ISRA’ MIKRAJ DAN HIJRAH NABI MUHAMMAD
SAW KE YATSRIB
Disusun
Guna Memenuhi Tugas Mata
Kuliah :
Pembelajaran
Sejarah Peradaban Islam MI
Dosen Pengampu
:
Moh. Mashudi, M. Pd. I
OLEH
KELOMPOK 4
1.
NINA
LUTFIANA (1725143208)
2.
ISTINGANAH (1725143138)
3.
NOVA
SANTOSO (1725143217)
4.
ISMATUL
KHOIRIYAH (1725143132)
KELAS :
VI B
JURUSAN PENDIDIKAN
GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH
DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI
(IAIN) TULUNGAGUNG
ISRA’
MIKRAJ
Oleh:
Nina Lutfiana (1725143208)
Pada suatu malam Nabi Muhammad SAW berada di Hijir Ismail dekat Ka‟bah
al Musyarrofah, saat itu beliau berbaring diantara paman beliau, Sayyiduna
Hamzah dan sepupu beliau, Sayyiduna Jakfar bin Abi Thalib, tiba-tiba Malaikat
Jibril, Mikail dan Israfil menghampiri beliau lalu membawa beliau ke arah sumur
zamzam, setibanya di sana kemudian mereka merebahkan tubuh Rasulullah untuk
dibelah dada beliau oleh Jibril AS.
Dalam riwayat lain disebutkan suatu malam terbuka atap rumah Beliau
saw, kemudian turun Jibril AS, lalu Jibril membelah dada beliau yang mulya
sampai di bawah perut beliau, lalu Jibril berkata kepada Mikail: “Datangkan
kepadaku nampan dengan air zam-zam agar aku bersihkan hatinya dan aku lapangkan
dadanya”. Dan perlu diketahui bahwa penyucian ini bukan berarti hati Nabi
kotor, tidak, justru Nabi sudah diciptakan oleh Allah dengan hati yang paling
suci dan mulya, hal ini tidak lain untuk menambah kebersihan diatas kebersihan,
kesucian diatas kesucian, dan untuk lebih memantapkan dan menguatkan hati beliau,
karena akan melakukan suatu perjalanan maha dahsyat dan penuh hikmah serta
sebagai kesiapan untuk berjumpa dengan Allah SWT. Kemudian Jibril AS
mengeluarkan hati beliau yang mulya lalu menyucinya tiga kali, kemudian
didatangkan satu nampan emas dipenuhi hikmah dan keimanan, kemudian dituangkan
ke dalam hati beliau, maka penuhlah hati itu dengan kesabaran, keyakinan, ilmu
dan kepasrahan penuh kepada Allah, lalu ditutup kembali oleh Jibril AS.
Setelah itu disiapkan untuk Baginda Rasulullah binatang Buroq lengkap
dengan pelana dan kendalinya, binatang ini berwarna putih, lebih besar dari
himar lebih rendah dari baghal, dia letakkan telapak kakinya sejauh pandangan
matanya, panjang kedua telinganya, jika turun dia mengangkat kedua kaki
depannya, diciptakan dengan dua sayap pada sisi pahanya untuk membantu
kecepatannya. Saat hendak menaikinya, Nabi Muhammad merasa kesulitan, maka
meletakkan tangannya pada wajah buroq sembari berkata: “Wahai buroq, tidakkah
kamu merasa malu, demi Allah tidak ada Makhluk Allah yang menaikimu yang lebih
mulya daripada dia (Rasulullah)”, mendengar ini buroq merasa malu sehingga
sekujur tubuhnya berkeringat, setelah tenang, naiklah Rasulullah keatas
punggungnya, dan sebelum beliau banyak Anbiya‟ yang menaiki buroq ini.
Dalam perjalanan, Jibril menemani disebelah kanan beliau, sedangkan
Mikail di sebelah kiri, menurut riwayat Ibnu Sa‟ad, Jibril memegang sanggurdi
pelana buroq, sedang Mikail memegang tali kendali. (Mereka terus melaju,
mengarungi alam Allah SWT yang penuh keajaiban dan hikmah dengan Inayah dan
RahmatNya), di tengah perjalanan mereka berhenti di suatu tempat yang dipenuhi
pohon kurma, lantas malaikat Jibril berkata: “Turunlah disini dan sholatlah”,
setelah Beliau sholat, Jibril berkata: “Tahukah anda di mana Anda sholat?”,
“Tidak”, jawab beliau, Jibril berkata: “Anda telah sholat di Thoybah (Nama lain
dari Madinah) dan kesana anda akan berhijrah”.
Kemudian buroq berangkat kembali melanjutkan perjalanan, secepat kilat
dia melangkahkan kakinya sejauh pandangan matanya, tiba-tiba Jibril berseru:
“berhentilah dan turunlah anda serta sholatlah di tempat ini!”, setelah sholat
dan kembali ke atas buroq, Jibril memberitahukan bahwa beliau sholat di Madyan,
di sisi pohon dimana dahulu Musa bernaung dibawahnya dan beristirahat saat
dikejar-kejar tentara Firaun. Dalam perjalanan selanjutnya Nabi Muhammad turun
di Thur Sina‟, sebuah lembah di Syam, tempat dimana Nabi Musa berbicara dengan
Allah SWT, beliau pun sholat di tempat itu. Kemudian beliau sampai di suatu
daerah yang tampak kepada beliau istana-istana Syam, beliau turun dan sholat
disana. Kemudian Jibril memberitahukan kepada beliau dengan berkata: “Anda
telah sholat di Bait Lahm (Betlehem, Baitul Maqdis), tempat dilahirkan Nabi Isa
bin Maryam”. Di Baitul-Lahmi inipun Beliau turun dan melakukan solat, kemudian
perjalan diteruskan dan tidak lama sampailah ke Baitul Maqdis. Di Baitul Maqdis
ternyata telah berkumpul para Nabi terdahulu, menantikan kedatangan Beliau. Di
Baitul Maqdis bersolat berjama’ah dengan para Nabi terdahulu sebagai Imam
solat.
Seterusnya dalam perjalanan, Beliau menyaksikan dengan sekelompok
manusia yang bercocok tanam dan seketika dapat di tuai (dipetik) hasilnya. Nabi
pun merasa hairan lalu bertanya kepada Jibril?….Jibril menjawab: Mereka adalah
ibarat umat tuan yang suka menginfaqkan harta bendanya untuk menegakkan kalimah
Allah, mensyi’arkan keagungan Allah dan beramal solih.
