Search This Blog

Monday 4 June 2018

MAKALAH SEJARAH PERADABAN ISLAM : ISRA’ MIKRAJ DAN HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KE YATSRIB


ISRA’ MIKRAJ DAN HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KE YATSRIB

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah :
Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam MI

Dosen Pengampu :
Moh. Mashudi, M. Pd. I


OLEH
KELOMPOK 4

1.        NINA LUTFIANA                                (1725143208)
2.        ISTINGANAH                                       (1725143138)
3.        NOVA SANTOSO                                 (1725143217)
4.        ISMATUL KHOIRIYAH                     (1725143132)


KELAS          :  VI  B


JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) TULUNGAGUNG
2017
ISRA’ MIKRAJ
Oleh: Nina Lutfiana (1725143208)
Pada suatu malam Nabi Muhammad SAW berada di Hijir Ismail dekat Ka‟bah al Musyarrofah, saat itu beliau berbaring diantara paman beliau, Sayyiduna Hamzah dan sepupu beliau, Sayyiduna Jakfar bin Abi Thalib, tiba-tiba Malaikat Jibril, Mikail dan Israfil menghampiri beliau lalu membawa beliau ke arah sumur zamzam, setibanya di sana kemudian mereka merebahkan tubuh Rasulullah untuk dibelah dada beliau oleh Jibril AS.
Dalam riwayat lain disebutkan suatu malam terbuka atap rumah Beliau saw, kemudian turun Jibril AS, lalu Jibril membelah dada beliau yang mulya sampai di bawah perut beliau, lalu Jibril berkata kepada Mikail: “Datangkan kepadaku nampan dengan air zam-zam agar aku bersihkan hatinya dan aku lapangkan dadanya”. Dan perlu diketahui bahwa penyucian ini bukan berarti hati Nabi kotor, tidak, justru Nabi sudah diciptakan oleh Allah dengan hati yang paling suci dan mulya, hal ini tidak lain untuk menambah kebersihan diatas kebersihan, kesucian diatas kesucian, dan untuk lebih memantapkan dan menguatkan hati beliau, karena akan melakukan suatu perjalanan maha dahsyat dan penuh hikmah serta sebagai kesiapan untuk berjumpa dengan Allah SWT. Kemudian Jibril AS mengeluarkan hati beliau yang mulya lalu menyucinya tiga kali, kemudian didatangkan satu nampan emas dipenuhi hikmah dan keimanan, kemudian dituangkan ke dalam hati beliau, maka penuhlah hati itu dengan kesabaran, keyakinan, ilmu dan kepasrahan penuh kepada Allah, lalu ditutup kembali oleh Jibril AS.
Setelah itu disiapkan untuk Baginda Rasulullah binatang Buroq lengkap dengan pelana dan kendalinya, binatang ini berwarna putih, lebih besar dari himar lebih rendah dari baghal, dia letakkan telapak kakinya sejauh pandangan matanya, panjang kedua telinganya, jika turun dia mengangkat kedua kaki depannya, diciptakan dengan dua sayap pada sisi pahanya untuk membantu kecepatannya. Saat hendak menaikinya, Nabi Muhammad merasa kesulitan, maka meletakkan tangannya pada wajah buroq sembari berkata: “Wahai buroq, tidakkah kamu merasa malu, demi Allah tidak ada Makhluk Allah yang menaikimu yang lebih mulya daripada dia (Rasulullah)”, mendengar ini buroq merasa malu sehingga sekujur tubuhnya berkeringat, setelah tenang, naiklah Rasulullah keatas punggungnya, dan sebelum beliau banyak Anbiya‟ yang menaiki buroq ini.
Dalam perjalanan, Jibril menemani disebelah kanan beliau, sedangkan Mikail di sebelah kiri, menurut riwayat Ibnu Sa‟ad, Jibril memegang sanggurdi pelana buroq, sedang Mikail memegang tali kendali. (Mereka terus melaju, mengarungi alam Allah SWT yang penuh keajaiban dan hikmah dengan Inayah dan RahmatNya), di tengah perjalanan mereka berhenti di suatu tempat yang dipenuhi pohon kurma, lantas malaikat Jibril berkata: “Turunlah disini dan sholatlah”, setelah Beliau sholat, Jibril berkata: “Tahukah anda di mana Anda sholat?”, “Tidak”, jawab beliau, Jibril berkata: “Anda telah sholat di Thoybah (Nama lain dari Madinah) dan kesana anda akan berhijrah”.
Kemudian buroq berangkat kembali melanjutkan perjalanan, secepat kilat dia melangkahkan kakinya sejauh pandangan matanya, tiba-tiba Jibril berseru: “berhentilah dan turunlah anda serta sholatlah di tempat ini!”, setelah sholat dan kembali ke atas buroq, Jibril memberitahukan bahwa beliau sholat di Madyan, di sisi pohon dimana dahulu Musa bernaung dibawahnya dan beristirahat saat dikejar-kejar tentara Firaun. Dalam perjalanan selanjutnya Nabi Muhammad turun di Thur Sina‟, sebuah lembah di Syam, tempat dimana Nabi Musa berbicara dengan Allah SWT, beliau pun sholat di tempat itu. Kemudian beliau sampai di suatu daerah yang tampak kepada beliau istana-istana Syam, beliau turun dan sholat disana. Kemudian Jibril memberitahukan kepada beliau dengan berkata: “Anda telah sholat di Bait Lahm (Betlehem, Baitul Maqdis), tempat dilahirkan Nabi Isa bin Maryam”. Di Baitul-Lahmi inipun Beliau turun dan melakukan solat, kemudian perjalan diteruskan dan tidak lama sampailah ke Baitul Maqdis. Di Baitul Maqdis ternyata telah berkumpul para Nabi terdahulu, menantikan kedatangan Beliau. Di Baitul Maqdis bersolat berjama’ah dengan para Nabi terdahulu sebagai Imam solat.
Seterusnya dalam perjalanan, Beliau menyaksikan dengan sekelompok manusia yang bercocok tanam dan seketika dapat di tuai (dipetik) hasilnya. Nabi pun merasa hairan lalu bertanya kepada Jibril?….Jibril menjawab: Mereka adalah ibarat umat tuan yang suka menginfaqkan harta bendanya untuk menegakkan kalimah Allah, mensyi’arkan keagungan Allah dan beramal solih.
