IMPLEMENTASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM FUNGSI PROSES PEMBELAJARAN
MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
Salah Satu Tugas Mata Kuliah:
Teknologi
Pendidikan
Dengan Dosen Pengampu :
Indah
Komsiyah, S. Ag., M.Pd
Disusun oleh:
1. Maidatul
Chusna (1725143166)
2.
Mimin Eka
Fitantri (1725143177)
3.
Nikmaturrohmah (1725143203)
KELAS
2-B
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
TULUNGAGUNG
MEI
2015
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
hidayah-Nya. Shalawat serta salam tidak lupa kami panjatkan kepada junjungan
kita Nabi Muhammad Saw sehingga penyusunan makalah yang berjudul “implementasi teknologi pendidikan dalam
fungsi proses pembelajaran
” dapat diselesaikan dengan baik dan
tepat waktu.
Kiranya dalam penulisan
ini, kami menghadapi cukup banyak kendala dan selesainya makalah ini tidak
lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu tidak lupa kami mengucapkan terima
kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu:
1. Bapak
Dr.Maftukhin, M.Ag selaku rektor IAIN Tulungagung yang telah memberi kesempatan
untuk belajar di IAIN Tulungagung.
2. Ibu Indah Komsiyah, S. Ag., M.Pd
selaku dosen pengampu mata kuliah Teknologi
Pendidikan yang telah membimbing kami dalam penyusunan makalah ini.
3. Semua
pihak yang telah membantu menyelesaikan penulisan makalah ini.
Kami menyadari dalam
penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan
pengetahuan yang kami miliki. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun
dari semua pihak sangat kami harapkan. Semoga makalah ini bermanfaat untuk kita
semua.
Tulungagung, Mei 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
Cover................................................................................................................ i
Kata Pengantar................................................................................................. ii
Daftar Isi........................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang...................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah................................................................................. 1
C. Tujuan
Masalah..................................................................................... 1
D. Batasan
Masalah................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Implementasi
Teknologi Pendidikan Dalam Fungsi
Proses Pembelajaran............................................................................. 3
B.
Cara
Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Upaya
Pemecahan
Masalah Pendidikan Dan Pembelajaran............................. 3
C. Implementasi
Teknologi Pendidikan Dalam Proses
Pembelajaran Di Sekolah…………………………………..................4
D.
Tahapan Dalam
Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam
Proses
Pembelajaran............................................................................ .4
E.
Manfaat
Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Proses
Pembelajaran......................................................................................... 5
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan............................................................................................ 7
B.
Saran...................................................................................................... 7
DAFTAR RUJUKAN
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Seiring dengan perkembangan
teknologi pendidikan berikut infrastruktur penunjangnya, upaya peningkatan mutu
pendidikan dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi pendidikan dalam
kegiatan pembelajaran. Teknologi pendidikan merupakan suatu sistem yang dapat
memfasilitasi pendidik dan peserta didik belajar lebih luas, lebih banyak dan
juga bervariasi. Melalui fasilitas yang disediakan oleh sistem tersebut, siswa
dapat belajar mandiri, kapan dan dimana saja tanpa terbatas oleh ruang dan
waktu.bahan yang dapat mereka pelajari juga lebih bervariasi, tidak hanya dalam
bentuk sajian kata, tetapi dapat lebih kaya dengan variasi teks, visual, audio
dan animasi.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas maka diperoleh rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana
pengertian implementasi teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran?
2. Bagaiman
cara implementasi teknologi pendidikan dalam upaya pemecahan masalah pendidikan
dan pembelajaran ?
3. Bagaimana
implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran disekolah?
4. Apa
tahapan dalam implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran ?
5. Apa
manfaat implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran ?
C.
Tujuan
Pembahasan Masalah
Berdasarkan
rumusan masalah yang diperoleh, adapun tujuan penulisan makalah ini adalah
sebagai berikut :
1. Untuk
mengetahui pengertian implementasi teknologi pendidikan dalam fungsi proses
pembelajaran.
2. Untuk
mengetahui cara implementasi teknologi pendidikan dalam upaya pemecahan masalah
pendidikan dan pembelajaran
3. Untuk mengetahui implementasi
teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran disekolah
4. Untuk
mengetahui tahapan dalam implementasi teknologi pendidikan dalam proses
pembelajaran
5. Untuk
mengetahui manfaat implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran.