Kemudian dalam perjalanan seterusnya Beliau mencium bau yang sangat
menyusuk hidung, Beliau bertanya Jibril?…. Jibril menjawab: Ini adalah bau
Masyithah (Tukang gunting di istana Fir’aun) sekeluarga yang merelakan diri
mereka di ceburkan ke dalam belanga yang berisi timah mendidih oleh Fir’aun
lantaran keteguhan Iman mereka kepada Allah dan tidak mengakui Fir’aun sebagai
Tuhan.
Selanjutnya dalam perjalanan itu Beliau melihat segulongan manusia yang
memukul-mukul kepalanya sendiri sehingga hancur luluh, akan tetapi sekejap
kemudian kepalanya utuh kembali, lalu dihancurkan semula, demikianlah
seterusnya. Nabi s.a.w lalu bertanya kepada Jibril?.. Jibril menjawab: Mereka
adalah perumpamaan segulongan umat tuan yang suka melengah-lengah
(mengulur-ulur) waktu solat, sampai akhirnya habis waktu yang di tentukan.
Selanjutnya dalam perjalanan Beliau melihat orang-orang yang memakan
kayu berduri serta batu panas yang membara dari neraka Jahannam. Lalu Beliaupun
bertanya Jibril?..Jibril menjawab: Mereka adalah perumpamaan orang-orang yang
tidak mau mengeluarkan zakatnya. Jelas mereka termasuk orang yang menganiaya
diri sendiri. Selanjutnya dalam perjalanan Nabi s.a.w melihat segolongan
manusia yang masing-masingnya menghadapi dua buah mangkok, mangkok yang satu
berisi daging yang sudah dimasak dan yang satunya lagi berisi daging mentah.
Akan tetapi anehnya mereka lebih suka memakan daging yang mentah. Bertanya Nabi
s.a.w kepada Jibril?..Jibril menjawab: Mereka adalah gambaran diantara umat
yang senang berbuat zina. Mereka sebenarnya telah mempunyai isteri yang sah,
akan tetapi mereka senang melepaskan nafsu syahwatnya dengan perempuan lain
yani berzina. Demikianlah pula yang perempuan melacurkan dirinya.
Selanjutnya dalam perjalanan Nabi s.a.w menyaksikan pula ada kayu yang
berduri melintang di tengah jalan. Sesiapa yang melaluinya pasti akan ditarik
dan dikaitnya sehingga pakaian akan koyak. Nabi s.a.w bertanya kepada
Jibril?…Dijawab oleh Jibril: Itulah suatu perumpamaan dari golongan umat yang
suka membuat kekacauan dan suka duduk-duduk ditepi jalan, sehingga menggangu
orang-orang yang melewati jalan itu. Selanjutnya Nabi s.a.w menyaksikan
orang-orang yang berenang dalam sungai darah, lalu mereka di lempari dengan
batu, akan tetapi kemudian batu-batu itu mereka makan. Nabi s.a.w bertanya
kepada Jibril?..Dijawab oleh Jibril: Mereka perumpamaan segolongan manusia yang
suka memakan riba dan duit haram.
Tidak lama kemudian Nabi s.a.w menyaksikan seorang lelaki yang memikul
beban (kayu), tetapi tidak kuat berjalan, anehnya beban itu semakin bertambah
dan begitulah seterusnya sehingga orang itu kepayahan dan terseksa. Nabi s.a.w
bertanya kepada Jibril?..Jawab Jibril: Dialah gambaran orang yang suka menerima
amanat orang lain tetapi tidak mau menunaikan (menyampaikannya) kepada yang
berhak. Selanjutnya dalam perjalanan itu Nabi menyaksikan orang-orang yang
memotong lidah dan bibirnya dengan gunting besi, seketika itu utuh kembali,
namun segera pula di gunting lagi, begitulah seterusnya, sehingga mereka merasa
penderitaan yang amat berat. Nabi s.a.w. bertanya kepada Jibril?..Jibril
menjawab: Mereka adalah perumpamaan dari golongan manusia yang suka memberi
nasihat kepada orang lain untuk membuat baik, tetapi ia sendiri tidak pernah
melakukan kebaikan seperti yang di nasihatkan kepada orang lain.
Selanjutnya Nabi s.a.w menyaksikan manusia yang tengah mencakar-cakar
wajahnya dan dadanya dengan kukunya sendiri yang telah berubah menjadi kuku
tembaga. Nabi s.a.w bertanya kepada Jibril? Jawab Jibril: Mereka adalah
perumpamaan orang-orang yang suka menceritakan keaibpan (keburukan), rahsia,
kecacatan dan kejelekan orang lain, dengan membesar-besarkannya kepada orang lain.
Selanjutnya Nabi s.a.w menyaksikan sekelompok manusia yang mempunyai bibir
seperti unta, lalu disuapkan bara kedalam mulutnya. Ini adalah contoh bagi
mereka yang memakan harta anak yatim dengan jalan salah. Selanjutnya Nabi s.a.w
menyaksikan saekor lembu besar keluar dari lubang yang sangat sempit lalu ia
berusaha untuk memasukinya kembali tetapi tidak berjaya. Itu adalah contoh bagi
mereka yang bercakap besar dan dusta, lalu ia ingin menarik kembali
percakapannya itu tetapi tidak berpeluang lagi.
Menyaksikan sekelompok wanita yang di gantung buah dadanya sambil
mereka menjerit-jerit meminta pertolongan. Ini adalah gambaran wanita yang
menyusukan anak mereka hasil dari berzina dengan lelaki yang bukan suaminya.
Menyaksikan sekelompok wanita yang di gantung rambutnya diatas api neraka
sehingga mendidih otak di kepalanya. Ini adalah gambaran balasan kerana mereka
tidak mahu menutup aurat di kepala dari di pandang lelaki yang bukan mahramnya.
Menyaksikan sekelompok wanita yang digantung
lidahnya diatas api neraka lalu dituangkan air panas ke dalam mulutnya. Ini
adalah gambaran balasan kerana mereka selalu menyakiti hati suaminya dan
bercakap dengan suara yang kasar serta tinggi. Itulah sebahagian
riwayat-riwayat yang sering kita temui dalam kitab-kitab kisah Isra’ Mi’raj
yang meskipun oleh para Ilmu Agama dikatakan bersumber dari keterangan yang
lemah, namun yang jelas isinya merupakan peringatan untuk kita berhati-hati di
dalam kehidupan dunia[1].