Kemudian dalam perjalanan seterusnya Beliau mencium bau yang sangat menyusuk hidung, Beliau bertanya Jibril?…. Jibril menjawab: Ini adalah bau Masyithah (Tukang gunting di istana Fir’aun) sekeluarga yang merelakan diri mereka di ceburkan ke dalam belanga yang berisi timah mendidih oleh Fir’aun lantaran keteguhan Iman mereka kepada Allah dan tidak mengakui Fir’aun sebagai Tuhan.
Selanjutnya dalam perjalanan itu Beliau melihat segulongan manusia yang memukul-mukul kepalanya sendiri sehingga hancur luluh, akan tetapi sekejap kemudian kepalanya utuh kembali, lalu dihancurkan semula, demikianlah seterusnya. Nabi s.a.w lalu bertanya kepada Jibril?.. Jibril menjawab: Mereka adalah perumpamaan segulongan umat tuan yang suka melengah-lengah (mengulur-ulur) waktu solat, sampai akhirnya habis waktu yang di tentukan.
Selanjutnya dalam perjalanan Beliau melihat orang-orang yang memakan kayu berduri serta batu panas yang membara dari neraka Jahannam. Lalu Beliaupun bertanya Jibril?..Jibril menjawab: Mereka adalah perumpamaan orang-orang yang tidak mau mengeluarkan zakatnya. Jelas mereka termasuk orang yang menganiaya diri sendiri. Selanjutnya dalam perjalanan Nabi s.a.w melihat segolongan manusia yang masing-masingnya menghadapi dua buah mangkok, mangkok yang satu berisi daging yang sudah dimasak dan yang satunya lagi berisi daging mentah. Akan tetapi anehnya mereka lebih suka memakan daging yang mentah. Bertanya Nabi s.a.w kepada Jibril?..Jibril menjawab: Mereka adalah gambaran diantara umat yang senang berbuat zina. Mereka sebenarnya telah mempunyai isteri yang sah, akan tetapi mereka senang melepaskan nafsu syahwatnya dengan perempuan lain yani berzina. Demikianlah pula yang perempuan melacurkan dirinya.
Selanjutnya dalam perjalanan Nabi s.a.w menyaksikan pula ada kayu yang berduri melintang di tengah jalan. Sesiapa yang melaluinya pasti akan ditarik dan dikaitnya sehingga pakaian akan koyak. Nabi s.a.w bertanya kepada Jibril?…Dijawab oleh Jibril: Itulah suatu perumpamaan dari golongan umat yang suka membuat kekacauan dan suka duduk-duduk ditepi jalan, sehingga menggangu orang-orang yang melewati jalan itu. Selanjutnya Nabi s.a.w menyaksikan orang-orang yang berenang dalam sungai darah, lalu mereka di lempari dengan batu, akan tetapi kemudian batu-batu itu mereka makan. Nabi s.a.w bertanya kepada Jibril?..Dijawab oleh Jibril: Mereka perumpamaan segolongan manusia yang suka memakan riba dan duit haram.
Tidak lama kemudian Nabi s.a.w menyaksikan seorang lelaki yang memikul beban (kayu), tetapi tidak kuat berjalan, anehnya beban itu semakin bertambah dan begitulah seterusnya sehingga orang itu kepayahan dan terseksa. Nabi s.a.w bertanya kepada Jibril?..Jawab Jibril: Dialah gambaran orang yang suka menerima amanat orang lain tetapi tidak mau menunaikan (menyampaikannya) kepada yang berhak. Selanjutnya dalam perjalanan itu Nabi menyaksikan orang-orang yang memotong lidah dan bibirnya dengan gunting besi, seketika itu utuh kembali, namun segera pula di gunting lagi, begitulah seterusnya, sehingga mereka merasa penderitaan yang amat berat. Nabi s.a.w. bertanya kepada Jibril?..Jibril menjawab: Mereka adalah perumpamaan dari golongan manusia yang suka memberi nasihat kepada orang lain untuk membuat baik, tetapi ia sendiri tidak pernah melakukan kebaikan seperti yang di nasihatkan kepada orang lain.
Selanjutnya Nabi s.a.w menyaksikan manusia yang tengah mencakar-cakar wajahnya dan dadanya dengan kukunya sendiri yang telah berubah menjadi kuku tembaga. Nabi s.a.w bertanya kepada Jibril? Jawab Jibril: Mereka adalah perumpamaan orang-orang yang suka menceritakan keaibpan (keburukan), rahsia, kecacatan dan kejelekan orang lain, dengan membesar-besarkannya kepada orang lain. Selanjutnya Nabi s.a.w menyaksikan sekelompok manusia yang mempunyai bibir seperti unta, lalu disuapkan bara kedalam mulutnya. Ini adalah contoh bagi mereka yang memakan harta anak yatim dengan jalan salah. Selanjutnya Nabi s.a.w menyaksikan saekor lembu besar keluar dari lubang yang sangat sempit lalu ia berusaha untuk memasukinya kembali tetapi tidak berjaya. Itu adalah contoh bagi mereka yang bercakap besar dan dusta, lalu ia ingin menarik kembali percakapannya itu tetapi tidak berpeluang lagi.
Menyaksikan sekelompok wanita yang di gantung buah dadanya sambil mereka menjerit-jerit meminta pertolongan. Ini adalah gambaran wanita yang menyusukan anak mereka hasil dari berzina dengan lelaki yang bukan suaminya. Menyaksikan sekelompok wanita yang di gantung rambutnya diatas api neraka sehingga mendidih otak di kepalanya. Ini adalah gambaran balasan kerana mereka tidak mahu menutup aurat di kepala dari di pandang lelaki yang bukan mahramnya.
Menyaksikan sekelompok wanita yang digantung lidahnya diatas api neraka lalu dituangkan air panas ke dalam mulutnya. Ini adalah gambaran balasan kerana mereka selalu menyakiti hati suaminya dan bercakap dengan suara yang kasar serta tinggi. Itulah sebahagian riwayat-riwayat yang sering kita temui dalam kitab-kitab kisah Isra’ Mi’raj yang meskipun oleh para Ilmu Agama dikatakan bersumber dari keterangan yang lemah, namun yang jelas isinya merupakan peringatan untuk kita berhati-hati di dalam kehidupan dunia[1].

