAFTAR RUJUKAN


BAB I

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Dizaman yang sudah canggih ini tidak dapat dipungkiri bahwa banyak anak-anak zaman sekarang yang tidak mengenal teknologi. Bahkan dapat dikatakan ketinggalan zaman jika tidak mengerti tentang teknologi. Teknologi memang dapat digunakan untuk mempermudah segala hal, khususnya dalam proses pembelajaran, misalnya teknologi dapat membantu guru mempermudah dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswanya dalam mengembangkan pengetahuannya. Tapi dilain sisi jika teknologi disalah gunakan juga akan membawa dampak yang kurang baik bagi anak, contohnya penggunaan internet yang disalahgunakan untuk mengakses hal-hal yang tidak mendidik. Untuk itu diperlukan adanya pendidikan tentang IPTEK agar anak dapat mengetahui tentang kegunaan teknologi secara baik dan tepat guna, sehingga dapat membantu proses belajarnya.
B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana pengertian IPTEK ?
2.      Apa manfaat IPTEK ?
3.      Bagaimana kedudukan IPTEK dalam pendidikan?
4.      Bagaimana pengaruh IPTEK terhadap pendidikan ?
C.     Tujuan Pembahasan Masalah
1.      Untuk mengetahui pengertian pendidikan IPTEK
2.      Untuk mengetahui manfaat pendidikan IPTEK
3.      Untuk mengetahui kedudukan IPTEK dalam pendidikan
4.      Untuk mengetahui pengaruh IPTEK terhadap pendidikan
D.    Batasan Masalah
Makalah ini hanya membahas tentang pengertian IPTEK, manfaat IPTEK, kedudukan IPTEK dalam pendidikan, pengaruh IPTEK terhadap pendidikan





BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian IPTEK
IPTEK merupakan akronim dari ilmu, pengetahuan, dan teknologi, yang ketiga kata tersebut mempunyai arti yang berbeda.
Ilmu adalah suatu pemahaman tentang suatu pengetahuan, yang memiliki fungsi untuk mencari, menyelidiki, dan menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga merupakan suatu pengetahuan yang teleh teruji kebenarannya. misalnya, pengetauan tentang sikap dan prilaku manusia sebagai mahluk sosial, kemudian pengetahuan itu di selidiki oleh para ahli menggunakan metode-metode tertentu, dan ternyata pengetahuan tersebut memang benar bahwa manusai itu mahluk sosial, maka dari itu pengetahuan tersebut dikatakan sebagai ilmu yaitu ilmu sosial.
Pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui atau disadari seseorang yang didapat dari pengalamannya. pengetahuan tidak bisa dikatakan sebagai sebuah ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncur dikarenakan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Teknologi merupakan suatu penemuan melalui proses metode ilmiah untuk mencapai tujuan yang maksimal. teknologi juga dapat diartikan sebagai sarana manusia untuk menyediakan kebutuhan.
Dengan demikian, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.[1]
B.     Manfaat IPTEK
Khususnya dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan IPTEK, yaitu  :
1.   Pembelajaran menjadi lebih efektif, simulatif dan menarik
2.   Dapat menjelaskan sesuatu yang sulit / Kompleks
3.   Mempercepat proses yang lama
4.   Menghadirkan peristiwa yang jarang terjadi
5.   Menunjukkan peristiwa yang berbahaya atau diluar jangkauan
C.     Kedudukan IPTEK Dalam Pendidikan
      Menurut Reigelut (2000) peran teknologi dalm pendidikan adalah bahwa teknologi merupakan cara manusia untuk berinteraksi antara lingkungan alami ( natural ) dan lingkungan ari fisial ( arti ficial ). Sears dan Hersh (2000) memandang bahwa teknologi sangat terkait dengan pendidikan, mereka mengatakan jika kita memandang teknologi pendidikaan sebagai jaringan hubungan antara siswa, guru dan lingkungan, maka jelaslah bahwa hubungan-hubungan ini secara luas terdefinisikan melalui keberadaan teknologi pembelajaran.
Teknologi mulai diterapkan dalam pendidikan karena adanya pandangan bahwa science diyakini dapat meningkatkan kualitas hidup manusia, berbagai macam produk tenologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran berbasis TIK.
D.    Pengaruh IPTEK terhadap pendidikan
       Beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan Teknologi terkait dengan dunia Pendidikan yaitu ;
1.      Dampak Positif
a.       Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan lain-lain.
b.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
c.        Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
d.       Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan teknologi.
e.       Pemenuhan  kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat.
2.      Dampak Negatif
Disamping dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain ;
a.       Siswa menjadi malas belajar
b.      Terjadinya pelanggaran Asusila.
c.       Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar.
d.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.
e.       Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam
f.       Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
g.      Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.
Disatu sisi telah terjadi perkembangan yang sangat baik sekali di aspek telekomunikasi,namun pelaksanaan pembangunan IPTEK masih belum merata. Masih banyak masyarakat kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi tersebut.Hal itu dikarenakan tingginya biaya pendidikan yang harus mereka tanggung. Maka dari itu, pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi masalah-masalah tersebut, agar peranan IPTEK dapat bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada.
Perkembangan Iptek disamping bermanfaat untuk kemajuan hidup Indonesia juga memberikan dampak negatif. Hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan IPTEK untuk menekan dampaknya seminimal mungkin, antara lain :
a.       Menjaga keserasian dan keseimbangan dengan lingkungan setempat.
b.      Teknologi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya permasalahan di tempat itu.
c.       Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.[2]




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      IPTEK adalah suatu ilmu yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan manusia.
2.      Manfaat IPTEK adalah untuk membantu mempermudah mengerjkan sesuatu hal dengan lebih ceapt dan efisien
3.        
B.     Saran






















DAFTAR RUJUKAN
Prasetiawan, “Pendidikan” dalam http://prasetiawan03.blogspot.com/2013/03/pengertian-        iptek.html diakses tanggal 22 Mei 2015
Sri Sudarsini, “Dampak Perkembangan Iptek Terhadap Dunia Pendidikan” dalam                                 http://darshenie.blogspot.com/2012/11/dampak-perkembangan-iptek-terhadap.html diakses tanggal 22 Mei 2015



     [1] Prasetiawan “Pendidikan” dalam http://prasetiawan03.blogspot.com/2013/03/pengertian-iptek.html diakses tanggal 22 Mei 2015
     [2] Sri Sudarsini “Dampak Perkembangan Iptek Terhadap Dunia Pendidikan” dalam http://darshenie.blogspot.com/2012/11/dampak-perkembangan-iptek-terhadap.html  diakses tanggal 22 Mei 2015





DOWNLOAD COVER DISINI

DOWNLOAD PEMBAHASAN DISINI

DOWNLOAD PPT DISINI

No comments:

Post a Comment

MAKALAH KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM / DOWNLOAD MAKALAH

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM MAKALAH DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM MI DISUSUN OLEH: ...