MASYARAKAT YATSRIB SEBELUM HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW
Oleh
: Istinganah (1725143138)
Yatsrib merupakan nama
lain kota Madinah. Wilayah Yatsrib dikelilingi gunung berapi yang subur
tanahnya. Sehingga menjadi pusat pertanian dan jalur perdagangan yang ramai.
Kota Yatsrib merupakan daerah persawahan dan perkebunan, hasil terbesarnya
adalah kurma dan anggur. Masyarakatnya juga beternak seperti unta, sapi kambing
dan kuda. Selain itu mereka juga berdagang. Mata uang yang digunakan disana
adalah Dirham dan Dinar, namun adakalanya mereka berdagang dan melakukan jual
beli dengan cara tukar menukar barang (barter).
Penduduk Yatsrib
sebagaian besar merupakan pendatang. Sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.,
terdapat tiga suku besar dari agama Yahudi di Yatsrib di ataranya suku Bani
Qainuqa’, Bani Nadhir, dan Bani Quraizhah.
Selain suku Yahudi
terdapat pula suku dari bangsa Arab yang menetap di sana, di antaranya yaitu
suku Aus dan Khazraj. Mereka beribadah dengan cara menyembah berhala.
Pada awalnya suku-suku
di Yatsrib hidup dengan rukun, damai dan penuh rasa kasih sayang. Mereka juga memiliki
sifat-sifat terpuji diantaranya memiliki sifat yang berani, dermawan, setia,
rela berjuang, sabar dan jujur. Selain itu mereka juga senang menerima tamu.
Namun selanjutnya mulai
timbul saling curiga dan saling ancam. Perselisihan terjadi antara dua suku
besar dari bangsa Arab, yaitu suku Aus dan Khazraj. Mereka diadu domba oleh
suku Yahudi sehingga kehidupan masyarakatpun menjadi tidak teratur. Sangat
sulit untuk menjalin persatuan di bawah satu pemerintahan yang mengatur semua
kabilah.
Yang
menjadi penyebab utama perselisihan salah satunya adalah masalah ekonomi.
Terkadang mereka juga sering memperebutkan daerah yang subur dan kekuasaan.
Namun dua suku tersebut dapat bersatu ketika melawan Yahudi. Meskipun kerukunan
belum begitu terjalin hingga kedatangan Nabi Muhammad Saw. ke Yatsrib.[2]
HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW. KE YATSRIB
Oleh :
Nova Santoso
NIM. 1725143217
A.
Peristiwa Hijrah ke Yatsrib
Dengan
meninggalnya abu thalib dan khadijahrosulullah menghadapi berbagai macam bahaya
dan cobaan yang didatangkan oleh kaum kafir quraisy dan pemimpin pemimpin kota
lainnya. Diantara peristiwa yang sangat menyakitkan adalah peristiwa yang
dialami oleh Nabi Saw. di Thaif.
Setelah
peristiwa itu nabi menjuruskan dakwahnya kepada para jemaah jemaah haji dari
seluruh penjuru arab. Diperkenalkannya dirinya serta diperkenalkan pula seruan
islam dan pokok pokok agama baru itu kepada mereka.[3]
Ketika
berada di Aqabah, nabi bertemu dengan sekelompok orang dari kabilah kharaj yang
berasal dari madinah. Beliau mengajak mereka untuk menyembah Allah, menjelaskan
tentang islam kepada mereka serta membacakan Al-Quran. Kabilah kharaj
bertetangga dengan yahudi dimadinah. Mereka telah mendengar dari kaum yahudi
bahwa akan datangnya nabi yang sudah dekat dengan masa kalian. Sebagian dari mereka
kemudian berkata kepada sebagian yang lain bahwa “wahai kaum ! kalian
mengetahui, demi Allah bahwa orang ini adalah nabi yang telah dikabarkan kaum
yahudi kepada kalian. Maka jangan sampai kalian didahului oleh mereka, sambut
dia, berimanlah kepadanya.” Maka pada musim haji berikutnya datanglah 12 orang
dari yatsrib menemui rosululloh di aqabah. Mereka membaiat kepada rasululloh
untuk bertauhid, menahan diri dari mencuri, berzina dan membunuh anak-anak
mereka, serta taat dalam kebaikan (Bai’atul Aqabah Pertama). Nabi mengutus
Mush’ab bin ‘umair untuk ikut ke yatsrib bersama rombongan guna menyebarkan
dakwah islam disana.
Pada
tahun berikutnya, Mush’ab kembali ke makkah bersama dengan 75 anshar
melaksanakan ibadah Haji serta bertemu Rasulullah di lereng Aqabah. Maka dalam
pertemuan ini Rasulullah meminta baiat dari kaum anshar untuk melindungi nya
sebagaimana mereka melindungi istri dan anak anaknya.
Ketika
Rasulullah telah membaiat kaum anshar untuk membela islam dan melindungi beliau
serta pengikutnya. Maka Nabi saw. Langsung menginstruksikan agar para
sahabatnya untuk segera berhijrah ke Yastrib, sejak saat itu kota Mekah menjadi
kosong dari populasi muslim. Yang tersisa hanya Nabi saw., Abu Bakar, dan Ali
bin Abi Thalib. Sebenarnya Abu Bakar pun sudah berniat untuk mengikuti jejak
orang-orang muslim yang telah berhijrah sebelumnya, Namun ketika ia meminta
izin kepada Nabi saw. akan maksud itu, Nabi menjawab dengan cara
sungguh-sungguh, mengingat situasi yang semakin kritis. Nabi mengatakan kepada
Abu Bakar “jangan tergesah-gesah, mudah-mudahan Allah swt. Memberimu seorang
teman”. Pernyataan tersebut membuat Abu Bakar sangat gembira, karena dia
berharap mudah-mudahan teman yang dimaksud Nabi saw. adalah dirinya sendiri.
Ungkapan Nabi saw. dan harapan Abu Bakar tersebut menunjukkan bahwa keputusan
hijrahnya Nabi saw. ke Madinah sangat rahasia, sehingga sahabat terdekatnyapun
nyaris tidak mengetahuinya. Bahkan sebagian besar dari pengikutnya
memperkirakan bahwa Nabi saw. akan tetap di Mekah melanjutkan perjuangannya,
setelah memerintahkan pengikutnya untuk berhijrah.
