PENGEMBANGAN
PUSAT SUMBER BELAJAR SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PEMBELAJARAN
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah :
Teknologi Pembelajaran MI/SD
Dosen Pengampu :
Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd.
Disusun
oleh :
1.
Isnaeniyatun Amaryani (1725143136)
2.
Istinganah (1725143138)
3.
Iva Faizatul Maghfiroh (1725143140)
KELAS PGMI 2-B
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) TULUNGAGUNG
2015
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Segala puji dan syukur kami haturkan kepada Allah SWT, atas rahmat, taufik,
serta hidayah-Nya. Sholawat serta salam tidak
lupa kepada junjungkan kita Rasulullah Muhammad SAW, sehingga penyusunan makalah yang berjudul “Pengembangan Pusat Sumber Belajar Sebagai Sarana
Peningkatan Pembelajaran” dapat
diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Kiranya dalam penulisan ini, kami
menghadapi cukup banyak rintangan dan selesainya makalah ini tak lepas dari
bantuan berbagai pihak, untuk itu tak lupa kami ucapkan terima kasih pada
pihak-pihak yang telah membantu yaitu :
1.
Bapak Dr. Maftukhin, M.Ag. ,
selaku rektor IAIN Tulungagung
2. Ibu Indah
Komsiyah, S.Ag., M.Pd. , selaku dosen pembimbing
3.
Dan
semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan yang tidak dapat
disebutkan satu-satu, kami ucapkan terima kasih.
Kami menyadari bahwa
masih banyak kekurangan pada makalah ini. Oleh karena itu,kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun agar makalah ini menjadi lebih baik lagi.Kami berharap makalah ini dapat memberi bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Tulungagung,
Mei 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Sampul............................................................................................................. i
Kata Pengantar............................................................................................................... ii
Daftar Isi......................................................................................................................... iii
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.......................................................................... 1
B. Perumusan
Masalah................................................................................. 1
C. Tujuan Penulisan..................................................................................... 2
D. Batasan Masalah..................................................................................... 2
BAB II :
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pusat Sumber Belajar............................................................ 3
B. Fungsi Pusat Sumber
Belajar.................................................................. 3
C. Pengembangan Pusat
Sumber Belajar sebagai Sarana Peningkatan Pembelajaran 4
D. Tujuan Pengembangan
Pusat Sumber Belajar......................................... 7
BAB III : PENUTUPAN
A. Kesimpulan............................................................................................. 8
B. Saran....................................................................................................... 8
DAFTAR RUJUKAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam sebuah proses pembelajaran antara peserta didik dan pendidik
membutuhkan sumber belajar untuk menyampaikan materi yang telah direncanakan.
Sumber belajar adalah segala sesuatu baik berupa data, orang atau benda yang dapat
digunakan untuk memberi fasilitas bagi peserta didik. Penggunaan sumber belajar
dalam proses pembelajara sangatlah beragam, karena itu dealam sumber belajar
ini terdapat pusat sumber belajar.
Pusat sumber belajar dari waktu ke waktu dituntut untuk selalu berkembang
mengikuti kemajuan teknologi yang ada dan menyesuaikan dengan kebutuhan dalam
proses pembelajaran. Pengembangan sumber belajar ini sangatlah berperan dalam
peningkatan pembelajaran yang berlangsung. Seperti contoh sederhana yaitu pada
saat ini penggunaan proyektor dalam proses dianggap sangatlah membantu pembelajaran,
karena dengan proyektor peserta didik bisa melihat materi yang dipaparkan dan
melihat gambar yang berkaitan dengan materi sehingga ada bayangan dalam benak
peserta didik.
Dari uraian yanng tersebut di atas dapat disimulkan bahwa pengembangan
pusat sumber belajar meruakan salah satu sarana yang digunakan oleh para
pendidik dalam upaya ppeningkatan pembelajaran. Oleh karana itu kami mengangkat
makalah dengan judul “pengembangan pusat sumber belajar sebagai saran
peningkatan pembelajaran”.
B. Rumusan
Masalah
Dari latar belakang di atas kami simpulkan beberapa rumusan masalah yaitu
1.