MASYARAKAT YATSRIB SEBELUM HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW
Oleh : Istinganah (1725143138)

Yatsrib merupakan nama lain kota Madinah. Wilayah Yatsrib dikelilingi gunung berapi yang subur tanahnya. Sehingga menjadi pusat pertanian dan jalur perdagangan yang ramai. Kota Yatsrib merupakan daerah persawahan dan perkebunan, hasil terbesarnya adalah kurma dan anggur. Masyarakatnya juga beternak seperti unta, sapi kambing dan kuda. Selain itu mereka juga berdagang. Mata uang yang digunakan disana adalah Dirham dan Dinar, namun adakalanya mereka berdagang dan melakukan jual beli dengan cara tukar menukar barang (barter).
Penduduk Yatsrib sebagaian besar merupakan pendatang. Sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw., terdapat tiga suku besar dari agama Yahudi di Yatsrib di ataranya suku Bani Qainuqa’, Bani Nadhir, dan Bani Quraizhah.
Selain suku Yahudi terdapat pula suku dari bangsa Arab yang menetap di sana, di antaranya yaitu suku Aus dan Khazraj. Mereka beribadah dengan cara menyembah berhala.
Pada awalnya suku-suku di Yatsrib hidup dengan rukun, damai dan penuh rasa kasih sayang. Mereka juga memiliki sifat-sifat terpuji diantaranya memiliki sifat yang berani, dermawan, setia, rela berjuang, sabar dan jujur. Selain itu mereka juga senang menerima tamu.
Namun selanjutnya mulai timbul saling curiga dan saling ancam. Perselisihan terjadi antara dua suku besar dari bangsa Arab, yaitu suku Aus dan Khazraj. Mereka diadu domba oleh suku Yahudi sehingga kehidupan masyarakatpun menjadi tidak teratur. Sangat sulit untuk menjalin persatuan di bawah satu pemerintahan yang mengatur semua kabilah.
Yang menjadi penyebab utama perselisihan salah satunya adalah masalah ekonomi. Terkadang mereka juga sering memperebutkan daerah yang subur dan kekuasaan. Namun dua suku tersebut dapat bersatu ketika melawan Yahudi. Meskipun kerukunan belum begitu terjalin hingga kedatangan Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.[2]

HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW. KE YATSRIB
Oleh :
Nova Santoso
NIM. 1725143217
A.           Peristiwa Hijrah ke Yatsrib
Dengan meninggalnya abu thalib dan khadijahrosulullah menghadapi berbagai macam bahaya dan cobaan yang didatangkan oleh kaum kafir quraisy dan pemimpin pemimpin kota lainnya. Diantara peristiwa yang sangat menyakitkan adalah peristiwa yang dialami oleh Nabi Saw. di Thaif.
Setelah peristiwa itu nabi menjuruskan dakwahnya kepada para jemaah jemaah haji dari seluruh penjuru arab. Diperkenalkannya dirinya serta diperkenalkan pula seruan islam dan pokok pokok agama baru itu kepada mereka.[3]
Ketika berada di Aqabah, nabi bertemu dengan sekelompok orang dari kabilah kharaj yang berasal dari madinah. Beliau mengajak mereka untuk menyembah Allah, menjelaskan tentang islam kepada mereka serta membacakan Al-Quran. Kabilah kharaj bertetangga dengan yahudi dimadinah. Mereka telah mendengar dari kaum yahudi bahwa akan datangnya nabi yang sudah dekat dengan masa kalian. Sebagian dari mereka kemudian berkata kepada sebagian yang lain bahwa “wahai kaum ! kalian mengetahui, demi Allah bahwa orang ini adalah nabi yang telah dikabarkan kaum yahudi kepada kalian. Maka jangan sampai kalian didahului oleh mereka, sambut dia, berimanlah kepadanya.” Maka pada musim haji berikutnya datanglah 12 orang dari yatsrib menemui rosululloh di aqabah. Mereka membaiat kepada rasululloh untuk bertauhid, menahan diri dari mencuri, berzina dan membunuh anak-anak mereka, serta taat dalam kebaikan (Bai’atul Aqabah Pertama). Nabi mengutus Mush’ab bin ‘umair untuk ikut ke yatsrib bersama rombongan guna menyebarkan dakwah islam disana.
Pada tahun berikutnya, Mush’ab kembali ke makkah bersama dengan 75 anshar melaksanakan ibadah Haji serta bertemu Rasulullah di lereng Aqabah. Maka dalam pertemuan ini Rasulullah meminta baiat dari kaum anshar untuk melindungi nya sebagaimana mereka melindungi istri dan anak anaknya.
Ketika Rasulullah telah membaiat kaum anshar untuk membela islam dan melindungi beliau serta pengikutnya. Maka Nabi saw. Langsung menginstruksikan agar para sahabatnya untuk segera berhijrah ke Yastrib, sejak saat itu kota Mekah menjadi kosong dari populasi muslim. Yang tersisa hanya Nabi saw., Abu Bakar, dan Ali bin Abi Thalib. Sebenarnya Abu Bakar pun sudah berniat untuk mengikuti jejak orang-orang muslim yang telah berhijrah sebelumnya, Namun ketika ia meminta izin kepada Nabi saw. akan maksud itu, Nabi menjawab dengan cara sungguh-sungguh, mengingat situasi yang semakin kritis. Nabi mengatakan kepada Abu Bakar “jangan tergesah-gesah, mudah-mudahan Allah swt. Memberimu seorang teman”. Pernyataan tersebut membuat Abu Bakar sangat gembira, karena dia berharap mudah-mudahan teman yang dimaksud Nabi saw. adalah dirinya sendiri. Ungkapan Nabi saw. dan harapan Abu Bakar tersebut menunjukkan bahwa keputusan hijrahnya Nabi saw. ke Madinah sangat rahasia, sehingga sahabat terdekatnyapun nyaris tidak mengetahuinya. Bahkan sebagian besar dari pengikutnya memperkirakan bahwa Nabi saw. akan tetap di Mekah melanjutkan perjuangannya, setelah memerintahkan pengikutnya untuk berhijrah.
Sementara itu berita-berita yang ilato dari yatsrib semakin menghawatirkan Quraisy, sebab kaum muhajirin semua telah berkumpul di Yatsrib dan penduduk negeri tersebut menyambutnya dengan penuh kemuliaan. Kenyataan ini membuat orang-orang Quraisy menjadi curiga jangan-jangan Muhammad juga akan keluar dari Mekah bergabung dengan sahabat-sahabatnya di sana. Dengan ilator ini, mereka pun mengadakan pertemuan di Dar al-Nadwa dan memutuskan Muhammad harus dibunuh beramai-ramai. Pertemuan tersebut diabadikan oleh Allah dalam Q.S. al-Anfal/8: 30 “Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya”.
Setelah kesepakatan kaum Quraisy untuk menghabisi nyawa Rasulullah saw. maka Malaikat Jibril ilato menemui Nabi dan mengabarkan kepadanya tentang persekongkolan kaumnya. Dia menyuruh Nabi untuk segera pergi meninggalkan rumanya dan menetapkan waktu untuk berhijrah. Setelah itu Nabi saw. pun pergi ke rumah Abu Bakar untuk menyampaikan bahwa Allah telah mengizinkannya untuk berhijrah sambil merancang strategi perjalanannya. Di sinilah dimulainya kisah yang paling cemerlang dan indah yang pernah dikenal manusia dalam sejarah mencari kebenaran dan mempertahankan keyakinan dan keimanan yang penuh resiko dan bahaya.
Setelah matahari terbenam, malam telah mencapai keheningan, pemuda-pemuda yang sudah dipersiapkan Quraisy untuk membunuh Nabi saw. sudah mengepung rumahnya. Pada saat-saat yang kritis itu Nabi menyampaikan kepada Ali bin Abi Thalib untuk tidur di tempat tidurnya dengan menggunakan selimut yang biasa dipakainya. Kemudian Nabi saw. keluar rumah menyibak kepungan mereka. Para pembunuh bayaran ini tidak melihat Nabi sedikit pun, karena Allah telah membutakan mereka sehingga mereka tidak bisa melihat, sebagaimana yang dijelasakan dalam al-Qur’an Q.S. Yasin/36 : 9 “Dan kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat Melihat.”[4]