Sementara itu berita-berita yang ilato dari yatsrib semakin menghawatirkan Quraisy, sebab kaum muhajirin semua telah berkumpul di Yatsrib dan penduduk negeri tersebut menyambutnya dengan penuh kemuliaan. Kenyataan ini membuat orang-orang Quraisy menjadi curiga jangan-jangan Muhammad juga akan keluar dari Mekah bergabung dengan sahabat-sahabatnya di sana. Dengan ilator ini, mereka pun mengadakan pertemuan di Dar al-Nadwa dan memutuskan Muhammad harus dibunuh beramai-ramai. Pertemuan tersebut diabadikan oleh Allah dalam Q.S. al-Anfal/8: 30 “Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya”.
Setelah kesepakatan kaum Quraisy untuk menghabisi nyawa Rasulullah saw. maka Malaikat Jibril ilato menemui Nabi dan mengabarkan kepadanya tentang persekongkolan kaumnya. Dia menyuruh Nabi untuk segera pergi meninggalkan rumanya dan menetapkan waktu untuk berhijrah. Setelah itu Nabi saw. pun pergi ke rumah Abu Bakar untuk menyampaikan bahwa Allah telah mengizinkannya untuk berhijrah sambil merancang strategi perjalanannya. Di sinilah dimulainya kisah yang paling cemerlang dan indah yang pernah dikenal manusia dalam sejarah mencari kebenaran dan mempertahankan keyakinan dan keimanan yang penuh resiko dan bahaya.
Setelah matahari terbenam, malam telah mencapai keheningan, pemuda-pemuda yang sudah dipersiapkan Quraisy untuk membunuh Nabi saw. sudah mengepung rumahnya. Pada saat-saat yang kritis itu Nabi menyampaikan kepada Ali bin Abi Thalib untuk tidur di tempat tidurnya dengan menggunakan selimut yang biasa dipakainya. Kemudian Nabi saw. keluar rumah menyibak kepungan mereka. Para pembunuh bayaran ini tidak melihat Nabi sedikit pun, karena Allah telah membutakan mereka sehingga mereka tidak bisa melihat, sebagaimana yang dijelasakan dalam al-Qur’an Q.S. Yasin/36 : 9 “Dan kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat Melihat.”[4]
Sementara itu berita-berita yang ilato dari yatsrib semakin menghawatirkan Quraisy, sebab kaum muhajirin semua telah berkumpul di Yatsrib dan penduduk negeri tersebut menyambutnya dengan penuh kemuliaan. Kenyataan ini membuat orang-orang Quraisy menjadi curiga jangan-jangan Muhammad juga akan keluar dari Mekah bergabung dengan sahabat-sahabatnya di sana. Dengan ilator ini, mereka pun mengadakan pertemuan di Dar al-Nadwa dan memutuskan Muhammad harus dibunuh beramai-ramai. Pertemuan tersebut diabadikan oleh Allah dalam Q.S. al-Anfal/8: 30 “Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya”.
Setelah kesepakatan kaum Quraisy untuk menghabisi nyawa Rasulullah saw. maka Malaikat Jibril ilato menemui Nabi dan mengabarkan kepadanya tentang persekongkolan kaumnya. Dia menyuruh Nabi untuk segera pergi meninggalkan rumanya dan menetapkan waktu untuk berhijrah. Setelah itu Nabi saw. pun pergi ke rumah Abu Bakar untuk menyampaikan bahwa Allah telah mengizinkannya untuk berhijrah sambil merancang strategi perjalanannya. Di sinilah dimulainya kisah yang paling cemerlang dan indah yang pernah dikenal manusia dalam sejarah mencari kebenaran dan mempertahankan keyakinan dan keimanan yang penuh resiko dan bahaya.
Setelah matahari terbenam, malam telah mencapai keheningan, pemuda-pemuda yang sudah dipersiapkan Quraisy untuk membunuh Nabi saw. sudah mengepung rumahnya. Pada saat-saat yang kritis itu Nabi menyampaikan kepada Ali bin Abi Thalib untuk tidur di tempat tidurnya dengan menggunakan selimut yang biasa dipakainya. Kemudian Nabi saw. keluar rumah menyibak kepungan mereka. Para pembunuh bayaran ini tidak melihat Nabi sedikit pun, karena Allah telah membutakan mereka sehingga mereka tidak bisa melihat, sebagaimana yang dijelasakan dalam al-Qur’an Q.S. Yasin/36 : 9 “Dan kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat Melihat.”[4]
Rasulullah saw. meninggalkan rumah pada malam
hari tanggal 27 shafar tahun 14 Nubuwah, lalu menuju rumah Abu Bakar kemudian
pergi meninggalkan Mekah melewati jalur selatan, jalur yang berlawanan dengan
jalur utama ke Madinah yang mengarah ke utara. Keduanya menempuh jalan ini
sekitar lima mil hingga tiba di gunung Tsaur lalu kemudian memasuki seguah gua
yang berada di puncak gunung yang di sebut gua Tsaur. Nabi dan Abu Bakar
bersembunyi di Gua tersebut selama tiga malam.
Setelah keadaan sudah sedikit stabil Nabi saw. bersama Abu Bakar beserta seorang penunjuk jalan, melanjutkan perjalanan menuju ke selatan melewati Tihamah dekat pantai Laut Merah, sebuah jalan yang tidak biasa dilalui oleh orang. Mereka berjalan dengan panas membara di tengah padang pasir, namun kesulitan itu tidak lagi dihiraukan. Hanya dengan ketenangan Hati kepada Allah dan adanya kedip bintang di gelap malam membuat hati dan perasaan mereka terasa lebih aman.
Setelah keadaan sudah sedikit stabil Nabi saw. bersama Abu Bakar beserta seorang penunjuk jalan, melanjutkan perjalanan menuju ke selatan melewati Tihamah dekat pantai Laut Merah, sebuah jalan yang tidak biasa dilalui oleh orang. Mereka berjalan dengan panas membara di tengah padang pasir, namun kesulitan itu tidak lagi dihiraukan. Hanya dengan ketenangan Hati kepada Allah dan adanya kedip bintang di gelap malam membuat hati dan perasaan mereka terasa lebih aman.