D.
Batasan Masalah
Makalah
ini hanya membahas mengenai pengertian implementasi teknologi pendidikan dalam
fungsi proses pembelajaran, cara implementasi teknologi pendidikan dalam upaya
pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaranu, tahapan dalam implementasi
teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran, manfaat implementasi teknologi
pendidikan dalam proses pembelajaran.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Fungsi Proses Pembelajaran
Impelentasi adalah suatu tindakan atau pelaksanaan
dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Artinya
yang dilaksanakan dan diterapkan yang telah dirancang/didesain untuk kemudian
dijalankan sepenuhnya. Kalau diibaratkan dengan sebuah rancangan bangunan yang
dibuat oleh seorang Insinyur bangunan tentang rancangan sebuah rumah pada
kertas kalkirnya maka implementasi yang dilakukan oleh para tukang adalah
rancangan yang telah dibuat tadi dan sangat tidak mungkin atau mustahil akan
melenceng atau tidak sesuai dengan rancangan, apabila yang dilakukan oleh para
tukang tidak sama dengan hasil rancangan akan terjadi masalah besar dengan
bangunan yang telah di buat karena rancangan adalah sebuah proses yang panjang,
rumit, sulit dan telah sempurna darisisi perancang dan rancangan itu.
Jadi yang dimaksud dengan implementasi
teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran adalah penerapan teknologi
pendidikan dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah dalam proses
pembelajaran.
B.
Cara Implementasi
Teknologi Pendidikan Dalam Upaya Pemecahan Masalah Pendidikan dan Pembelajaran
1. Memadukan
berbagai macam pendekatan dari bidang ekonomi, manajemen, psikologi, rekayasa,
dan lain-lain secara bersistem;
2. Memecahkan
masalah belajar pada manusia secara menyeluruh dan serempak, dengan
memperhatikan dan mengkaji semua kondisi dan saling berkaitan.
3. Menggunakan
teknologi sebagai proses dan produk untuk membantu memecahkan masalah belajar;
C.
Implementasi
Teknologi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Disekolah
1. Dilihat dari sisi Desain
Desain
:
a. Menyusun desain bahan pembelajaran
terprogram
b. Mengembangkan modul untuk
pembelajaran individual
c. Membuat disain sistem pembelajaran
2. Dilihat dari sisi Developmen
Pengembangan :
a. Teknologi Cetak
b. Teknologi Audio visual
c. Teknologi Berbasis Komputer
d. Teknologi Terpadu
3. Dilihat dari sisi Utility
Pemanfaatan :
a. Media
b. Divusi Inovasi
c. Implementasi dan Institusionalisasi
d. Kebijakan dan Regulasi
4. Dilihat dari sisi Evaluasi
Penilaian :
a. Analisa Masalah
b. Pengukuran beracuan patokan
c. Penilaian Formatif
d. Penilaian Sumatif.[1]
D.
Tahapan Implementasi
Teknologi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran
a. Perencanaan
a. Pengertian
perencanaan pendidikan adalah:
1) Suatu
rumusan rancangan kegiatan yang ditetapkan berdasarkan visi, misi dan
tujuan pendidikan
2) Memuat
langkah atau prosedur dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan
pendidikan
3) Merupakan
alat kontrol pengendalian perilaku warga satuan pendidikan (kepala sekolah,
guru, karyawan, siswa, komite sekolah)
4) Memuat
rumusan hasil yang ingin dicapai dalam proses layanan pendidikan kepada peserta
didik
5) menyangkut masa depan proses pengembangan dan
pembangunan pendidikan dalam waktu tertentu yang lebih berkualitas.[2]
b. Pelaksanaan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau
lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu
yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam
upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). [3]
c. Evaluasi
Dalam
impelementasinya teknologi pendidikan juga mengadakan sebuah evaluasi, dimana
evaluasi tersebut adalah suatu proses yang mencangkup pengukuran dan mungkin
juga testing yang juga berisi pengambilan keputusan tentang nilai.4
E.
Manfaat implementasi teknologi pendidikan
dalam proses pembelajaran.
1. Menyebarkan informasi secara meluas,
seragam dan cepat.
2. Membantu, melengkapi dan (dalam hal
tertentu) menggantikan tugas guru.
3. Menunjang kegiatan belajar
masyarakat serta mengundang partisipasi masyarakat.