 Rasulullah saw. meninggalkan rumah pada malam hari tanggal 27 shafar tahun 14 Nubuwah, lalu menuju rumah Abu Bakar kemudian pergi meninggalkan Mekah melewati jalur selatan, jalur yang berlawanan dengan jalur utama ke Madinah yang mengarah ke utara. Keduanya menempuh jalan ini sekitar lima mil hingga tiba di gunung Tsaur lalu kemudian memasuki seguah gua yang berada di puncak gunung yang di sebut gua Tsaur. Nabi dan Abu Bakar bersembunyi di Gua tersebut selama tiga malam.
Setelah keadaan sudah sedikit stabil Nabi saw. bersama Abu Bakar beserta seorang penunjuk jalan, melanjutkan perjalanan menuju ke selatan melewati Tihamah dekat pantai Laut Merah, sebuah jalan yang tidak biasa dilalui oleh orang. Mereka berjalan dengan panas membara di tengah padang pasir, namun kesulitan itu tidak lagi dihiraukan. Hanya dengan ketenangan Hati kepada Allah dan adanya kedip bintang di gelap malam membuat hati dan perasaan mereka terasa lebih aman.
Pada hari senin 8 Rabiul awal tahun ke 14 dari nubuwah, atau tahun pertama dari hijrah, bertepatan dengan 23 September 622 M., Rasulullah saw. tiba di Quba. Dia berada di Quba selama empat hari, di ilator ini Nabi saw. membangun sebuah masjid dan shalat di dalamnya. Inilah masjid pertama yang didirikan atas dasar taqwa setelah nubuwah. Kemudian pada hari jum’at Nabi saw. melanjutkan perjalanan, dan seusai shalat jum’at Nabi Muhammad saw. memasuki Madinah. Sejak masa itulah Yastrib dinamakan Madinatun-nabi, atau disingkat dengan Madinah. Inilah hari yang sangat monumental, semua rumah, dan jalan ramai dengan suara tahmid dan taqdis sementara anak-anak gadis mereka mendendangkan bait-bait syair karena senang dan gembira.
Tidak satupun tempat yang dilalui, melainkan penghuninya meminta Nabi saw. untuk singgah di rumahnya, namun onta Nabi Muhammad saw. terus berjalan hinggga sampai di sebuah kebun tempat penjemuran korma, di situlah ontanya berhenti, hingga Nabi saw. turun dari ontanya. Di tempat inilah Nabi saw. mendirikan Masjid Nabawi sekaligus juga menjadi tempat tinggalnya.
B.            Faktor atau Latar Belakang Peristiwa Hijrah         
1.        Wafatnya Dua Tokoh Pendukung Dakwah
Tahun 10 kenabian, Rasullulah kehilangan 2 tokoh utama yang mendukung dakwahnya, yaitu istrinya Khadijah dan pamannya Abu Thalib yang disegani kaum Quraisy. Hal tersebut menyebabkan kaum Quraisy di mekah semakin berani menentang dakwah nabi. Sehingga kedudukan nabi semakin terancam dan menjadi sasaran niat buruk kaum Quraisy.[5]
2.        Penyiksaan Terhadap Umat Islam
Perlakuan kaum Quraisy terhadap umat Islam semakin kejam, terutama pada golongan budak atau hamba yang telah memeluk islam. Bahkan Rasullulah sendiri terkandang menjadi sasaran mereka. Mulai tahun 617 M sampai 620 M seluruh muslim dan kaum Bani Hasyim di diskriminasi dari segi ilato, ekonomi, dan politik. Mereka dikucilkan dan dilarang berhubungan dengan seluruh masyarakat Mekah diluar musim haji. Disinilah umat Islam mendapatkan Ujian dan Penderitaan yang sangat pedih.
3.        Pimpinan Quraisy Akan Membunh Nabi
Hal utama yang menjadi latar belakang nabi Muhammad hijrah ke Madinah adalah persekongkolan para pemimpin Quraisy yang mengadakan perundingan di Darul Nadwah dengan keputusan untuk membunuh nabi. Tentu hal ini sangat mengancam Rasullulah jika terus berada di mekah. Hal ini di jelaskan dalam Al-Quran surat Al Anfal ayat 30.[6]
4.        Bai’ah Aqabah
Saat Bai’ah Aqabah ke-2 ada permintaan dari para pemimpin madinah supaya Nabi Muhammad menjadi pemimpin utama mereka. Dalam ikrar tersebut mereka juga berjanji akan berjuang bersama Nabi dan akan mempertahankan Nabi Muhammad. Sehingga, nabi merasa bahwa waktunya sudah tiba bagi umat Islam untuk hijrah meninggalkan kota mekah yang penuh kejahilliyahan. [7]
5.        Penentangan Dakwah Di Mekah
Nabi Muhammad merasa bahwa Kota Mekah sudah tidak kondusif untuk perkembangan Islam, karena dalam 13 tahun Rasullulah berdakwah selalu menerima berbagai penentangan.
6.        Gagalnya Seruan Islam di Thaqif
Rasullulah bersama Zaid bin Haritshah pernah menyampaikan dakwah tentang agama Isalam ke Thaqif. Namun tanggapannya sangat buruk, yaitu hinaan, ejekan hingga lemparan batu yang diterima. Hal tersebut ilator belakangi kedekatan pemimpin Bani Thaqif dengan pimpinan Quraisy di Mekah. Kegagalan dakwah tersebut membuat nabi Muhammad memindahkan tujuan Hijrah menuju Madinah[8]
7.        Banyak Umat Islam Di Madinah
Peristiwa bai’ah aqabah melatarbelakangi penyebaran islam di madinah secara cepat, karena mereka yang terlibat berdakwah dan menyebarkan islam pada keluarga mereka. Sehingga Madinah cocok sebagai pusat penyebaran dan dakwah agama islam.[9]
8.        Masyarakat Madinah Mudah Menerima Ajaran Islam
Masyarakat madinah yang memeluk agama samawi yang telah mengenal konsep ketuhanan dan mengenal norma baik dan buruk. Selain itu Keluarga dari Nabi Muhammad dari keluarga ibu tinggal di Madinah, yaitu Abdul Muttalib dan Bani Najjar. Itulah yang melatar belakangi masyarakat Madianh lebih mudah menerima ajaran Islam.[10]
9.        Lokasi Madinah Yang Strategis
Madinah berada di jalur perdagangan antara Yaman yang berada di selatan dengan Syam yang berada di utara. Lokasi inilah yang dapat menjadidkan Madinah menyaingi kota Mekah sebagai  pusat perdagangan. Hingga para kafilah Quroisy terpaksa melaui kota Madinah jika ada urusan dengan Syam (Palestina).