Pada
hari senin 8 Rabiul awal tahun ke 14 dari nubuwah, atau tahun pertama dari
hijrah, bertepatan dengan 23 September 622 M., Rasulullah saw. tiba di Quba.
Dia berada di Quba selama empat hari, di ilator ini Nabi saw. membangun sebuah
masjid dan shalat di dalamnya. Inilah masjid pertama yang didirikan atas dasar
taqwa setelah nubuwah. Kemudian pada hari jum’at Nabi saw. melanjutkan
perjalanan, dan seusai shalat jum’at Nabi Muhammad saw. memasuki Madinah. Sejak
masa itulah Yastrib dinamakan Madinatun-nabi, atau disingkat dengan Madinah.
Inilah hari yang sangat monumental, semua rumah, dan jalan ramai dengan suara
tahmid dan taqdis sementara anak-anak gadis mereka mendendangkan bait-bait
syair karena senang dan gembira.
Tidak
satupun tempat yang dilalui, melainkan penghuninya meminta Nabi saw. untuk
singgah di rumahnya, namun onta Nabi Muhammad saw. terus berjalan hinggga
sampai di sebuah kebun tempat penjemuran korma, di situlah ontanya berhenti,
hingga Nabi saw. turun dari ontanya. Di tempat inilah Nabi saw. mendirikan
Masjid Nabawi sekaligus juga menjadi tempat tinggalnya.
B.
Faktor atau Latar Belakang Peristiwa Hijrah
1.
Wafatnya Dua Tokoh
Pendukung Dakwah
Tahun 10 kenabian, Rasullulah kehilangan 2 tokoh
utama yang mendukung dakwahnya, yaitu istrinya Khadijah dan pamannya Abu Thalib
yang disegani kaum Quraisy. Hal tersebut menyebabkan kaum Quraisy di mekah
semakin berani menentang dakwah nabi. Sehingga kedudukan nabi semakin terancam
dan menjadi sasaran niat buruk kaum Quraisy.[5]
2.
Penyiksaan Terhadap Umat
Islam
Perlakuan kaum Quraisy
terhadap umat Islam semakin kejam, terutama pada golongan budak atau hamba yang
telah memeluk islam. Bahkan Rasullulah sendiri terkandang menjadi sasaran
mereka. Mulai tahun 617 M sampai 620 M seluruh muslim dan kaum Bani Hasyim di
diskriminasi dari segi ilato, ekonomi, dan politik. Mereka dikucilkan dan
dilarang berhubungan dengan seluruh masyarakat Mekah diluar musim haji.
Disinilah umat Islam mendapatkan Ujian dan Penderitaan yang sangat pedih.
3.
Pimpinan Quraisy Akan
Membunh Nabi
Hal utama yang menjadi latar belakang nabi Muhammad hijrah ke
Madinah adalah persekongkolan para pemimpin Quraisy yang mengadakan
perundingan di Darul Nadwah dengan keputusan untuk membunuh nabi. Tentu hal ini
sangat mengancam Rasullulah jika terus berada di mekah. Hal ini di jelaskan
dalam Al-Quran surat Al Anfal ayat 30.[6]
4.
Bai’ah Aqabah
Saat Bai’ah Aqabah ke-2 ada permintaan dari para pemimpin madinah supaya
Nabi Muhammad menjadi pemimpin utama mereka. Dalam ikrar tersebut mereka juga
berjanji akan berjuang bersama Nabi dan akan mempertahankan Nabi Muhammad.
Sehingga, nabi merasa bahwa waktunya sudah tiba bagi umat Islam untuk hijrah
meninggalkan kota mekah yang penuh kejahilliyahan. [7]
5.
Penentangan Dakwah Di
Mekah
Nabi Muhammad merasa bahwa Kota Mekah sudah tidak kondusif untuk
perkembangan Islam, karena dalam 13 tahun Rasullulah berdakwah selalu menerima
berbagai penentangan.
6.
Gagalnya Seruan
Islam di Thaqif
Rasullulah bersama Zaid bin Haritshah pernah menyampaikan dakwah tentang
agama Isalam ke Thaqif. Namun tanggapannya sangat buruk, yaitu hinaan, ejekan
hingga lemparan batu yang diterima. Hal tersebut ilator belakangi kedekatan
pemimpin Bani Thaqif dengan pimpinan Quraisy di Mekah. Kegagalan dakwah
tersebut membuat nabi Muhammad memindahkan tujuan Hijrah menuju Madinah[8]
7.
Banyak Umat Islam Di
Madinah
Peristiwa bai’ah aqabah melatarbelakangi penyebaran islam di madinah
secara cepat, karena mereka yang terlibat berdakwah dan menyebarkan islam pada
keluarga mereka. Sehingga Madinah cocok sebagai pusat penyebaran dan dakwah
agama islam.[9]
8.
Masyarakat Madinah Mudah
Menerima Ajaran Islam
Masyarakat madinah yang memeluk agama samawi yang
telah mengenal konsep ketuhanan dan mengenal norma baik dan buruk. Selain itu
Keluarga dari Nabi Muhammad dari keluarga ibu tinggal di Madinah, yaitu Abdul
Muttalib dan Bani Najjar. Itulah yang melatar belakangi masyarakat Madianh
lebih mudah menerima ajaran Islam.[10]
9.
Lokasi Madinah Yang
Strategis
Madinah berada di jalur
perdagangan antara Yaman yang berada di selatan dengan Syam yang berada di
utara. Lokasi inilah yang dapat menjadidkan Madinah menyaingi kota Mekah
sebagai pusat perdagangan. Hingga para kafilah Quroisy terpaksa melaui
kota Madinah jika ada urusan dengan Syam (Palestina).