Apa yang
dimaksud dengan pusat sumber belajar?
2.
Apa fungsi
pusat sumber belajar?
3. Bagaimanapengembangan pusat sumber belajar sebagai
sarana peningkatan pembelajaran?
4. Apa tujuan pengembangan sumber belajar sebagai
sarana peningkatan pembelajaran?
C. Tujuan
Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk :
1.
Mengetahui definisi pusat sumber belajar.
2.
Mengetahui fungsi pusat
sumber belajar.
3.
Mengetahui cara yang dilakukann dalam
pengembanganpusat sumber
belajar sebagai sarana peningkatan pembelajan.
4.
Mengetahui tujuanpengembanganpusat sumber
belajar sebagai sarana peningkatan pembelajan.
D. Batasan
Masalah
Didalam makalah ini hanya membahas mengenai pengertianpusat sumber belajar, macam kegiatan yang menunjang kegiatan
pembelajaran, tujuan pengembangan sumber belajar sebagai sarana peningkatan
pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Pusat Sumber Belajar
Menurut asosiasi teknologi komunikasi pendidikan (AECT),sumber belajar
adalah meliputi semua sumber baik berupa data, orang atau benda yang dapat
digunakan untuk memberi fasilitas belajar bagi peserta didik.
Sedangkan pusat sumber belajar merupakan bentuk bangunan mulai dari yang
sederhana sampai yang rumit dan lengkap, yang dirancang dan diatur secara
khusus dengan tujuan menyimpan, merawat,
mengembangkan, dan memenfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuknya
baik secara indibvidual maupun kelompok. PSB di pandang sebagai suatu kegiatan
yang terorganisasi, terdiri dari direktur PSB, staf, peralatan dan bahan-bahan
pembelajaran yang ditempatkan dalam suatu lokasi yang mempunyai fasilitas
khusus untuk perencanaan, pemmbuatan, penyajian, pengembangan dan pelayanan.[1]
Jadi, PSB merupakan wahanayang memberikan fasilitas pada proses pembelajaran,
di mana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, di kelola dan dimanfaatkan
untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.
B.
Fungsi Pusat Sumber Belajar
Fungsi sumber belajar dalam pembelajaran yang
ada pada saat ini, antara lain :
1. Meningkatkan produktivitas pembelajaran.
2. Memberikan kemungkinan pembelajran yang sifatnya lebih individual, sebab penggunaan
sumber belajar dalam pembeajaran dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang
sesuai dengan kemapuanya.
3. Memberikan dasar yang lebih ilmiah dalam pembelajran. Hal ini dapat dilakukan dengan merancang pembelajran
yang sistematis.
4. Memantapkan pembelajaran.
5. Penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran dapat menembus batas
geografis.
Sedangkan fungsi pusat sumber belajar itu
sendiri antara lain sebagai berikut :
1.
Fungsi pengembangan sistem intruksional
Fungsi ini menolong jursan atau deartemen dan
staf tenaga pengajar secara individual didalam membuat desain dan pemilihan
pilihan untuk meningkatkan efektivitasdan efisiensi proses pembelajaran.
2.
Fungsi informasi
Ada beberapa sumbeer informasi yang dapat
digolongkan menjadi usat sumber belajarseperti pusat komuter, bahan bacaan,
radio, televisi, erorangan, lembaga dan sebagainya.
3.
Fungsi pelayanan media
Fungsi ini berhubungan dengan pembuatan
rencana program media dan pelayanan pendukung yang dibutuhkan yang dibutuhkan
oleh staf pengajar dan pelajar.
4.
Fungsi produksi
Fungsi ini berhubungan dengan penyediaan
materi atau bahan intruksional yang tidak dapat diperoleh melalui sumber
komersial.
5.
Fungsi administrasi
Fungsi ini berhubungan dengn cara-cara
bagaimana tujuan dan prioritas program dapat tercapai.[2]
C. Pengembangan Pusat Sumber Belajar Sebagai Sarana Peningkatan Pembelajaran
Menurut Briggs pengembangan pembelajaran itu harus memperhatikan pada prinsip keselarasan antara lain :(1). Tujuan yang akan dicapai, (2). Strategi untuk mencapainya, (3). Evaluasi
keberhasilan.[3]
Dalam mendasain dan mengembangkan suatu pusat sumber belajar, diperlukan suatu
proses yang sistematis dan sistemis .terdiri dari empat tahapan pengembangan pusat
sumber belajar, yaitu :
1.