KISAH PETUALANGAN RASULULLAH SAW KE YATSRIB
Oleh : Ismatul Khoiriyah (1725143132)

A.      Kronologi Hijrah Rasulullah Saw Ke Yatsrib
Dalam perjalanan hijrah Rasulullah SAW ke Yatsrib terdapat beberapa peristiwa penting yang melatarbelakangi runtutan peristiwa hijrah Nabi SAW tersebut yakni sebagai berikut:
1.    Sehari Sebelum Hijrah
Inti dari peristiwa pada sehari sebelum Hijrah sebagai berikut :
a.    Musyrikin Mekah berbincang menghalangi Rasulullah berpindah ke Madinah
b.    Mengambil keputusan membunuh Rasulullah ketika sedang tidur
Bukti penjelas peristiwa tersebut :
Berita tentang penduduk Yatsrib yang telah banyak memeluk agama Islam akhirnya diketahui oleh orang-orang kafir Quraisy. Orang-orang kafir itu juga telah mengetahui bahwa sebagian kaum muslimin telah berhijrah ke Yatsrib. Mereka semakin khawatir kalau Islam akan berkembang menjadi besar di Yatsrib. kaum Musyrikin Quraisy dilanda ketakutan dan kekhawatiran yang tak terduga. Mereka memikirkan dampak yang akan mengancam paganisme dan perekonomian mereka atas bahaya besar yang sedang mereka hadapi.[11] Karena itu mereka sepakat untuk membunuh Rasullah SAW.
Pada hari kamis, tanggal 26 Safar tahun ke-14 kenabian bertepatan tanggal 12 September 622 M. Para pemuka Quraisy mengadakan pertemuan di suatu tempat bernama Darun Nadwah untuk membicarakan cara menyingkirkan Nabi Muhammad SAW.
Dalam pertemuan itu, Abdul Aswad mengusulkan agar Muhammad diusir dari Negeri Arab. Pendapat ini tidak disetujui, karena jika Muhammad SAW diusir maka beliau akan berdakwah di negeri lain. Mereka khawatir pengikutnya semakin banyak dan sewaktu-waktu beliau akan menyerang Mekah. Sedangkan Abul Bukhturi berpendapat agar Muhammad SAW ditangkap dan dipenjarakan sampai mati. Pendapat itupun ditolak, dengan alasan Muhammad SAW pasti akan ditolong oleh kaum muslimin Mekah dan Yatsrib. [12] Pada akhirnya mereka menerima pendapat yang dikemukakan oleh Abu Jahal sebagai berikut : “Menurutku, setiap suku harus memilih para pemudanya yang kuat dan perkasa. Mereka semua harus membunuh Muhammad secara serentak.”[13]
2.    Malam Hijrah
Inti dari peristiwa pada malam berhijrah sebagai berikut:
a.    Pemuda Musyrikin Quraisy mengepung  rumah Rasulullah dan bersedia menyerbu dan membunuh baginda
b.    Rasulullah meminta Saiyidina Ali tidur di tempat baginda
c.    Rasulullah ditemani saiyidina Abu Bakar keluar dari  Mekah ke gua Thur
Bukti penjelas peristiwa tersebut :
Pada siang harinya, Rasulullah Saw berjalan ke rumah Abu Bakar untuk merencanakan hijrah ke Madinah pada malam harinya dan memintanya agar menemani beliau pergi hijrah. Beliau memerintahkan Ali bin Abi Thalib untuk menggantikannya tidur di tempat beliau serta mengembalikan barang-barang titipan orang yang masih di simpan oleh Rasulullah Saw.[14]
Siang hari para pemuka Quraisy tengah bersiap-siap melaksanakan apa yang telah mereka sepakati dalam parlemen Mekah di Darun Nadwah. Rasulullah telah mempersiapkannya untuk memainkan peranan khusus dalam medan-medan berbahaya. Rasulullah SAW. telah bersepakat dengan Abu Bakar r. a. mengenai rincian perjalanan yang akan mereka tempuh. Mereka berdua memilih goa untuk tempat persembunyian mereka, yaitu goa di sebelah selatan yang menghadap ke Yaman guna mengecoh para pengejarnya.
Setelah segala sesuatunya dipersiapkan, beliau pulang dan mendapati bahwa orang-orang Quraisy sudah mulai mengepung rumahnya. Mereka mengerahkan pemuda-pemuda yang ditugaskan untuk membunuh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW. segera menyuruh Ali bin Abi Thalib supaya mengenakan pakaian yang biasa dipakai tidur oleh beliau, kemudian supaya berbaring di tempat tidur beliau. Di larut malam yang gelap pekat, Rasulullah SAW. berhasil menyelinap keluar dari rumah dan pergi ke rumah Abu Bakar ash- Shiddiq r.a., kemudian mereka berdua keluar melalui sebuah pintu kecil di belakang rumah menuju Goa Tsur.[15]
Ketika keduanya berhenti di goa, Abu Bakar berkata: “Tetaplah di tempatmu  wahai Rasulullah, hingga aku memastikan goa ini aman untukmu.” Lalu Abu Baka masuk dan memeriksanya. Ketika ia selesai memeriksanya, ia teringat bahwa ia belum sempat memeriksa lubang-lubangnya. Lalu ia berkata: “Tetaplah di tempatmu, wahai Rasulullah, sampai aku selesai memeriksanya.” Lalu ia masuk dan memeriksanya kembali. Setelah dirasa aman, ia pun berkata: “Masuklah wahai Rasulullah!” Maka Rasulullah SAW. pun masuk. Keduanya masuk ke dalam gua. Pada saat itu Allah mengutus laba-laba untuk membuat sarang di antara gua dan pohon yang ada di depannya, menutupi Rasulullah SAW. dan Abu Bakar. Allah juga memerintahkan dua ekor merpati untuk bertelur dan mengeraminya di antara laba-laba dan pohon.
Sementara itu para pemuda yang mengepung rumah Rasul masih menunggu Rasulullah keluar, namun mereka tidak juga mendapatinya. Merekapun segera masuk ke rumah dan melihat ada seseorang yang tidur di ranjang Rasul. Mereka merasa gembira karena menganggap bahwa itu adalah Rasul. Namun setelah melihat kenyataannya, mereka pun terkejut karena yang tidur tersebut bukanlah Rasul melainkan Ali bin abi Thalib.[16]
3.    Setelah 3 hari 2 Malam di Gua Tsur
Inti dari peristiwa setelah bermalam di Gua Tsur :
a.    Rasulullah dan saiyidina Abu Bakar meneruskan perjalanan ke Madinah
b.    Berhenti selama 4 hari di Quba' dan membina masjid Quba' (masjid pertama dalam Islam)
Bukti penjelas peristiwa tersebut :
Pada hari ketiga, bila mereka berdua sudah mengetahui, bahwa orang sudah tenang kembali mengenai diri mereka, mereka berangkat. Mereka bersembunyi dalam gua Tsur begitu ketat. Karena mereka mengetahui pihak Quraisy sangat gigih dan hati-hati sekali membuntuti, maka dalam perjalanan ke Yasthrib itu mereka mengambil jalan yang tidak biasa ditempuh orang. Abdullah bin ‘Uraiqit – dari Banu Du’il – sebagai penunjuk jalan, membawa mereka hati-hati sekali ke arah selatan di bawahan Mekah, kemudian menuju Tihama di dekat pantai Laut Merah. Oleh karena mereka melalui jalan yang tidak biasa ditempuh orang, di bawanya mereka ke sebelah utara di seberang pantai itu, dengan agak menjauhinya, mengambil jalan yang paling sedikit dilalui orang.
Selama dalam perjalanan, Muhammad dan Abu Bakar beserta penunjuk jalannya sama sekali tidak menemukan kesulitan maupun rasa lelah. Karna kesulitan mana yang lebih mereka takuti daripada tindakan Quraisy yang akan mernghalangi mereka mencapai tujuan yang hendak mereka capai demi jalan Allah dan kebenaran itu. Tetapi apa yang disediakan Quraisy bagi barang siapa yang dapat mengembalikan mereka berdua atau dapat menunjukkan tempat mereka, akan diberi hadiah seratus ekor unta. Karena mengingat masyarakat Quraisy itu memang sudah menganggap Muhammad musuh mereka. Dugaan Muhammad dan Abu bakar itu tidak meleset, sudah ada orang yang datang kepada Quraisy membawa kabar, bahwa ia melihat serombongan kendaraan unta terdiri dari tiga orang. Mereka yakin itu adalah Muhammad dan beberapa orang sahabatnya. Waktu itu Suraqah bin Malik bin Ju’syum, ketua banu Mudlij hadir.[17]