KISAH PETUALANGAN
RASULULLAH SAW KE YATSRIB
Oleh : Ismatul Khoiriyah (1725143132)
A. Kronologi Hijrah Rasulullah Saw Ke Yatsrib
Dalam perjalanan
hijrah Rasulullah SAW ke Yatsrib terdapat beberapa peristiwa penting yang melatarbelakangi
runtutan peristiwa hijrah Nabi SAW tersebut yakni sebagai berikut:
1. Sehari
Sebelum Hijrah
Inti dari peristiwa pada sehari sebelum Hijrah
sebagai berikut :
a. Musyrikin
Mekah berbincang menghalangi Rasulullah berpindah ke Madinah
b. Mengambil
keputusan membunuh Rasulullah ketika sedang tidur
Bukti penjelas peristiwa tersebut :
Berita tentang penduduk Yatsrib yang
telah banyak memeluk agama Islam akhirnya diketahui oleh orang-orang kafir
Quraisy. Orang-orang kafir itu juga telah mengetahui bahwa sebagian kaum
muslimin telah berhijrah ke Yatsrib. Mereka semakin khawatir kalau Islam akan
berkembang menjadi besar di Yatsrib. kaum Musyrikin Quraisy dilanda ketakutan
dan kekhawatiran yang tak terduga. Mereka memikirkan dampak yang akan mengancam
paganisme dan perekonomian mereka atas bahaya besar yang sedang mereka hadapi.[11]
Karena itu mereka sepakat untuk membunuh Rasullah SAW.
Pada hari kamis, tanggal 26 Safar
tahun ke-14 kenabian bertepatan tanggal 12 September 622 M. Para pemuka Quraisy
mengadakan pertemuan di suatu tempat bernama Darun Nadwah untuk membicarakan
cara menyingkirkan Nabi Muhammad SAW.
Dalam pertemuan itu, Abdul Aswad
mengusulkan agar Muhammad diusir dari Negeri Arab. Pendapat ini tidak
disetujui, karena jika Muhammad SAW diusir maka beliau akan berdakwah di negeri
lain. Mereka khawatir pengikutnya semakin banyak dan sewaktu-waktu beliau akan
menyerang Mekah. Sedangkan Abul Bukhturi berpendapat agar Muhammad SAW
ditangkap dan dipenjarakan sampai mati. Pendapat itupun ditolak, dengan alasan
Muhammad SAW pasti akan ditolong oleh kaum muslimin Mekah dan Yatsrib. [12]
Pada akhirnya mereka menerima pendapat yang dikemukakan oleh Abu Jahal sebagai
berikut : “Menurutku, setiap suku harus memilih para pemudanya yang kuat dan
perkasa. Mereka semua harus membunuh Muhammad secara serentak.”[13]
2. Malam
Hijrah
Inti dari peristiwa pada malam berhijrah sebagai
berikut:
a. Pemuda
Musyrikin Quraisy mengepung rumah Rasulullah dan bersedia menyerbu dan
membunuh baginda
b. Rasulullah
meminta Saiyidina Ali tidur di tempat baginda
c. Rasulullah
ditemani saiyidina Abu Bakar keluar dari Mekah ke gua Thur
Bukti
penjelas peristiwa tersebut :
Pada siang harinya, Rasulullah Saw berjalan ke rumah Abu Bakar untuk
merencanakan hijrah ke Madinah pada malam harinya dan memintanya agar menemani
beliau pergi hijrah. Beliau memerintahkan Ali bin Abi Thalib untuk
menggantikannya tidur di tempat beliau serta mengembalikan barang-barang
titipan orang yang masih di simpan oleh Rasulullah Saw.[14]
Siang hari para pemuka Quraisy tengah bersiap-siap melaksanakan apa yang
telah mereka sepakati dalam parlemen Mekah di Darun Nadwah. Rasulullah telah
mempersiapkannya untuk memainkan peranan khusus dalam medan-medan berbahaya.
Rasulullah SAW. telah bersepakat dengan Abu Bakar r. a. mengenai rincian
perjalanan yang akan mereka tempuh. Mereka berdua memilih goa untuk tempat
persembunyian mereka, yaitu goa di sebelah selatan yang menghadap ke Yaman guna
mengecoh para pengejarnya.
Setelah segala sesuatunya dipersiapkan, beliau pulang dan mendapati bahwa
orang-orang Quraisy sudah mulai mengepung rumahnya. Mereka mengerahkan
pemuda-pemuda yang ditugaskan untuk membunuh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW.
segera menyuruh Ali bin Abi Thalib supaya mengenakan pakaian yang biasa dipakai
tidur oleh beliau, kemudian supaya berbaring di tempat tidur beliau. Di larut
malam yang gelap pekat, Rasulullah SAW. berhasil menyelinap keluar dari rumah
dan pergi ke rumah Abu Bakar ash- Shiddiq r.a., kemudian mereka berdua keluar
melalui sebuah pintu kecil di belakang rumah menuju Goa Tsur.[15]
Ketika keduanya berhenti di goa, Abu Bakar berkata: “Tetaplah di tempatmu
wahai Rasulullah, hingga aku memastikan goa ini aman untukmu.” Lalu Abu
Baka masuk dan memeriksanya. Ketika ia selesai memeriksanya, ia teringat bahwa
ia belum sempat memeriksa lubang-lubangnya. Lalu ia berkata: “Tetaplah di
tempatmu, wahai Rasulullah, sampai aku selesai memeriksanya.” Lalu ia masuk dan
memeriksanya kembali. Setelah dirasa aman, ia pun berkata: “Masuklah wahai
Rasulullah!” Maka Rasulullah SAW. pun masuk. Keduanya masuk ke dalam gua. Pada
saat itu Allah mengutus laba-laba untuk membuat sarang di antara gua dan pohon
yang ada di depannya, menutupi Rasulullah SAW. dan Abu Bakar. Allah juga
memerintahkan dua ekor merpati untuk bertelur dan mengeraminya di antara laba-laba
dan pohon.
Sementara itu para pemuda yang mengepung rumah Rasul masih menunggu
Rasulullah keluar, namun mereka tidak juga mendapatinya. Merekapun segera masuk
ke rumah dan melihat ada seseorang yang tidur di ranjang Rasul. Mereka merasa
gembira karena menganggap bahwa itu adalah Rasul. Namun setelah melihat
kenyataannya, mereka pun terkejut karena yang tidur tersebut bukanlah Rasul
melainkan Ali bin abi Thalib.[16]
3. Setelah
3 hari 2 Malam di Gua Tsur
Inti
dari peristiwa setelah bermalam di Gua Tsur :
a. Rasulullah
dan saiyidina Abu Bakar meneruskan perjalanan ke Madinah
b. Berhenti
selama 4 hari di Quba' dan membina masjid Quba' (masjid pertama dalam Islam)
Bukti
penjelas peristiwa tersebut :
Pada hari ketiga, bila mereka berdua sudah mengetahui, bahwa orang sudah tenang
kembali mengenai diri mereka, mereka berangkat. Mereka bersembunyi dalam gua
Tsur begitu ketat. Karena mereka mengetahui pihak Quraisy sangat gigih dan
hati-hati sekali membuntuti, maka dalam perjalanan ke Yasthrib itu mereka
mengambil jalan yang tidak biasa ditempuh orang. Abdullah bin ‘Uraiqit – dari
Banu Du’il – sebagai penunjuk jalan, membawa mereka hati-hati sekali ke arah
selatan di bawahan Mekah, kemudian menuju Tihama di dekat pantai Laut Merah.
