Search This Blog

Monday 8 June 2015

catatan msi tiga ku..



Hari ini hari selasa tanggal 31, maret 2015 yaitu pertemuan ketiga mata kuliah Metodologi Studi Islam. Hari ini saya terlambat karena saya mengikuti kegiatan donor darah sebentar. NAMPAKNYA ada rasa tidak senang nih dari civitas didalam kelas atas keterlabatanku… maaf ya pak Ngainun Naim atas keterlambatan saya. Pada pertemuan kali ini kita membahas tentang Urgensi Metodologi Dalam Studi Islam.
Dalam studi Islam salah satu persoalan yang mendesak untuk segera dipecahkan adalah masalah metodologi. Hal ini dikarenakan kelemahan di kalangan umat Islam dalam mengkaji Islam secara komprehensif adalah tidak menguasai metodologi dan juga ada anggapan bahwa studi Islam di kalangan ilmuwan telah merambah ke berbagai wilayah, misalnya studi Islam sudah masuk ke studi kawasan, filologi, dialog, agama, antropologi, arkeologi dll.
Ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam studi islam yaitu pendekatan filsafat, sosiologi, sejarah, dan interdisipliner.
1.      Pendekatan filsafat, menurut Amin Abdullah dalam suatu agama mempunyai dua unsur, yaitu unsur sakralitas (tidak bisa di utak-utik) dan profan (boleh di kembangkan).
2.      Pendekatansosiologi, menurutAthoMudzar, dapatdigunakandalamstudiIslam, denganmengambilbeberapatema
a.       Studipengaruh agama terhadapmasyarakat;
b.      StudipengaruhstrukturdanperubahanmasyarakatterhadappemahamanajaranislamataukonsepIslam;
c.       StuditentangtingkatpengalamanIslam masyarakat;
d.      StudipolainteraksisosialmasyarakatIslam;
e.       Studigerakanmasyarakat yang membawapaham yang dapatmelemahkandanmenunjangkehidupanberagamadalamIslam;
3.      Pendekatansejarah, dalamkajianislamterdapatduakutub yang berbedayaitu orang dalam (in sider) dan orang luar (out sider).
4.      Pendekataninterdisipliner, sejumlahdisiplinilmu yang bekerjasamauntukkepentingantertentu.
Dari model-model pendekatandiatas, tampakbahwaIslam bisadikajisecaraakademis. Namundemikian, model-model tersebuthanyadapatdigunakansebagaialatbantusaja. Karena yang paliNg urgenuntukdikuasaiolehcalonpenelitidalamstudiIslam adalahpenguasaanilmukalam (teologiislam), tasawuf (sufisme), danilmufiqhbesertaushulnya. Jadi ,ilmudasaradalah modal penentu, sedangkanpendekatanadalah model daripenelitian yang akandilakukan.
Inilahhasil yang bisasayamengertidaripertemuan kali ini, terimakasihkepadapakNgainunNaim yang telahseringmemberikanmotivasi-motivasi kepada kita semuatentangbermanfaatnyasaatkitamau untukmenulis atau menuangkan apa yang kita rasa dalam sebuah tulisan.

No comments:

Post a Comment

MAKALAH KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM / DOWNLOAD MAKALAH

KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM MAKALAH DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM MI DISUSUN OLEH: ...