Mendengar ada tiga orang mengendarai unta terlihat sedang dalam perjalanan menuju Madinah, Suqarah Ibnu Malik segera menyiapkan senjata dan menunggang kuda untuk mengejar mereka. Di tengah perjalanan, kuda itu tersungkur dan dia terlempar jatuh dari kudanya. Namun dia tetap melanjutkan lagi pegejaran demi hadiah besar, namun lagi-lagi kudanya tersungkur dan dia pun jatuh pula. Saat itu Suraqah mulai percaya bahwa Rasulullah saw adalah pembawa kebenaran Ilahi. Ia meminta ma’af dan memohon supaya beliau sudi berdo’a memohonkan ampun dan kepada beliau ia menawarkan perjalanannya. Tawaran itu dijawab beliau, “kami tidak membutuhkan itu, tapi ku minta jangan lagi beusaha meangkap kami.”Suraqah mengangguk. Ia lalu kembali pulang. Rasulullah saw bersama sahabatnya, Abu Bakar r.a., melanjutkan perjalanan.[18]
Suatu hari pada waktu siang, saat matahari sedang memancarkan panasnya ke muka bumi, Nabi SAW. dan Abu Bakar telah sampai dan datang di suatu tempat, yaitu kampung Quba namanya. Waktu itu, di antara penduduk kampung Quba sudah banyak yang memeluk Islam, tetapi tidak seorang pun di antara mereka yang sudah mengenal wajah Nabi dan Abu Bakar. Hari itu adalah hari Itsnani ‘Senin’ 12 Rabi’ul Awwal tahun ke-13 dari kenabian atau tahun ke-53 dari hari kelahiran beliau. Adapun berangkatnya beliau dari Mekah adalah pada permulaan bulan Rabi’ul-Awwal tersebut.
Selanjutnya, kaum muslimin meminta Nabi untuk tinggal beberapa hari di Quba dan permintaan itu dikabulkan oleh beliau. Beliau lalu singgah dan berdiam di rumah  bernama Kaltsum bin Hadam yang berasal dari keturunan Amr bin Auf   dari golongan Aus. Adapun Abu Bakar berdiam d rumah seseorang yang bernama Habib bin Asaf yang berasal dari keturunan Harits dari go Habib bin Asaf yang berasal dari keturunan Harits dari golongan Khazraj.[19]
Empat hari ia tinggal di tempat itu, ditemani oleh Abu Bakr. Selama masa empat hari itu mesjid Quba’ dibangunnya. Sementara itu datang pula Ali b. Abi-Talib ke tempat itu setelah mengembalikan barang-barang amanat – yang dititipkan kepada Muhammad – kepada pemilik-pemiliknya di Mekah. Setelah itu ia sendiri meninggalkan Mekah, menempuh perjalanannya ke Yastrib dengan berjalan kaki. Malam hari ia berjalan, siangnya bersembunyi. Perjuangan yang sangat meletihkan itu ditanggungnya selama dua minggu penuh, yaitu untuk menyusul saudara-saudaranya seagama.[20]
4.    Sampai di Madinah
Inti dari peristiwa ketika Rasulullah SAW sampai di Madinah :
a.    Rasulullah, Abu Bakar  dan rombongan sampai ke Madinah disambut oleh penduduk Madinah dengan kegembiraan dan kesyukuran
Bukti penjelas peristiwa tersebut :
Sebelum Nabi Muhammad SAW. tiba, berita tentang keberangkatannya bersama Abu Bakar r.a. telah tersiar terlebih dahulu hingga ke Madinah. Setiap pagi penduduk kota itu banyak yang keluar dari rumah menantikan kedatangan manusia besar dengan perasaan rindu. Mereka berbondong-bondong pergi ke pinggir kota hendak menjemput beliau, tetapi bila pada hari beliau belum juga tampak dan terik matahari terasa membakar, mereka pulang kembali kerumah masing-masing sambil saling berjanji akan menjemput lagi pada keesokan harinnya. Semuanya dicekam perasaan tak sabar dan resah bercampur harapan.[21]
Pada hari Jum’at pagi, berangkatlah beliau serta rombongan kaum muslimin menuju kota Yatsrib (Madinah). Sementara kaum Muslimin Yastrib pada suatu hari sedang menanti-nantikan seperti biasa tiba-tiba datang seorang Yahudi yang sudah mengetahui apa yang sedang mereka lakukan itu berteriak kepada mereka. “Hai, Banu Qailah (Aus dan Khazraj) ini dia kawan kamu datang!” Kaum muslimin pun segera berbondong-bondong untuk menyambut Rasulullah Saw beserta dua sahabatnya yang baru tiba.
Hari itu adalah hari Jum’at dan Muhammad berjum’at di Medinah. Di tempat itulah, ke dalam mesjid yang terletak di perut Wadi Ranuna itulah kaum Muslimin datang. Masing-masing berusaha ingin melihat serta mendekatinya. Mereka ingin memuaskan hati terhadap orang yang selama ini belum pernah mereka lihat, hati yang sudah penuh cinta dan rangkuman iman akan risalahnya, dan yang selalu namanya disebut pada setiap kali sembahyang. Maka Rasulullah pun mengerjakan sholat Jum’at, Inilah sholat Jum’at yang pertama kali dalam sejarah.
Seluruh penduduk Yastrib, baik Yahudi maupun orang-orang pagan menyaksikan adanya hidup baru yang bersemarak dalam kota mereka itu, menyaksikan kehadiran seorang pendatang baru, orang besar yang telah mempersatukan Aus dan Khazraj, yang selama itu saling bermusuhan, saling berperang. Tidak terlintas dalam pikiran mereka – pada saat ini, saat transisi sejarah yang akan menentukan tujuannya yang baru itu – akan memberikan kemegahan dan kebesaran bagi kota mereka, dan yang akan tetap hidup selama sejarah ini berkembang.[22]
B.       Hikmah Hijrah Rasulullah Saw Ke Yastrib
Hijrah  Rasulullah  mengandung  hikmah  bagi  penduduk  Madinah,  kaum Muhajirin,  diri Rasulullah, dan seluruh kaum muslimin.
1.                  Hikmah hijrah bagi penduduk Madinah antara lain:
a.         Terbinanya persatuan dan kerjasama di antara penduduk meskipun berbeda suku dan kabilah .
b.         Terbinanya kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik.
c.         Bangkitnya perekonomian masyarakat dan meningkatnya keamanan penduduk.
d.        Penduduk  Madinah  dapat  menunjukkan  kecintaannya  kepada  Allah  swt.  dan Rasul-Nya dengan menolong Rasulullah saw. dan kaum muhajirin
2.                  Hikmah hijrah bagi kaum muhajirin antara lain:
a.         Kaum muhajirin dapat hidup damai, aman, dan tenteram.
b.         Kaum  muslimin  lebih  tenang  dan  khusyuk  dalam  menjalankan  ibadah  dan syariat Islam.
c.         Kaum muslimin semakin merasa bersyukur mendapat pertolongan Allah swt.
d.        Sebagai  bukti  ketaatan  dan  kegigihan  kaum  muslimin  Mekah  dalam menegakkan ajaran agama Islam.
3.                  Hikmah hijrah bagi Rasulullah saw. antara lain:
a.         Hijrah  Rasulullah  ke  Madinah  menjadi  tonggak  baru  sejarah  perkembangan agama Islam.
b.         Rasulullah dapat menyelamatkan kaum muslimin Mekah dari tekanan, ancaman, dan penganiayaan kafir Quraisy.
c.         Rasulullah  dapat  leluasa  berdakwah,  meletakkan  dasar-dasar  agama  dan pemerintahan Islam.
d.        Menjadikan  Rasulullah  sebagai  pemimpin  agama  sekaligus  pemimpin  negara berlandaskan ajaran agama Islam.
4.                  Hikmah peristiwa hijrah bagi kaum muslimin sesudahnya antara lain:
a.         Kegigihan  kaum  muslimin  menjadi  suri  tauladan  bagi  kaum  muslimin  dalam memperjuangkan kebenaran.
b.         Memberikan pelajaran bagi kaum muslimin untuk selalu siap berkorban dalam memperjuangkan kebenaran/ kebaikan.
c.         Memberikan  motivasi  dan  semangat  untuk  terus  berubah  ke  arah  yang  lebih baik.[23]