Tahapan anlisis kebutuhan
Tahap ini merupakan tahapan awal dalam
proses pengembangan sumber belajar . Pada tahap ini dilakukan analisis mengenai adanya perbedeaan antara keadaan yang diharapkan dengan keadaan
yang terjadi. Hasil dari analisis itu adalah gambaran nyata mengenai pengelolaan dan pemberdayaan sunber – sumber belajar yang telah ada terhadap pencapaian tujuan dan kompetensi pembelajaran.
2. Tahap pengembangan sarana kebutuhan
Selain pengembangan sarana, juga dilakukan pengembangan
progam pusat sumber belajar yang tentu
saja berorientasi pada tujuan pusat sumber belajar. Dalam pengembangan progam,
dibutuhkan adanya SDM yang berkualitas dan profesional. Hal ini dimaksudkan
agar pengembangan progam bisa memenuhi kebutuhan yang diharapkan. Sebagai
contoh pengembangan progam adalah penambahan sumber belajar, berupa media dan
bahan ajar yang berbentuk cetak ataupun no cetak.
3. Tahap implementasi
Tahap implementasi pusat sumber belajar merupakan tahap
aplikasi atau pendayagunaan pusat sumber belajar. Dalam pelaksanaanya, pusat
sumber belajar yang akan digunakan hendaklah disesuaikan dengan kondisi dan
kebutuhan satuan pendidik atau lembaga yang akan mengembangkanya. Sebagai
contoh, sebuah lembaga pendidikan yang memiliki tempat terbatas, maka dapat
mendirikan dan mengembangkan pusat sumber belajarsecara bertahap, sesuaio dengan
tempat yang tersedia. Untuk kemudian, setelah kemampuan lembaga tersebut
bertambah, maka pengembangan pusat sumber belajardapat terus diulakukan.
4. Tahap pengelolaan
Pengelolaan pusat sumber belajar adalah kegiatan yang
berkaitan dengan pengadaan, pengembangan produksi, dan pemanfaatan sumber
belajar serta upaya untuk terus dab memperbaiki dan meningkatkan sarana dan
progam – progamnya.
Dalam melakukan pengembangan pusat sumber
belajar yang diharapkan bisa menjadi sarana peningkatan pembelajaran seorang
pendidik harus juga mampu memperhatikan 3 hal sebagai berikut:
1.
Mutu pendidikan
Sallis memandang mutu sebagai filosofis dan
metodologis yang membantu institusi untuk merencanakan perubahan dan mengatur
agenda dalam menghadapi tekanan – tekanan eksternal yang berlebihan. Sedang
menurut Danimmutu mengandung makna derajat keunggulan suatu kerja atau hasil
produk.[4]
2.
Peningkatan mutu pendidikan
Mutu pendidikan dipengaruhi oleh kualitas
proses pembelajaran yang disajikan oleh pendidik dan ketersediaan sarana dan
prasarana pendukungnya.
3.
Upaya Peningkatan Pusat Sumber Belajar sebagai
sarana peningkatan pembelajaran Mutu Pendidikan
Upaya untuk menghdupkan dan mengembangkan
pusat sumber belajar sangat dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Tidak
hanya tugas pengurus / anggota dan institusi terkait, melainkan kita semua
karena intiya usaha bersama menjaga atau mengembangkan ilmu pengetahuan, serta
merevisi atau mengkaji ulang tujuan dari pusat sumber belajar, untuk
mengintensifisikan hasil akan adanya proses pendidikan.
D. Tujuan pengembangan pusat sumber belajar
1. Tujuan Umum
PSB bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi
kegiatan dan proses pembelajaran melalui melalui pengembangan sistem
intruksional.