4. Menambah keanekaragaman sumber
maupun kesempatan belajar.
5. Menambah daya tarik untuk belajar.
6. Mempunyai keuntungan rasio
efektivitas biaya, bila dibandingkan dengan sistem tradisional.
7. Meningkatkan
produktivitas pendidikan dengan jalan: mempercepat tahap belajar (rate of
learning), membantu guru untuk menggunakan waktu secara baik dan mengurang
beban guru dalam menyajikan materi, sehingga akan dapat banyak membina dan
mengembangkan kegairahan pebelajar.
8. Memberi
kemungkinan pembelajaran lebih bersifat individual dengan jalan: mengurangi
control guru dan member kesempatan pebelajar berkembang sesuai dengan
kemampuannya.
9. Memberikan
dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan jalan: perencanaan program
pembelajaran yang sistematis dan pengembangan bahan yang dilandasi penelitian
perilaku.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Implementasi
teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran adalah penerapan
teknologi pendidikan dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah dalam
proses pembelajaran.
2.
Cara
implementasi teknologi pendidikan dalam upaya pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran meliputi Memadukan berbagai
macam pendekatan, Memecahkan
masalah belajar dan penggunaan
teknologi.
3. Implementasi
teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran disekolah dapat dilihat
dari sisi desain,
developmen, utility dan evaluasi.
4. Tahapan
implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
5. Manfaat
implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran adalah diantaranya dapat menyebarkan informasi secara meluas,
seragam dan cepat, membantu,
melengkapi dan (dalam hal tertentu) menggantikan tugas guru, menunjang kegiatan belajar
masyarakat serta mengundang partisipasi masyarakat, menambah keanekaragaman sumber
maupun kesempatan belajar, menambah daya tarik untuk belajar, mempunyai keuntungan rasio
efektivitas biaya, bila dibandingkan dengan sistem tradisional, meningkatkan
produktivitas pendidikan memberi kemungkinan pembelajaran lebih bersifat
individual dengan jalan, memberikan
dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan jalan.
B.
Saran
1. Untuk
peserta didik sebaiknya dapat memahami bagaimana impelementasi teknologi pendidikan agar dapat dengan
tepat dalam penggunaanya.
2. Untuk
pendidik diharapkan lebih bijak dalam keberlangsungannya suatu proses belajar
mengajar dan benar-benar memahami bagaimana pengimplementasiannya dalam pembelajaran.
3. Hendaknya
makalah ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran bagi
pembaca. Dan makalah ini bisa bermanfaat bagi banyak pihak, utamanya bagi
segenap subjek pendidikan.
DAFTAR RUJUKAN
Arifin, “Konsep Perencanaan, Pendekatan, Dan Model Perencanaan Pendidikan”
dalam https://drarifin.wordpress.com/2010/07/15/konsep-perencanaan-pendekatan-dan-model-perencanaan-pendidikan, diakses tanggal 2 Mei 2015
Komsiyah , Indah. 2012. Belajar dan
Pembelajaran. Yogyakarta : Teras.
Membumikan Pendidikan “Pengertian dan Komponen Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran” dalam http://membumikan pendidikan.blogspot.com/2014/09/pengertian-dan-komponen-rencana.html, diakses tanggal 2
Mei 2015
Tosha P Noverita, “Pendidikan Teknik Iinformatika
Komputer” dalam http://toshapnoverita.blogspot.com/2014/05/makalah-penerapan-teknologi-pendidikan.html, diakses tanggal 2 Mei 2015
1 Tosha P Noverita, “Pendidikan Teknik Iinformatika Komputer” dalam http://toshapnoverita.blogspot.com/2014/05/makalah-penerapan-teknologi-pendidikan.html, diakses 2 Mei
2015
2 Arifin, “Konsep Perencanaan, Pendekatan, Dan
Model Perencanaan Pendidikan” dalam https://drarifin.wordpress.com/2010/07/15/konsep-perencanaan-pendekatan-dan-model-perencanaan-pendidikan, diakses 2 Mei
2015
[3]Membumikan Pendidikan “Pengertian dan Komponen Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran” dalam http://membumikan-pendidikan.blogspot.com/2014/09/pengertian-dan-komponen-rencana.html, diakses 2 Mei
2015
4Indah
Komsiyah, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta
: Teras, 2012), hal. 105
No comments:
Post a Comment