[1] Slamet Al Baroq  dan Wahyudin, Kisah Nabi Muhammad saw, ( Surakarta : CV MEDIATAMA, 2007), hal 36-41
[2] Nama, Buku Siswa SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, (Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014) Hal. 79-80.
[3] A.Syalaby, Sejarah dan Kebudayaan Islam (Jakarta:PT. Al  Husna Zikra, 1997) Hal. 98

[4] Muhammad ‘athiyyah Al-Abrasyiy, Keagungan Muhammad Rasulullah (Jakarta Pusat, PT Dunia Pustaka Jaya: 1985) Hal. 117

[5] A.Syalaby, Sejarah dan Kebudayaan Islam (Jakarta:PT. Al  Husna Zikra, 1997) Hal. 96
[6] Muhammad ‘athiyyah Al-Abrasyiy, Keagungan Muhammad Rasulullah (Jakarta Pusat, PT Dunia Pustaka Jaya: 1985) Hal. 115
[7] Abu Hasan ‘Ali al-Hasan an-Nadwi, Sirah Nabawiyah Sejarah Lengkap Nabi Muhammad Saw (Yogyakarta: Mardhiyah Pers, 2008) Hal. 178
[8] Ibid,.. Hal 158
[9] A.Syalaby, Sejarah dan Kebudayaan Islam,… Hal. 103
[10] Ibid,.. Hal 104
[11] Shafiyyurrahman Mubarak Fury, Sirah Nabawiyah terj. Abdullah Haidir, (Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2008), hal. 177.
[12] Kementerian Agama, Sejarah Kebudayaan Islam: Buku Siswa, (Jakarta: Kementerian AgamaRepublik Indonesia, 2014) hal. 94
[13] Muhammad al-Ghazali, Sejarah Perjalanan Hidup Muhammad, (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2003), hal. 200.
[14] Abu Fathan, Kumpulan Peta Siroh Nabi Muhammad Saw, (Asadudin Press, 2006), hal. 7.
[15] Muhammad Al-Ghazali, Sejarah Perjalanan..., hal. 185-189.
[16] Abul Hasan ‘Ali al-Hasani an-Nadwi, Sejarah Lengkap Nabi Muhammad SAW., (Yogyakarta: Mardhiyah Press, 2007 ), hal. 188-192.
[17] Muhammad Husein Haikal, Sejarah Hidup Muhammad, terj. Ali Audah, (Jakarta: PT Mitra Kejayaan Indonesia, 2013).,  hal. 188.
[18] Muhammad al-Ghazali, Sejarah Perjalanan..., hal. 209.
[19] K.H. Moenawar Chalil, Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW., (Jakarta: Gema Insani, 2001), hal. 456-457.
[20] Muhammad Husein Haikal, Sejarah Hidup...,  hal. 191.
[21] 7Muhammad A l-Ghazaliy, Fiqhus Sirah, (Bandung: PT. Alma’arif), hal.293.
[22] Muhammad Husein Haikal, Sejarah Hidup...,  hal. 192-194.
[23] Kementerian Agama, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP): Sejarah Kebudayaan Islam, (Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014) hal. 2-3.

No comments:

Post a Comment

MAKALAH KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM / DOWNLOAD MAKALAH

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM MAKALAH DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM MI DISUSUN OLEH: ...