Oleh karena mereka melalui jalan yang tidak biasa ditempuh orang, di bawanya
mereka ke sebelah utara di seberang pantai itu, dengan agak menjauhinya,
mengambil jalan yang paling sedikit dilalui orang.
Selama dalam perjalanan, Muhammad dan Abu Bakar beserta penunjuk jalannya
sama sekali tidak menemukan kesulitan maupun rasa lelah. Karna kesulitan mana
yang lebih mereka takuti daripada tindakan Quraisy yang akan mernghalangi
mereka mencapai tujuan yang hendak mereka capai demi jalan Allah dan kebenaran
itu. Tetapi apa yang disediakan Quraisy bagi barang siapa yang dapat
mengembalikan mereka berdua atau dapat menunjukkan tempat mereka, akan diberi
hadiah seratus ekor unta. Karena mengingat masyarakat Quraisy itu memang sudah
menganggap Muhammad musuh mereka. Dugaan Muhammad dan Abu bakar itu tidak
meleset, sudah ada orang yang datang kepada Quraisy membawa kabar, bahwa ia
melihat serombongan kendaraan unta terdiri dari tiga orang. Mereka yakin itu
adalah Muhammad dan beberapa orang sahabatnya. Waktu itu Suraqah bin Malik bin
Ju’syum, ketua banu Mudlij hadir.[17]
Mendengar ada tiga orang mengendarai unta terlihat sedang dalam perjalanan
menuju Madinah, Suqarah Ibnu Malik segera menyiapkan senjata dan menunggang
kuda untuk mengejar mereka. Di tengah perjalanan, kuda itu tersungkur dan dia
terlempar jatuh dari kudanya. Namun dia tetap melanjutkan lagi pegejaran demi
hadiah besar, namun lagi-lagi kudanya tersungkur dan dia pun jatuh pula. Saat
itu Suraqah mulai percaya bahwa Rasulullah saw adalah pembawa kebenaran Ilahi.
Ia meminta ma’af dan memohon supaya beliau sudi berdo’a memohonkan ampun dan
kepada beliau ia menawarkan perjalanannya. Tawaran itu dijawab beliau, “kami
tidak membutuhkan itu, tapi ku minta jangan lagi beusaha meangkap kami.”Suraqah
mengangguk. Ia lalu kembali pulang. Rasulullah saw bersama sahabatnya, Abu
Bakar r.a., melanjutkan perjalanan.[18]
Suatu hari pada waktu siang, saat matahari sedang memancarkan panasnya ke
muka bumi, Nabi SAW. dan Abu Bakar telah sampai dan datang di suatu tempat,
yaitu kampung Quba namanya. Waktu itu, di antara penduduk kampung Quba sudah
banyak yang memeluk Islam, tetapi tidak seorang pun di antara mereka yang sudah
mengenal wajah Nabi dan Abu Bakar. Hari itu adalah hari Itsnani ‘Senin’
12 Rabi’ul Awwal tahun ke-13 dari kenabian atau tahun ke-53 dari hari kelahiran
beliau. Adapun berangkatnya beliau dari Mekah adalah pada permulaan bulan
Rabi’ul-Awwal tersebut.
Selanjutnya, kaum muslimin meminta Nabi untuk tinggal beberapa hari di Quba
dan permintaan itu dikabulkan oleh beliau. Beliau lalu singgah dan berdiam di
rumah bernama Kaltsum bin Hadam yang berasal dari keturunan Amr bin
Auf dari golongan Aus. Adapun Abu Bakar berdiam d rumah seseorang
yang bernama Habib bin Asaf yang berasal dari keturunan Harits dari go Habib
bin Asaf yang berasal dari keturunan Harits dari golongan Khazraj.[19]
Empat hari ia tinggal di tempat itu, ditemani oleh Abu Bakr. Selama masa
empat hari itu mesjid Quba’ dibangunnya. Sementara itu datang pula Ali b.
Abi-Talib ke tempat itu setelah mengembalikan barang-barang amanat – yang
dititipkan kepada Muhammad – kepada pemilik-pemiliknya di Mekah. Setelah itu ia
sendiri meninggalkan Mekah, menempuh perjalanannya ke Yastrib dengan berjalan
kaki. Malam hari ia berjalan, siangnya bersembunyi. Perjuangan yang sangat
meletihkan itu ditanggungnya selama dua minggu penuh, yaitu untuk menyusul
saudara-saudaranya seagama.[20]
4. Sampai
di Madinah
Inti
dari peristiwa ketika Rasulullah SAW sampai di Madinah :
a. Rasulullah,
Abu Bakar dan rombongan sampai ke Madinah disambut oleh penduduk Madinah
dengan kegembiraan dan kesyukuran
Bukti penjelas peristiwa tersebut :
Sebelum Nabi Muhammad SAW. tiba, berita tentang keberangkatannya bersama
Abu Bakar r.a. telah tersiar terlebih dahulu hingga ke Madinah. Setiap pagi
penduduk kota itu banyak yang keluar dari rumah menantikan kedatangan manusia
besar dengan perasaan rindu. Mereka berbondong-bondong pergi ke pinggir kota
hendak menjemput beliau, tetapi bila pada hari beliau belum juga tampak dan
terik matahari terasa membakar, mereka pulang kembali kerumah masing-masing
sambil saling berjanji akan menjemput lagi pada keesokan harinnya. Semuanya
dicekam perasaan tak sabar dan resah bercampur harapan.[21]
Pada hari Jum’at pagi, berangkatlah beliau serta rombongan kaum muslimin
menuju kota Yatsrib (Madinah). Sementara kaum Muslimin Yastrib pada suatu hari
sedang menanti-nantikan seperti biasa tiba-tiba datang seorang Yahudi yang
sudah mengetahui apa yang sedang mereka lakukan itu berteriak kepada mereka.
“Hai, Banu Qailah (Aus dan Khazraj) ini dia kawan kamu datang!” Kaum muslimin
pun segera berbondong-bondong untuk menyambut Rasulullah Saw beserta dua
sahabatnya yang baru tiba.