2. Tujuan Khusus
Sedangkan tujuan dari adanya PSB antara lain sebagai
berikut :
a. Menyediakan berbagai macam pilihn komunikasi untuk menyokong kelas
tradisional.
b. Mendorong penggunaan cara-cara belajar yang baru yang pling cocok untuk
mencapai tujuan akademis.
c. Memberikan pelayanan dan dalam perencanaan, produksi, operasional dan
tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem intruksional.
d. Melakukan latihan keada tenaga pendidik mengenai pengembangan sistem
intruksional dan integrasi teknologi dalam proses pembelajaran.
e. Memajukan penelitian yang perlu tentang penggunaan media pendidikan.
f. Membantu mengembangkan standar pnggunaan sumber-sumber belajar.
g. Menyediakan pelayanan penilaian untuk membantu menentukan efektivitas
berbagai cara pembelajaran.[5]
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
1. Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan bentuk bangunan mulai dari yang
sederhana sampai yang rumit dan lengkap, yang dirancang dan diatur secara
khusus dengan tujuan menyimpan, merawat,
mengembangkan, dan memenfaatkan koleksi sumber belajar dalam berbagai bentuknya
baik secara individual maupun kelompok.
2.
Fungsi pusat sumber belajar antara lain :pengembangan sistem intruksional, informasi, pelayanan media, prduksi dan
administrasi.
3.
Tahapan dalam PSB yang meliputi tahap analisis
kebutuhan, tahap pengmbangan sarana kebutuhan, tahap imlementasi, tahap
implemtasi, dan yang terakhir tahap pengelolaan. Sedang dalam melakukan PSB
harus memperhatikan 3 hal yaitu : mutu pendidikan, peningkatan mutu pendidikan,
dan upaya pengembangan pusat sumber belajar sebagai sarana peningkatan
pembelajaran.
4. Secara umumPSB bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan
dan proses pembelajaran melalui melalui pengembangan sistem intruksional.
Sedangkan tujuan Khusus dari PSB itu sendiri antara lain menyediaakan berbagai
pilihan komunikasi untuk menyokong kelas tradisional.
B. SARAN
1. Hendaknya makalah ini bisa menjadi salah satu acuan yang bisa digunakan
oleh para pembaca.
2. Untuk pemerintah hendaknya lebih memperhatikan pengadaan sumber belajar
didaerah-daerah terpencil
3. Untuk para calon pendidik hendaknya mampu memilih serta mampu mengembangkan
pusat sumber belajaragar dapat meningkatkan pembelajaran.
DAFTAR RUJUKAN
Komsiyah, indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Teras
Lika, Umi, “Pengembangan Pusat Sumber Belajar Sebagai Sarana
Peningkatan Kualitas Peningkatan
Pembelajaran”, dalam http/umiilika.wordpress.com/2014/02/18/pengembangan-pusat-sumber-belajar-sebagai-sarana-peningkatan-kualitas-pembelajaran, diakses 09 Mei 2015
Statment, Jurnal, “Pengembangan Pusat Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Mutu
Pendidikan” dalam
http://www.jurnal-statment.com/media/index.php/journal/24-pengembangan-pusat-sumber-belajar-dalam-upaya-meningkatkan-mutu-pendidikan, diakses 09 Mei 2015
wulandhary, “Pusat Sumber Belajar” dalam
[1]Umi Lika, “Pengembangan Pusat Sumber
Belajar Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Peningkatan Pembelajaran” dalam http/umiilika.wordpress.com/2014/02/18/pengembangan-pusat-sumber-belajar-sebagai-sarana-peningkatan-kualitas-pembelajaran,
diakses 09 Mei 2015
[2] Wulandhary, “Pusat Sumber Belajar” dalam
http://wulandhary.blogspot.com/2012/05/pusat-sumber-belajar.html
diakses 12 Mei 2015
[4]
Jurnal Statment, “Pengembangan Pusat Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan”
dalam http://www.jurnal-statment.com/media/index.php/journal/24-pengembangan-pusat-sumber-belajar-dalam-upaya-meningkatkan-mutu-pendidikan, diakses 09
Mei 2015
[5] Umi Lika, “Pengembangan Pusat
Sumber Belajar Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Peningkatan
Pembelajaran”,... diakses 09 Mei 2015
No comments:
Post a Comment