Hari itu adalah hari Jum’at dan Muhammad berjum’at di Medinah. Di tempat
itulah, ke dalam mesjid yang terletak di perut Wadi Ranuna itulah kaum Muslimin
datang. Masing-masing berusaha ingin melihat serta mendekatinya. Mereka ingin
memuaskan hati terhadap orang yang selama ini belum pernah mereka lihat, hati
yang sudah penuh cinta dan rangkuman iman akan risalahnya, dan yang selalu
namanya disebut pada setiap kali sembahyang. Maka Rasulullah pun mengerjakan
sholat Jum’at, Inilah sholat Jum’at yang pertama kali dalam sejarah.
Seluruh penduduk Yastrib, baik Yahudi maupun orang-orang pagan menyaksikan
adanya hidup baru yang bersemarak dalam kota mereka itu, menyaksikan kehadiran
seorang pendatang baru, orang besar yang telah mempersatukan Aus dan Khazraj,
yang selama itu saling bermusuhan, saling berperang. Tidak terlintas dalam
pikiran mereka – pada saat ini, saat transisi sejarah yang akan menentukan
tujuannya yang baru itu – akan memberikan kemegahan dan kebesaran bagi kota
mereka, dan yang akan tetap hidup selama sejarah ini berkembang.[22]
B. Hikmah Hijrah Rasulullah Saw Ke Yastrib
Hijrah Rasulullah
mengandung hikmah bagi
penduduk Madinah, kaum Muhajirin, diri Rasulullah, dan seluruh kaum muslimin.
1.
Hikmah hijrah
bagi penduduk Madinah antara lain:
a.
Terbinanya
persatuan dan kerjasama di antara penduduk meskipun berbeda suku dan kabilah .
b.
Terbinanya
kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik.
c.
Bangkitnya
perekonomian masyarakat dan meningkatnya keamanan penduduk.
d.
Penduduk Madinah
dapat menunjukkan kecintaannya
kepada Allah swt.
dan Rasul-Nya dengan menolong Rasulullah saw. dan kaum muhajirin
2.
Hikmah hijrah
bagi kaum muhajirin antara lain:
a.
Kaum muhajirin
dapat hidup damai, aman, dan tenteram.
b.
Kaum muslimin
lebih tenang dan
khusyuk dalam menjalankan
ibadah dan syariat Islam.
c.
Kaum muslimin
semakin merasa bersyukur mendapat pertolongan Allah swt.
d.
Sebagai bukti
ketaatan dan kegigihan
kaum muslimin Mekah
dalam menegakkan ajaran agama Islam.
3.
Hikmah hijrah
bagi Rasulullah saw. antara lain:
a.
Hijrah Rasulullah
ke Madinah menjadi
tonggak baru sejarah
perkembangan agama Islam.
b.
Rasulullah dapat
menyelamatkan kaum muslimin Mekah dari tekanan, ancaman, dan penganiayaan kafir
Quraisy.
c.
Rasulullah dapat
leluasa berdakwah, meletakkan
dasar-dasar agama dan pemerintahan Islam.
d.
Menjadikan Rasulullah
sebagai pemimpin agama
sekaligus pemimpin negara berlandaskan ajaran agama Islam.
4.
Hikmah peristiwa
hijrah bagi kaum muslimin sesudahnya antara lain:
a.
Kegigihan kaum
muslimin menjadi suri
tauladan bagi kaum
muslimin dalam memperjuangkan
kebenaran.
b.
Memberikan
pelajaran bagi kaum muslimin untuk selalu siap berkorban dalam memperjuangkan
kebenaran/ kebaikan.
c.
Memberikan motivasi
dan semangat untuk
terus berubah ke
arah yang lebih baik.[23]
[1] Slamet Al Baroq dan Wahyudin, Kisah Nabi Muhammad saw,
( Surakarta : CV MEDIATAMA, 2007), hal 36-41
[2] Nama, Buku Siswa SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, (Jakarta: Kementerian
Agama Republik Indonesia, 2014) Hal. 79-80.
[4] Muhammad ‘athiyyah Al-Abrasyiy, Keagungan
Muhammad Rasulullah (Jakarta Pusat, PT Dunia Pustaka Jaya: 1985) Hal. 117
[5] A.Syalaby, Sejarah dan
Kebudayaan Islam (Jakarta:PT. Al
Husna Zikra, 1997) Hal. 96
[6] Muhammad ‘athiyyah Al-Abrasyiy, Keagungan
Muhammad Rasulullah (Jakarta Pusat, PT Dunia Pustaka Jaya: 1985) Hal. 115
[7] Abu Hasan ‘Ali al-Hasan
an-Nadwi, Sirah Nabawiyah Sejarah Lengkap Nabi Muhammad Saw (Yogyakarta:
Mardhiyah Pers, 2008) Hal. 178
[8] Ibid,.. Hal 158
[9] A.Syalaby, Sejarah dan
Kebudayaan Islam,… Hal. 103
[10] Ibid,.. Hal 104
[11] Shafiyyurrahman Mubarak Fury, Sirah Nabawiyah terj. Abdullah
Haidir, (Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2008), hal. 177.
[12] Kementerian Agama, Sejarah
Kebudayaan Islam: Buku Siswa, (Jakarta: Kementerian AgamaRepublik
Indonesia, 2014) hal. 94
[13] Muhammad al-Ghazali, Sejarah Perjalanan Hidup Muhammad, (Yogyakarta:
Mitra Pustaka, 2003), hal. 200.
[16] Abul Hasan ‘Ali al-Hasani an-Nadwi, Sejarah Lengkap Nabi Muhammad SAW., (Yogyakarta:
Mardhiyah Press, 2007 ), hal. 188-192.
[17] Muhammad Husein Haikal, Sejarah Hidup Muhammad, terj. Ali
Audah, (Jakarta: PT Mitra Kejayaan Indonesia, 2013)., hal. 188.
[19] K.H. Moenawar Chalil, Kelengkapan
Tarikh Nabi Muhammad SAW., (Jakarta: Gema Insani, 2001), hal. 456-457.
[23] Kementerian Agama, Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP): Sejarah Kebudayaan Islam, (Jakarta:
Kementerian Agama Republik Indonesia, 2014) hal. 2-3.
No comments:
Post a Comment